Cara Budidaya Ikan Black Molly

Posted on

Cara Budidaya Ikan Black Molly

Cara budidaya ikan black molly – sebagian orang tentunya sudah tak asing dengan salah satu jenis ikan satu ini. Khususnya untuk kalian yang suka dengan koleksi jenis ikan hias air tawar. Ikan black molly, yah itulah nama saat ini yang populer dikalangan pecinta ikan dan termasuk dengan jenis ikan sedang laris dipasaran. Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan informasi seputar Cara budidaya ikan black molly.

Berdasarkan ilmiahnya, black molly mempunyai nama latin mollinesia spnenops yakni jenis ikan hias air tawar yang tubuhnya kecil dengan panjang maksimum 12 cm dna sifatnya omnivora. Ikan jenis tersebut sebagai salah satu jenis ikan yang mempunyai daya tahan tubuh kuat serta dapat beradaptasi cepat, untuk tempat hidupnya juga dapat dimana saja mulai kolam sampai aquarium.

Selain itu terdapat ciri fisik lain yang mencolok dari ikan ini yakni warna gitam dibagian tubuhnya. Sifatnya inilah yang membuat ikan menjadi indah dna imut dan mudah dipelihara. Dan banyaknya penggemar black molu yang sudah mulai dibudidayakan.

Cara budidaya ikan black molly

1. Media budidaya ikan black molyy

Langkah awalnya ialah kalian harus memerhatikan pemilihan media budidaya dan lokasinya. Terlebih lagi bila kalian memerhatikan lokasinya. Untuk lokasi tepat kalian bisa emmilih dalam ruangan maupun luar ruangan yang sekelilingnya media bisa dipantau supaya mudah dalam merawatnya.

Baca Juga :   Peluang Usaha, Cara Budidaya Ikan Tombro Yang Menjanjikan

Adapun media yang bisa kalian pakai diantaranya :

  • Kalian bisa memakai kolam kecil maupun sedang, bila kalian ingin membudidayakan ikan molyy ini banyak. Maka kalian pun harus menyiapkan kolam dengan sanitasi air baik dan juga mudah untuk dikontrolnya.
  • Media yang kedua ini adalah akuarium. Untuk akuarium yang dapat kalian pakai beraneka jenis bergantung dengan selera kalian. Kalian bisa meletakkannya aquarium di sejumlah tempat untk penghias ruang pula.
  • Sebab ikan molyy ini tergolong jenis ikan hias, maka kalian pun dapat meletakkannya menjadi penghias ruangan serta membudidayakannya diberagam jenis tempat misalnya di aquarium serta beragam bentuk, sampai dengan gelas maupun mug kaca berukuran besar.
  • Adapun saran untuk kalian yang tidak mempunyai wadah menjadi media budidaya, kalian pun dapat menaruhnya dalam toples yang ukurannya besar misalnya seperti toples kerupuk maupun toples biscuit. Selain dari wadahnya pun kalian bisa menambah kesan unik serta indah bila kalian letakkan dalam tempat yang beda.

2. Benih ikan black molly

Untuk memperoleh benih ikan ini berbeda dengan budidaya ikan nila, kalian dapat melakukan proses emijahan di indukan black molyy. Awalnya kalian perlu memilih indukan black molyy yang kualitasnya lebih unggul. Harus kalian tau bahwa ikan black olyy ini tergolong jenis ikan yang perkembangbiaannya melahirkan.
Adpaun dalam memilih indukan dan pemijahan untuk memperoleh benih black molyy berkualitas diantaranya :

  • Hindarkan dari pemilihan indukan kusam hitam dan indukan hitam arang usianya minim 6 bulan.
  • Adapun ukuran indukan baik kurang lebih jantan 3 cm dan betina 5 cm.
  • Adapun cirinya indukan betina dan jantan tandanya terdapat benjolan berbentuk gonopodium dibelakang sirip perut bertubuh lebih ramping dan warnanya agak cerah. Sementara betina tidak mempunyai tonjolan dan posturnya gemuk membulat.
  • Sesudah kalian memilih indukan tepat lalu proses pemijahan. Untuk pemijahan kalian memakai media khusus sebelum dilakukan pemindahan.
  • Kalian dapat memakai media aquarim maupun ember besar guna mempermudah dan upayakan kadar ph air 7-12 bersuhu 25 derajat sampai 27 derajat.
  • Masukkan indukan kurang lebih 100-200 ekor dengan skala perbandiangan jantan serta betina 1:3. Kalian tunggu waktu sekitar 1 minggu sampai benih ikan mulai memenuhi media pemijahan.
Baca Juga :   8 Cara "Paling Mudah" Budidaya Ikan Cupang Hias Bagi Pemula

3. Pemindahan benih ikan black molyy

Langkah berikutnya yakni pemindahan benih ikan black molly dalam media yang sudah disiapkan. Hal ini penting sekali sebab indukan black molyy sifatnya kanibal bisa memakan anakan sendiri. Berikutnya langkah ini :

  • Pakailah jaring ikan ukurannya kecil guna menangkap benih ikan serta kalian pindahkan dalam wadah.
  • Masukkan seluruh benih sampai tak ada yang tersisa. Sesudah terkumpul jadi satu masukkan media budidaya.
  • Untuk indukannya kalian bisa memindahkan media pemeliharaan.
  • Kalian dapat memijahkannya lagi sesudah beberapa bulan

4. Perawatan ikan black molly

Untuk merawatnya tak usah susah serta mengeluarkan biaya mahal, hanya dengan memberikan pakan rutin serta rajin membersihkan medianya. Berikut penjelasannya :

  • Sesudah proses pemindahan selesai, kalian biarkan benih berusia 5 hari sesudah itu kalian baru memberikan makan berwujud kutu sebelumnya kalian saring.
  • Setelah 5 hari benih bisa memperoleh nutrisi berbentuk melekat ditubuhnya yakni katung kuning telur.
  • Kemudian 5 hari ini dapat disebut bibit. Selain kutu air, tambahkan kuning telur rebusan yang sudah dihancurkan.
  • Sesudah ukurannya 2-3 cm kalian dapat memberikan makan berbentuk pakan ikan berkomposisi lengkap : kalori, protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.
  • Pemeliharaan berikutnya menjaga kebersihan air dalam media, lalu membersihkannya maksimum 3 hari.
  • Kebersihan penting sekali guna menjaga keindahan yakni tujuannya menjaga ikan kalian terhadap beragam jenis penyakit.

Cara budidaya ikan black molly ini tak sulit ya sobat. Cara diatas tadi praktis dan mudah dilakukan dirumah. Kalian tak harus membudidayakan dengan cara yang susah guna memperoleh ikan jenis black moly. Sesudah itu kalian jangan lupa memilih ikan yang nantinya akan dijual, ikan yang dipakai untuk indukan sampai ikan yang dipakai untuk hiasakan dirumah. Smeoga bermanfaat.

Baca Juga :   Cara Budidaya Ikan Lele Dalam Waktu 2 Bulan

Baca juga:

Cara Kawin Silang Bunga Mawar Dengan Mudah

Contoh Tanaman Yang Cocok Untuk Pagar Hidup