Cara Budidaya Ikan Palmas

Posted on

Cara Budidaya Ikan Palmas

Cara budidaya ikan palmas – cara budidaya ikan palmas ini mungkin masih awam bagi kalian. Akan tetapi bagi kalangan yang sudah menjadi pecinta ikan hias pasti sudah familiar dengan jenis ikan ini. Ikan ini mempunyai bentuk unik sekali sebab serupa dengan naga yang tentunya mempunyai nilai seni serta artistik. Jadi tak heran bila kalian dikemudian hari menemukan banyak orang yang sedang mencari jenis ikan ini.

Seiring denga populernya ikan hias, tentunya mulai naik pula permintaan akan ketersediaan ikan palmas tersebut. Hal inilah yang kemudian membuat banyak sekali para pembudidaya ikan palmas secara dadakan. Bahkan dengan harga ekonomis ikan palmas tersebut cenderung lumayan mahal.

Pastinya ini menjadikan peluang yang perlu dimanfaatkan oleh kalian, ditunjang lagi dengan pengetahuan dasar saat budidaya ikan hias ditambah ketlatenan serta kesabaran bukan tak mungkin kalian bisa mengubah peluang tersebut menjadi keuntungan bagi pemula. Berikut ini Cara budidaya ikan palmas.

Yuk langsung simak saja bagaimana cara budidaya ikan palmas ini sampai siap untuk dijual.

1. Pemilihan indukan

Tahap awal dalam membudidayakan ikan palmas tersebut yakni dengan memilih indukan yang akan dibudidayakan seperti bagaimana cara membudidayakan aquaponik. Dalam hal tersebut ada beberapa kriteria serta perbedaan antara indukan betina dengan indukan jantan yang wajib kalian tau jadi kalian nanti tak tertipu dengan ulah si penjual nakal.
Berikut ini cirinya indukan baik dna cara membedakan indukan betina dengan indukan jantan :

Baca Juga :   Panduan lengkap Cara Budidaya Ikan Koki Untuk Pemula di Aquarium
  • Kedua indukan yang terpilih perlu berusia minimal 1 tahun dengan keadaan sehat serta tak terjangkit oleh penyakit.
  • Mempunyai corak dan warna tubuh mulu dan juga yang menarik
  • Indukan jantan cirinya dengan mempunyai sirip anal melebar dan juga yang berukuran tubuh proporsional
  • Sementara untuk indukan betina mempunyai ciri sirip anak yang ukurannya kecil dan ukuran tubuh yang lumayan gemuk dan juga besar
  • Kedua indukan mempunyai gerakan aktif dan sebagaimana yang dijalankan oleh para pembudidaya pembesaran ikan nila.

2. Pemijahan indukan ikan palmas

Tahapan berikutnya ialah menjalankan pemijahan yang dilakukan lewat beberapa langkah dibawah ini :

  • Siapkan wadah baskom maupun akuarium kemudian kalian tambahkan substrat yang bisa memakai serabut kelapa maupun ijuk yang nantiya sebagai tempat meletakkan telur ikan.
  • Masukkanlah indukan di dalam wadah, pemijahan bisa dijalankan dengan sendiri sendiri yaitu dua indukan jantan dan betina ada dalam satu wadah dan bisa pula dijalankan dengan masal yaitu memasukkan dua indukan jantan serta tiga indukan yang betina.
  • Bila dijalankan dengan masal maka hendaknya wadah yang dipakai pun ukurannya besar, akan tetapi bila dilakukan sendiri maka pakai wadah yang kecil saja.
  • Dalam wadah itu kalian tambahkan aerator suapaya oksigen selalu sedia di dalamnya air. 2 – 3 hari sesudah dilakukan proses pemijahan maka terkadang telur pun sudha terlihat menempel di substratnya, akan tetapi bila belum terdapat telur yang menempel di dalam maka kalian cek besoknya hari lagi.
  • Bila telur sudah menempel dalam substrat maka hendaknya kalian pindahkan dalam wadah penetasan guna berikutnya supaya telur bisa menetas yang pasti ini akan berbeda dengan cara budidaya ikan gurame soang lalu.
Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal

3. Pemeliharaan anakan ikan palmas

Sesudah 2-3 hari maka telur ikan akan mulai menetas serta berubah jadi burayak. Nah, burayak ini merupakan anakan ikan yang masih mempunyai tonjolan dibagian perutnya maupun sumber makanan yang seperti dilakukan sama dengan cara budidaya ikan air tawar kolam terpal.

Maka dalam hal tersebut kita tak usah memberikan pakan untuk anakan ikan. Sesudah tonjolan hilang maka bisa saja langsung diberikan pakan ikan khusus bagi anakan ikan palmas.
Sesudah ukurannya anakan ini bertambah besar maka bisa kalian pindahkan di dalam wadah yang lebih besar pula supaya pertumbuhannya ikan bisa optimal. Wadah yang dipakai menjadi pembesaran bisa menggunakan dengan akuarium maupun dengan kolam terpal. Akan tetapi, harus kalian tau dengan benar benar ideal dan dapat menjadi pendukung pertumbuhan bagi ikan palmas.

Kalian cek pH air yang perlu ada yakni dengan kisaran angka kurang lebih 5-8 idealnya sekali ialah 7. Sementara untuk suhu air perlu mencapai 26-28 derajat celsius. Tambahkan pula aerator di dalam kolam supaya ketersediaan dari oksigen ini bisa selalu ada serta ikan tak akan kekurangan oksigen. Tambahkan pula tanaman hijau misalnya seperti sejumlah rumput rumputan supaya ikan bisa berteduh serta supaya terlihat sesuai dengan habitat yang asli.

Tips Budidaya Ikan Palmas

Budidaya ikan plama ini tergolong jenis budidaya yang mempunyai persaingan secara ketat. Jadi kalian pun harus benar benar hati-hati lagi saat berinvestasi dalam usaha ini tak tak dominan murah. Maka kalian bisa mencapai keberhasilan hendaknya kalian harus memperhatikan beirkut ini :

1. Pemberian pakan

Pakan yang diberikan ini harus rutin berporsi sesuai kebutuhan ikan. Jenisnya pakan berbentuk peller berpotrein tinggi. Atau bisa menggunakan daphia, cacing sutera dan udang kecil.
Waktu memberikan 3 kali sehari. Berikan dikit demi sedikit.

Baca Juga :   Tips Umpan Ikan Bandeng Bagi Pemula

2. Penanggulangan penyakit

Saat budidaya ikan hias pastinya penyakit menjadi hal utama gagal saat budidaya. Oleh karena itu lakukan penanggulangannya dengan intensif dna metode preventif yakni menjaga kebersihannya disekelilingnya.
Nah, itulah Cara budidaya ikan palmas. Karna tingginya peminat ikan hias palmas maka mendorong para pebisnis dadakan untuk membudidayakannya sendiri dirumah. Silahkan kalian bisa mencoba dengan panduan diatas tadi. Semoga berhasil.

Baca juga:

Cara Budidaya Ikan Black Molly

Cara Kawin Silang Bunga Mawar Dengan Mudah