Usaha Ternak Menguntungkan Di Lahan Sempit

Posted on

Usaha Ternak Menguntungkan Di Lahan Sempit

Usaha ternak menguntungkan di lahan sempit – ada banyak orang yang menganggap memulai usaha ternak perlu dilahan luas, akan tetapi hal ini salah. Sebab di era modern sekarang ini kalian harus bisa mengembangkannya di lahan sempit. Dalam postingan kali ini penulis akan menjabarkan seputar Usaha ternak menguntungkan di lahan sempit.

Mengawali usaha ternak pada lahan sempit memerlukan sebuah pemikiran matang. Ada beragam jenis usaha ternak yang cocok dikembangkan, akan tetapi tak semuanya usaha ini bisa dijalankan di lahan kecil.
Berikut ini daftar usaha ternak cocok dilahan sempit, antara lain :

1. Ternak burung kicau

Ada puluhan dan bahkan ratusan spesies burung kicau di dunia. Usaha ternak ini memiliki peluang menjanjikan serta pantas dimaksimalkan. Untuk kalian yang hobi memelihara hewan peliharaan, maka usaha ini salah satu opsi baik bagi kalian.

2. Ternak ayam hias

Hampir sama pada burung kicau, ayam ini tergolong binatang peliharaan cukup popular. Usaha ternak ayam hias mempunyai potensi bagus. Kemudian menambah peluang keberhasilan usaha budidaya ini misalnya yang menjanjikan yakni segi permintaan, yang mana banyak sekali para penggemar ikan hias serta mereka membutuhkan supplier.

Baca Juga :   Sistem Bioflok Meningkatkan Produktifitas Ikan Lele 2 Kali Lipat

3. Ternaik ikan hias

Bisnis ternak ikan hias ini memang sudah banyak di geluti oleh masyarakat. Budidaya ikan hias ini tidak membutuhkan lahan luas, hal tersebut mengakibatkan banyak orang mulai menekuninya. Ada banyak sekali beragam jenis ikan hias yang bisa dibudidayakan, misalnya ikan guppy, arwana dll.

4. Ternak ayam bangkok

Ayam bangkok adalah jenis ras ayam aduan terpopular dan dipakai untuk kontes sabung ayam. Sudah tentu banyak yang belum mengenal seandainya ternak ayam ini terbukti memiliki keberhasilan usaha menjanjikan.
Meski kita sudah ada di era modern, namun peminat ayam bangkok aduan masih terus mengalami penambahan.

5. Ternak lobster air tawar

Saat ini sudah banyak yang mencoba membudidayakan lobster air tawar serta sudah banyak pula sukses terhadap usaha ternak satu ini. Berbeda lobster air laut, dan freshwater crayfish ia tergolong hewan air tawar yang mudah dibudidayakan.

Media pengembangbiakan ini dapat memakai banyak cara, dimulai media kolam natural hingga menerapkan media aquarium. Lalu yang menciptakan prospeknya ini harga jualnya.

6. Ternak ikan cupang

Ikan cupang ialah variasi ikan hias yang mudah dibudidayakn. Ternak ini modalnya hanya kecil. Bahkan di lahan sempit malah lebih hemat, sebab menggunakan media aquarium.
Ternak ikan cupang sebenarnya memiliki prospek tinggi serta kompetitor bisnisnya masih sedikit. Kalian hanya butuh modal jutaan atau ratusan ribu rupiah guna menekuninya.

7. Ternak cacing sutra

Terkadang cacing sura dipakai pakan ikan hias. Sedikitnya pemasong cacing mengakibatkan para peternak ikan hias kewalahan dalam memenuhi kebutuhan pakan. Oleh karena itu justru mereka akan membeli cacing sutaera kering maupun kaleng.

8. Ternak jangkrik

Jangkrik adalah variasi serangga yang ada hampir disemua dunia, terutama yang iklimnya tropis. Sudah tentu kalian pernah mendengarkan jangkrik yang merusak tanaman. Namun ia mempunyai prospek yang menjanjikan jika kalian budidayakan. Dengan berawal usaha ternak jangkrik kalian dapat memenuhi kebutuhan konsumen, misalnya yang hobinya mengkicau.

Baca Juga :   Cara Beternak Bebek Petelur Yang Baik dan Menguntungkan

9. Budidaya kroto

Kroto adalah telor semut rangrang atau lava. Pastinya di indonesia tidaklah susah mencari semut rangrang, mereka hidup di hutan maupun perkebunan kopi.
Untuk para peternak burung serta pembudidaya ikan biasanya memanfaatkan kroto untuk pakan meningkatkan mutu hewan ternaknya.

10. Ternak burung puyuh

Burung puyuh adalah ras burung lazim yang dibudidayakan guna diambil telornya. Di indonesia suah banyak penggiat usaha ternak burung ini, walau demikian usaha ini dibuka celah lebar untuk kalian menekuninya.
Kekurangan pasokan telor burung mengakibatkan harga telor burung jadi mahal. Sebetulnya usaha ini dapat dimaksimalkan di lahan sempit. Sehingga kalian dapat membudidayakan burung dirumahan maupaun halaman belakang.

11. Ternak belut mengaplikasikan tong

Belut adalah ikan air tawar dengan kaya akan protein. Belut hidupnya dirawa banyak lumpur maupun sawah. Belut sangat diminati masyarakat indoensia, akan tetapi harganya ini masih mahal karena pemasok belut dipasaran.

12. Ternak ikan lele di kolam terpal

Tidak hanya belut, sekarang ini lele sudah mulai dibudidayakan pada lahan kecil. Dulunya Cuma dikembangbiakkan pada kolam, akan tetapi sekarang ini tak harus repot sebab budidaya lele dapat ditempat sempit.
Hal ini bisa membuka peluang usaha ternak lele yang patut kalian coba. Dengan luas 20×20 m maka kalian bisa menciptakan sebagian kolam ikan di terpal, bagusnya penangkarannya hingga pembesaran ikan lele.

13. Ternak tikus

Tentunya dengan pandangan baru usaha ternak ini menggelikan, namun harus kalian tau bahwa ternak tikus ini menjadi bisnis menjanjikan. Tikus banyak sekali dibudidayakan, yakni tikus putih.
Ternak tikus ini menjanjikan, sebab kalian bisa jadi penyedia pakan para pemelihara binatang reptil. Lalu taman binatang bisa kalian buat sasaran pasar layak, karena senantiasa membutuhkan tikus pakan hewan.

Baca Juga :   Inilah Bahan Yang Diperlukan Dalam Budidaya Belut

14. Ternak kelinci

Dulunya cibuat menjadi usaha sampingan yang menghasilkan keuntungan banyak. Usaha model ini mudah dilakukan, karena tidak memerlukan energi serta waktu banyak. Bahkan saat ini makan kelinci bisa dijumpai dengan mudah dipasaran, dan kalian dapat memberikan kelinci berbentuk pakan pelet.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan tentang ide Usaha ternak menguntungkan di lahan sempit. Kalian bisa tinggal memilih salah satu diantara usaha ternak berdasarkan yang kemudahan kalian sendiri. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Memelihara Ikan Hias Dengan Benar

Cara Ternak Jangkrik Modern Dengan Hasil Maksimal