Cara Budidaya Pepaya California Supaya Tumbuh Subur Dan Berbuah Banyak

Posted on

Cara Memupuk Pepaya California Supaya Tumbuh Subur Dan Berbuah Banyak

Cara memupuk pepaya california supaya tumbuh subur dan berbuah banyak – terdapat banyak cara yang dapat dilakukan guna memperoleh tanaman buah yang segar serta dapat tumbuh secara baik. Misalnya seperti saat menanam pepaya california. Setidaknya, kita dapat menghasilkan tumbuhan pepaya dengan baik dan berbuah lebat bila tau cara memupuk pepaya california tersebut. Berikut ini Cara memupuk pepaya california supaya tumbuh subur dan berbuah banyak.

Cara Budidaya Pepaya California

Sebelum membahas lebih lanjut maka simak tentang ciri pepaya callifornia berikut ini :

Ciri-ciri pepaya california

Varietas pepaya california mempunyai sejumlah ciri khas yang membuat pepaya jenis tersebut lebih unggu dari[ada pepaya jenis yang lain. Ciri-cirinya, diantaranya :

  • Batang tumbuh pendek (1,5 sampai 2 meter)
  • Ruas batangnya lebih pendek daripada ruas batang tanaman pepaya lainnya
  • Ukuran buahnya tak terlalu besar
  • Dibawah usia 7 bulan, maka ujung daun ada sulurnya yang serupa dengan anena
  • Buahnya lonjong, mempunyai kulit lebih tebal, hijau dan lebih mulus
  • Selain daging buahnya yang lebih tebal, kenyal dan juga terasa lebih manis
  • Di usia 3 bulan, tanaman ini sudah mulai berbunga
Baca Juga :   Cara Menyemai Pepaya Yang Benar Dan Menanamnya Hingga Panen

Tata cara budidaya pepaya california

Budidaya pepaya california memberikan sebuah peluang usahay yang besar sekali untuk para petani. Akan tetapi, walaupun mempunyai ciri yang mudah tumbuh dalam budidayanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidaya pepaya jenis ini, diantaranya berikut ini :

1. Faktor penting supaya tumbuh dengan subur

Faktor ini paling utama dalam menanam pepaya jenis california yang wajib diperhatkan maupun diketahui sebelum kalian membudidayakan tanaman jenis pepaya ini yaitu media menanam pemenuhan syarat tumbuh.
Hal ini dimaksudkan supaya tanaman bisa tumbuh dengan maksimal dan buah yang telah dihasilkan juga mempunyai kualitas baik.
Budidaya pepaya ini cocok dijalankan didataran rendah maupun dataran dengan mencapai batas tinggi 700 meter diatas permukaan laut. Keadaannya tanah subur serta sedikit berpasir.
Sementara suhunya, tanaman pepaya bisa tumbuh subur bila suhu di lingkungan ini mencapai rata-rata 25 derajat celsius menggunakan tingkat curah hijan rata-rata hingga 1000 dan 2000 mili meter di setiap tahunnya.

2. Cara menanam pepaya california dari biji

Bila belum mempunyai rencana budidaya pepaya, langkah awal yang dijalankan ialah penyemaian. Penyemaian tersebut bisa memakai bibit tanaman pepaya california ketika sebelumnya sudah disemai. Bila belum mempunyai bibit sudah disemai, maka kalian bisa memilih biji dari buah pepaya sehat dan matang dipohonnya agar memperoleh bibit unggul.

Ketika menanam buah pepaya california ini harus dilakukan pemupukan yang baik supaya tumbuh subur dan juga berbuah. Berikut ini akan kami jelaskan secara detail pada pembahasan berikut ini :

Cara memupuk pepaya california supaya tumbuh subur dan berbuah banyak

1. Perhatikan tumbuh kembangnya bibit

Supaya dapat memaksimalkan cara memupuk pepaya california, maka sebenarnya kita pun perlu tau bagaimana tumbuh kembang dari bibitnya. Apakah bibit pepaya itu bisa tumbuh dan juga berkembang secara baik?
Bila tidak, maka kita memang perlu segera mengatasi serta mencari solusi yang tepat. Dan ini pun akan berpengaruh terhadap seberapa banyak dosis pupuk yang nantinya akan dilakukan supaya tumbuh kembang bibit dapat lebih maksimal.

Baca Juga :   Cara Budidaya Pepaya Jingga di Perkarangan Rumah

2. Perhatikan media tanam

Media tanam pun berpengaruh sekali bagaimana pertumbuhan pepaya california tersebut. Seperti bagaimana cara menanam pepaya california, kita pun harus tau lebih dulu masalah jenis media tanam yang dipakai ini sangat bagus apa belum untuk menyongkong pertumbuhan pepaya itu.
Setidaknya, bila kalian memakai formula pemakaian media tanam sesuai, misalnya menggunakan tambahan pasir atau pupuk kompos didalam campuran media tanam itu nantinya.

3. Mengetahui penyiraman tepat

Bergantung nantinya kalian menanam bibit pepaya california tersebut di dalam pot maupun langsung di lahan tanam. Kalian harus tetap tau bagaimana masalah penyiramannya, misalnya cara budidaya pepaya jingga. Pastikan pula kalian tak terlalu banyak memberikan bibit dan menyiraminya. Bila ditanam memakai pot maka pastikanlah sistem pengeluaran air berjalan baik, bila tidak maka mudah terjadi busuk akar.

4. Pemupukan memakai garam

Inilah sala satu jenis pupuk alami yang dapat kita pakai untuk tumbuh kembang dari bibit pepaya california. Misalnya jenis pupuk dengan kandungan kalium tinggi, kita pun memberikan keperluan bibit supaya dapat tumbuh secara baik. Caranya tak sulit, kalian pun hanya butuh menggali lubang disekitar tanaman itu dan masukka garam tabur lalu tutup lagi sesudah ditaburi garam. Kemudian pastikan kalian tak memupuknya saat musim penghujan.

5. Memakai pupuk kompos

Memakai pupuk kompos pun sebagai salah satu alternatif mudah dan murah untuk dapat memakai pohon pepaya california yang tumbuh dengan subur. Untuk menghemat pengeluaran, kalian dapat menjalankan pemupukan membuat pupuk kompok sendiri pada halaman rumah.

6. Pupuk kandang serta pupuk kimia

Pupuk kandnag lebih mudah dan murah dipakai. Dan pastinya bila kalian ingin memakai pupuk lebih praktis, pakailah pupuk kimia yang terjual bebas dipasaran saja.

Baca Juga :   5 Cara Menanam Mangga Alpukat Di Pekarangan Agar Cepat Berbuah

Nah, itu dia mengenai Cara memupuk pepaya california supaya tumbuh subur dan berbuah banyak. Demikianlah pembahasan tentang cara memupuk pepaya california ini. Pastikan untuk menjalankan pemupukan sesudah bibit ditanam kurang lebih selama 4 bulan keatas dan lakukanlah pemupukan ini minimal 2 kali dalam satu tahunnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan kalian. Terima kasih

Baca juga: