Cara Menanam Bunga Cempaka

Posted on

Cara Menanam Bunga Cempaka

Cara Menanam Bunga Cempaka – Terdapat berbagai macam bunga yang mempunyai warna serta keindahan yang beragam. Salah satu bunga yang memiliki warna indah adalah bunga cempaka. Bunga cempaka mempunyai nama ilmiah Michelia Champaca merupakan jenis pohon yang memiliki bunga. Bahkan variasi bunga dari pohon cempaka sangatlah banyak, mulai dari putih, kekuningan, kuning terang dan lainnya. Tiidak hanya warnanya saja yang indah akan tetapi juga baunya yang cukup harum dank has.

Pohon bunga cempaka berbeda dengan jenis bunga lainnya, sehingga memiliki karakteristik tersendiri. Ciri-ciri atau karakteristik tersebut adalah dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 30 m. Akan tetapi, jika pohon bunga cempaka dibudidayakan di lingkungan sekitar maka kemungkinan memiliki ketinggian sekitar 15-25 m. Ciri lainnya ketika diperhatikan lebih seksama dan diraba pada ujung ranting pohon cempaka maka akan menemukan semacam rambut atau bulu yang halus. Daun dari bunga cempaka memiliki bentuk tipis mirip seperti kulit namun teksturnya elastis. Umumnya apabilaa berbunga maka bunga cempaka akan menempel pada pohon atau rantingnya, dengan bentuk kelopak bunga yang meruncing pada setiap ujungnya.

Setelah pohon cempaka berbunga, akan muncul buah yang berukuran sebesar ibu jari orang dewasa, dengan awal mula buah yang berwarna hijau permukaannya kasar dan bintik ke abu-abuan. Ketika buahnya matang akan terbuka dan keluar biji yang berwarna merah tua. dari keindahan dan karakteristik yang berbeda dengan bunga lainnya, selain mempunyaai bau yang harum bunga cempaka juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Baca Juga :   4 Cara "Paling Mudah" Menanam Bunga Bakawali Paling Mudah

Seperti dapat dijadikan sebagai obat mengataasi bau mulut, sesak napaas, batu ginjal, dan lain sebagainya. Kulit kayyu dari pohon cempaka dipercaya juga efektif dalam menurunkan demam pada anak. Sehingga tidak heran appabila banyak yang berkeinginan untuk membudidayakan atau sekedar menanamnya. Maka dari itu, berikut panduan Cara Menanam Bunga Cempaka.

1. Menyiapkan bibit bunga cempaka

Apabila ingin menanam bunga cempaka tentu saja hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah bibitnya. Anda bisa mendapatkan bibit pohon cempaka dari toko bibit atau membelinya secara online. Untuk menyiapkan bibit cempaka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Pilih bibit bunga cempaka yang mempunyai kualitas bagus. Dengan ciri-ciri tidak terdapat cacat pada pohon atau daun bunga cempaka tersebut.
  • Pastikan akaar pada bibit bunga cempaka telah tumbuh dan daun batang yang tidak layu. Ketinggian dari bibit dengan kualitas baik adalah sekitar 30-50 cm.
  • Selain membeli bibit yang telah tumbuh anda juga bisa memperolehnya langsung dari biji bunga cempaka.
  • Akan tetapi, cara ini cukup rumit, karena anda perlu melakukan proses pembenihan terlebih dahulu dan memakan cukup banyak waktu.
  • Jika ingin menanam pohon bunga cempaka dengan cepat, anda bisa melakukan pembibitan engan cara mencangkoknya. Poho bunga cempaka yang telah berumur 3 tahun, sudah siap untuk dijadikaan indukan cangkok.
  • Apabila anda ingin memilih cara mencangkok, pilih indukan dengan kualitas yang baik, sehat dan berbunga lebat.

2. Menyiapkan media tanam yang cocok

Langkah berikutnya dalam proses Cara Menanam Bunga Cempaka yaitu dengaan menyiapkan media tanam yang tepat. Ini bertujuan agar pohon bunga cempaka dapat tumbuh dengan optimal. Perhatikan beberapa cara berikut ini untuk menyiaapkan media tanam yang baik.

  • Untuk pertama kali tanam, anda tidak harus menanamnya secara langsung di lahan pekarangan ataupun taman. Melainkan menanamnya terlebih dahulu di dalam pot.
  • Adapun media tanam yang baik dan tepat yaitu dengan mencampurkan tanah, pupuk kandang, dan juga pasir dengan perbandingan sekitar 1:1:1.
  • Masukkan media tanam yang telah dicampur rata ke dalam pot, dan usahakan memilih pot yang berukuran besar. Setlah memasukkan media tanam, sisakan sekitar ketinggian 15 cm agar tidak tumpah.
  • Buat lubang tanam seukuran besaran tanah bibit pada polybag dan buka plastik polybag secara perlahan agar tidak merusak akarnya. Kemudian tutup kembali dengan media tanam.
  • Padatkan media tanam pada pot agar bibit dapat berdiri kokoh.
  • Sedangkan cara menanam bibit secara langsung pada lahan pekarang, maka anda perlu menggemburkan tanah terlebih dahulu.
  • Kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm dan masukkan bunga cempaka dengaan plastik polybag yang telah dibuka.
  • Tutup lubang dengan tanah, padatkan dan siram dengan air secukupnya.
Baca Juga :   7 Jenis Aglaonema Yang Mempunyai Nilai Tinggi Beserta Cirinya

3. Perawatan

Setelah melakukan penanaman, langkah berikutnya anda bisa melakukan perawatan dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Lakukan penyiraman secara rutin ketika musim kemarau. Pada saat bibit telah berusia 1 tahun setelah masa tanam, maka anda bisa melakukan penyiraman seperlunya saja.
  • Lakukan pemupukan lanjutan di awal musim hujan menjelang musim kemarau. Sementara melakukan pemupukan anda juga bisa melakukan penyiangan untuk menjaga kebersihan media tanam.
  • Setiap tahunnya anda juga perlu melakukan pemangkasan dan apabila ditemukan terdapat hama tanaman anda bisa melakukan penyemprotan dengan pestisida disertai obat tanaman.
  • Setelah pohon bunga cempaka berusia sekitar setahunn setelah masa tanam, maka bunganya dapat dipanen. Pemanenan bisa anda lakukan disaat sore hari untuk menjaga kesegaran dari bunga cempaka agar tidak mudah layu.

Demikian proses Cara Menanam Bunga Cempaka yang perlu anda lakukan apabila ingin membudidayakan atau sekedar menanamnya saja. Selain indah dan harum, bunga cempaka juga bermanfaat untuk kesehatan ataupun produk kecantikan. Dimana saat ini produk kecantikan telah banyak yang menggunakan bunga cempaka sebagai bahan dasarnya. Semoga ulasan tersebut dapat memberikan manfaat dan selamat mencoba menanamnya.

Baca juga:

7 Cara Merawat Pohon Bamboo Hoki Paling Mudah

Syarat Wadah Untuk Pembenihan Ikan Belut Yang Benar