7 Cara Merawat Pohon Bamboo Hoki Paling Mudah

Posted on

7 Cara Merawat Pohon Bamboo Hoki Paling Mudah

7 cara merawat pohon bamboo hoki paling mudah – bahasa latin dari bamboo hoki ialah dracaena sanderiana yang berarti bamboo rejeki (bamboo pita). Sebab, bamboo ini kerap kita jumpai dengan terlilit pita untuk hiasan. Teknik perawatannya cenderung mudah, hanya butuh keterampilah khusus supaya pohon bamboo ini terlihat indah walau sudah lama ditanam. Berikut ini ada 7 cara merawat pohon bamboo hoki paling mudah.

Pastikan dulu media tanam pohon bamboo yang hoki

Pohon bamboo hoki ini sepantasnya ditanam dalam media yaitu air dan tanah. Kedua media ini pastinya mempunyai kekurangan dan keunggulan masing-masing. Kalian pilih media yang pantas untuk diterapkan di tempat kalian untuk perbandingan. Berikut sedikit penjelasan tentang media tanamn berbentuk tanah serta media air.

Media tanah

Bila kalian ingin pohon hoki ditanam menggunakan media tanah, maka siramilah secara teratur dan hanya membuat tanah ini supaya lembab. Media tanah yang baik yakni dengan bercampur pasir, tanah, dan gambut (peat moss) untuk memastikan drainase pohon bamboo hoki bisa berjalan secara baik.

Media air

Bila kalian ingin menanam bamboo ini menggunakan media air, maka berilah sedikit kerikil dalam potnya sebagai penunjang maupun penopang akar bamboo. Lalu gantilah pot selama satu minggu sekali dan cuci hingga bersih bersama kerikil yang kalian tempatkan dalam pot, hal ini bertujuan untuk menghindarkan pohon bamboo tercemar bakteri maupun penyakit yang dapat mengganggu lainnya.
Tips : endapkan air yang akan kalian pakai menjadi media tanam. Pohon bambu ini tak tahan dari kandungan klorin dan kaporit yang kerap terlarut dalam air PDAM. Jadi, sebaiknya kalian diamkan air kurang lebih 1 hari penuh saat sebelum memakainya.

Baca Juga :   Cara Memberi Minum Burung Hantu Paling Tepat

Gunakanlah pot yang sesuai

Sebab pohon bamboo hoki ini merupakan tanaman hias, jadi kalian harus sekali melakukan pemilihan bentuk pot yang unik serta menarik supaya bisa mengimbangi keindahan pohon bamboo hoki. Jenis media tanam pun akan berpengaruh pada pemilihan pot yang tepat, hal tersebut sama dengan cara perawatan tanaman kaktus serta jenisnya.

Media tanah

Jenis pot yang sama dengan media tanah ini ialah pot yang mempunyai lubang banyak di bawahnya supaya drainase bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Media air

Jenis pot yang sesuai media air ialah pot kaca maupun pot bening, supaya kerikil dan juga akar pohon bamboo bisa terlihat. Hal tersebut adalah termasuk estetika sendiri untuk pecinta tanaman hias.

Berikanlah pupuk

Pemberian pupuk ini perlu disesuaikan, tak boleh kurang dan tak boleh lebih. kelebihan pupuk malah akan membuat pohon bamboo jadi mati, dan bila kalian meletakkan pohon ini didalam pot yang tak terkena panas matahari langsung atau siraman air hujan maka pupuk tak akan tercampur rata bersama tanah.

Cukup kalian siram selama 1 kali dalam sehari

Pohon bamboo hoki ini menghendaki media tanam lembab akan tetapi tak boleh hingga tergenang. Media tanam yang basah sekali akan mengundang sejumlah bakteri maupun bibit penyakit yang bisa mengakibatkan pembusukan pada pohon bamboo hoki. Sehingga, penyiraman hanya boleh dilakukan sekali dalam sehari.

Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung

Habitat dari bamboo ini di tempat teduh dna jauh terhadap paparan sinar matahari langsung. Sebab, pohon bamboo hoki baik sekali bila diletakkan dalam ruangan maupun minimal tempat yang tak terkena sinar matahari langsung. Sengatan sinar matahari berlebihan bisa membuat pohon bamboo kering dan akhirnya mati.

Baca Juga :   10 Cara Pengobatan Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Tata batang pohon bamboo hoki

Apabbila kalian ingin memperoleh pohon yang makin cantik dan menarik ini, kalian bisa menata batangnya jadi bentuk yang kalian inginkan. Berikut ini dapat kalian praktekkan dalam merangkai pohon bamboo hoki :
Tampilan alami, bisa kalian tata batangnya dengan sejajar atau berbaris jadi terlihat teratur dan lurus.
Tampilan melengkung/ spiral, kalian bisa memakai kardus bekas untuk penutup bagian atas tanaman dengan menghadap arah matahari. Pohon ini melengkung sebab mencari arah sinar matahari, sehingga batangnya sudha melengkung dan memutar.

Tampilan bersilangan, trik ini bisa kalian gunakan dengan memakai kawat. Lilitkan kawat di batang muda, jadi batangnya akan menyilang. Saat batang tumbuh jadi besar, maka berikan kawat tambahan supaya batang tetap stabil ketika bersilangan.

Potong daun yang menguning

Alasan daun pohon bamboo ini sebab tanaman terjadi kekeringan, atau banyaknya pupuk/ sengatan matahari berlebihan. Jenis tanaman yang tak senang terhadap sengatan ini sama dengan tanaman sukulen.
Untuk mengatasi hal tersebut bisa kalian bisa memotong bagian menguning itu. Gunakanlah gunting/ alat potong yang disterilkan atau mungkin tariklah bagian kuning itu sampai pangkalnya terlepas.

Ikatlah batang menggunakan pita berwarna

Diberi nama pohon bamboo hoki sebab dipakai pasangan pita pada batangnya. hal ini sebagai symbol hoki maupun untuk mendatangkan rejeki, sebab pita yang digunakan ialah pita yang warnanya merah/ emas sebagai lambang keberuntungan.

Demikian tadi adalah 7 cara merawat pohon bamboo hoki paling mudah. Bamboo hoki memang sebagai salah stau tanaman hias paling popular bagi masyarakat Indonesia, walaupun dikenal dengan nama bamboo hoki, akan tetapi ia bukan termasuk family pohon bamboo, melainkan keluarga tanaman lily. Hanya saja wujud batangnya ini lurus dan berbuku buku sehingga mengingatkan batangnya ini pohon bamboo. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :   Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya

Baca juga:

Syarat Wadah Untuk Pembenihan Ikan Belut Yang Benar

Cara Merawat Ayam Di Musim Hujan