5 Cara Mudah Menanam Bunga Tanaman Lee Kuan Yew dan Perawatannya Lengkap

Posted on
5 Cara Mudah Menanam Bunga Tanaman Lee Kuan Yew dan Perawatannya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Menanam Bunga Tanaman Lee Kuan Yew dan Perwatannya Lengkap

Cara Menanam Bunga Tanaman Lee Kuan Yew – Bunga Lee Kwan Yew atau dikenal juga dengan sebutan Vernonia elliptica. Tanaman ini memberikan kesan artistik sekaligus rindang pada rumah kita. Cara menanam bunga tanaman Lee Kwan Yew yang tumbuh panjang menjuntai ini ternyata sangat mudah. Maka tidak mengherankan jika banyak sekali yang berminat menjadikan tanaman ini sebagai tambahan dekorasi di rumahnya.

Tanaman Lee Kuan Yew

Biasanya tanaman ini akan diletakkan pada pot atau wadah penanaman yang berdekatan dengan pagar, tembok, atap bangunan, atau pun jendela. Semakin tinggi media rambatnya, maka tanaman ini akan semakin terlihat indah.
Jika menanam tanaman Lee Kwan Yew, tidak perlu khawatir jika tanaman ini akan merusak permukaan tembok atau pagar yang dirambatinya. Hal itu dikarenakan akar dari tanaman Lee Kwan Yew hanya berada pada bagian pangkal yang tertanam pada media tanamnya, bukan pada ruas batangnya seperti beberapa tanaman rambat lainnya.

Jadi, untuk para pecinta vertical garden, tunggu apa lagi? Segera miliki bibit tanaman ini dengan membelinya di toko-toko pertanian atau tukang bunga. Berikut panduan untuk dapat menanam bunga Lee Kwan Yew

Baca Juga :   6 Cara Menanam dan Merawat Bunga Wisteria

Cara Menanam Bunga Tanaman Lee Kwan Yew

Tanaman rambat yang mempesona ini sangatlah mudah untuk dibudidayakan, karena hanya dengan tenknik stek batang, maka sudah bisa mengembangbiakkan Lee Kwan Yew. Langkah pertama tentu saja sediakan terlebih dahulu beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, berikut diantaranya.
Alat dan Bahan:
1. Gunting atau pisau taman
2. Batang bunga Lee Kwan Yew, pilih yang sudah cukup tua
3. Pot atau wadah penanaman
4. Media tanam

Cara Penanaman:

  • Potong batang tanaman Lee Kwan Yew yang sudah tua dan cukup kuat, usahakan cara pemotongannya dengan menyerong.
  • Kurangi beberapa daun pada batang tersebut agar dapat mengurangi penguapan
  • Jika sudah memiliki cairan perangsang akar, maka dapat merendam batang tersebut dalam waktu 5 – 10 menit di dalamnya.
  • Buatlah lubang tanam pada media tanam yang sudah disediakan bisa dalam pot atau wadah yang lain.
  • Tanam batang Lee Kwan Yew, tutup kembali lubang tanam.
  • Usahakan menanam batang-batang Lee Kwan Yew pada jarak yang tidak terlalu jauh agar saat tumbuh nanti tanaman ini dapat erlihat seperti tirai yang rapat dan indah.
  • Lakukan penyiraman pada bibit tersebut untuk menjaga kelembapan tanaman.
  • Setelah penanaman, letakkan tanaman tersebut pada lokasi yang teduh.

Bunga Lee Kwan Yew tidak perlu membutuhkan perawatan yang rumit, agar bisa menghasilkan pagar hidup yang mempesona. Cukup melakukan penyiraman teratur, serta memberikan nutrisi tambahan yaitu berupa pupuk NPK daun secara berkala, pangkaslah bagian yang tumbuh tidak teratur untuk menjaga keindahannya.
Pun demikian juga dengan lokasi penanaman atau peletakan bunga Lee Kwan Yew ini tidak perlu tempat yang spesifik seperti terlalu teduh atau terlalu banyak sinar matahari. Sebab, tanaman Lee Kwan Yew terbukti bisa tumbuh dengan baik pada kedua lokasi tersebut.

Baca Juga :   6 Cara Mudah Merawat Bunga Bougenville Agar Cepat Berbunga

Kenyataannya masih banyak ditemukan tanaman rambat seperti Lee Kwan Yew ini tumbuh kurang subur, daunnya tidak segar serta jarang, dan mudah layu. Masalah tersebut bisa diatasi dengan cara mencoba beberapa tips perawatan yang akan kami sampaikan berikut ini.

Tips Agar Bunga Lee Kwan Yew Tumbuh Cantik

1. Perhatikan peletakan tanaman

Agar tanaman Lee Kwan Yew bisa merambat dan menghiasi permukaan media rambat dengan baik, maka sebaiknya meletakkan media tanam sedekat mungkin dengan bidang tumbuh seperti tembok atau pagar. Jika awalnya Anda menanam bibit pada pot atau polybag, maka tanaman bisa dipindahkan setelah mencapai tinggi kurang lebih 30 cm.
Masukkan humus, tanah, atau media tanam lainnya di sekitar dinding pagar atau tembok agar setelah lepas dari media tanam awal bunga Lee Kwan Yew bisa segera merambat pada bidang yang sudah tersedia.

2. Perhatikan Jarak Tanam

Telah kami singgung di atas, bahwa jarak antar tanaman sangat berpengaruh terhadapa kesan estetika yang dihasilkan ketika tanaman mulai tumbuh dewasa. Tanaman yang ditanam terlalu renggang satu dengan yang lain hanya akan menampilkan pemandangan sulur-sulur yang menjuntai tidak beraturan.
Namun jarak penanaman yang terlalu rapat juga tidak baik karena tanaman bisa berebut nutrisi dalam media tanamnya. Jarak untuk menanam tanaman ini yang ideal adalah 20 – 30 cm.

3. Bidang Rambat di Awal Penanaman

Sesuai dengan karakteristiknya yang merambat, maka pada awal penananam, sediakanlah media rambatan bagi Lee Kwan Yew muda ini. Pasanglah bidang rambat sementara seperti bilah bambu atau kayu berukuran tinggi 30 – 40 cm untuk mengarahkan perambatannya ke bidang rambat permanen.

4. Berikan Nutrisi yang Cukup

Karena sifat tanaman ini yang hidup bergerombol, maka tentu saja Anda harus memberikan nutrisi tambahan untuk melengkapi kebutuhan tanaman agar bertumbuh subur. Pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk NPK daun yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan daun menjadi lebih subur dan sehat-sehat.

Baca Juga :   Cara Menanam Bunga Matahari Agar Cepat Berbunga

5. Potong Daun atau Batang yang Kering

Jika menemukan batang atau daun yang mengering, segera potong agar tanaman bisa mengeluarkan tunas baru yang lebih segar. Pemotongan daun atau batang yang tumbuh tidak beraturan juga diperlukan untuk menjaga keindahan serta kerapian tanaman.

Demikian Cara Menanam Bunga Lee Kwan Yew. Semoga dengan membaca artikle ini Anda dapat membudidayakan sendiri tanaman Lee Kwan Yew ini dan menghiasi rumah Anda degan pagar hidup yang cantik ini.

Baca juga: