Tips Merawat Jalu Ayam dan Menjaga Tubuh Ayam Tetap Berstamina

Posted on
Rate this post

Tips Merawat Jalu Ayam dan Menjaga Tubuh Ayam Tetap Berstamina

Merawat Jalu Ayam – Ayam merupakan salah satu hewan yang sering dipelihara oleh banyak orang. Terdapat berbagai macam jenis ayam yang pada umumnya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Mulai dari ayam pedaging, ayam petelur, dan juga ayam petarung. Pada umumnya ayam petarung memiliki bagian tubuh yang digunakan sebagai andalan dalam melawan musuhnya. Bagian tubuh tersebut yaitu jalu ayam atau biasa disebut dengan taji.

Jalu umumnya dimiliki oleh ayam jenis Bangkok yang memiliki fungsi untuk memukul lawan dalam acara sabung ayam. Bagi pecinta sabung ayam, salah satu bagian tubuh ayam ini sangat penting dan memiliki peran yang utama.
Ayam jalu atau Bangkok memiliki jalu untuk memukul lawan dan mengalahkannya. Ayam jenis ini juga dapat membuat musuhnya tersungkur di dalam arena sabung dengan menonjolkan pukulannya.

Umumnya ayam jalu memiliki gaya tarung lebih cepat serta dapat melakukan serangan secara bertubi-tubi. Maka dari itu ayam jenis ini harus mempunyai tubuh yang proporsional agar dapat lebih aktif lagi dalam melakukan serangan. Ayam jalu yang hebat pastinya memiliki kriteria tertentu, sehingga jika anda ingin mendapatkannya harus memperhatikan beberapa ciri-ciri. Setelah mendapatkan ayam jalu yang sesuai dengan kriteria, selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu memberikan perawatan dan pelatihan yang baik agar dapat menghasilkan ayam jalu yang hebat.

Baca Juga :   Cara "Ampuh" Pengendalian Hama Dan Penyakit Ikan Bawal

Cara Merawat Jalu Ayam

Berikut ini beberapa cara untuk Merawat Jalu Ayam agar lebih kuat dan runcing serta dapat digunakan untuk mengalahkan lawan.

1. Teknik pengupasan

Teknik yang pertama yaitu pengupasan jalu yang dilakukan pada saat ayam jalu atau Bangkok berusia lima bulan ke atas. Anda dapat melakukan pengupasan pada bagian lapisan luar jalu yang sudah mulai tumbuh menonjol. Jalu tersebut bisanya disebut dengan jalu jagung karena masih awal mula tumbuh dan belum memanjang.

2. Pembuangan lapisan jalu

Jalu yang dimiliki ayam Bangkok pada umumnya mempunyai lapisan sebanyak 3, yang mana lapisan paling luar berwana putih, lapisan tengan memiliki warna kuning, dan lapisan dalamnya berwarna kuning muda. Pembuangan lapisan jalu ayam ini dapat anda lakukan pada lapisan terluar. Caranya yakni melakukan penguoasan dengan memakai pisau, kater atau dapat juga memakai pecahan beling. Dalam mengaplikasikan teknik yang kedua ini anda harus berhati-hati agar ayam tidak terlalu kesakitan.

Merawat Jalu Ayam Dengan Ramuan Tradisional

Selain Merawat Jalu Ayam dengan menggunakan dua teknik tersebut diatas. Anda juga dapat merawat jalu dengan memakai ramuan tradisional yang lebih mudah untuk di dapatkan, berikut ini beberapa ulasannya.

1. Teknik pengolesan memakai bawang putih

Teknik yang pertama ini telah lama dilakukan oleh tetua setelah dilakukannya pengupasan jalu jagung atau jalu yang masih muda. Kemudian anda dapat mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan di atas jalu. Menurut pendapat lainnya anda juga dapat mengolesi jalu dengan memakai minyak goring agar pertumbuhan jalu dapat optimal.

2. Teknik pengolesan menggunakan buah belimbing

Teknik yang kedua ini juga telah lama dilakukan oleh orang tua zaman dulu dengan mengolesi jalu memakai buah belimbing. Namun, menurut beberapa pendapat lebih diutamakan memakaai belimbing wuluh daripada memakai belimbing buah. Cara tersebut inilah yang dapat membuat jalu ayam Bangkok anda lebih anjang dan kuat.

Baca Juga :   5 Cara Mudah Merawat Burung Murai Dengan Mudah Untuk Pemula

3. Teknik pengerasan jalu ayam memakai kunyit

Tidak hanya memakai belimbing saja untuk melakukan perawatan jalu agar dapat kuat dan panjang. Anda juga dapat memakai teknik ketiga yang bertujuan agar jalu ayam dapat kuat. teknik mengeraskan jalu dengan memakai kunyit juga telah lama dilakukan oleh orang tua zaman dulu. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. anda hanya perlu mengoleskan kunyit yang telah dihaluskan pada jalu, kemudian tutup menggunakan kain atau kasa. Menurut beberapa pendapat teknik tersebut merupakan cara yang efektif untuk membuat jalu ayam lebih keras dan tidak mudah patah sehingga ayam dapat lebih mudahmengalahkan lawannya.

Cara Merawat Ayam Jalu Agar Tubuh Tetap Berstamina

Tidak hanya merawat jalu, bagi pecinta ayam Bangkok atau ayam petarung diharuskan juga merawat tubuh dari ayam tersebut. Sehingga tidak akan mudah kalah apabila bertanding pada saat sabung ayam. Untuk itu berikut ini beberapa cara yang perlu anda lakukan agar ayam jalu tetap mempuyai tubuh yang proporsional dan berstamina.

1. Senam ringan

Maksud dari senam ringan, yaitu anda sebagai pemilikinya harus membantu ayam agar dapat melemaskan leher, sayap dan juga kakinya dengan sedikit mengangkat bagian tubuh tersebut dan dilakukan sekitar pukul 7 – 8 pagi.

2. Memandikan ayam jalu atau Bangkok

Selain melemaskan bagian tubuh tertentu, ayam Bangkok juga perlu untuk dimandikan yang bertujuan untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah ayam keseluruh tubuh serta untuk melemaskan sendi serta otot ayam.

3. Menjemur ayam jalu

Selanjutnya anda juga dapat menjemur ayam selama satu jam. Hal ini perlu dilakukan untuk memperpanjang nafas ayam, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membuat tubuh ayam ideal.

4. Memberikan makanan dan vitamin

Pemberian makanan dan juga vitamin pada ayam jalu bertujuan untuk menjaga stamina ayam. Makan yang dapat anda berikan, yaitu gabah, jagung, beras merah dan pur 592. Selain itu pemberian jamu juga berguna untuk mendukung perawatan.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Ikan Gurami Terserang Hama dan Penyakit

Demikian penjelasan mengenai beberapa cara untuk Merawat Jalu Ayam yang dapat kami sampaikan. Jalu ayam merupakan kunci utama bagi ayam petarung yang berguna untuk melemahkan lawan sehingga merawatnya merupakan suatu hal yang penting. Semoga uraian tersebut dapat memberikan manfaat dan informasi bagi anda yang membutuhkan.

Baca juga: