4 Cara Mengatasi Landak Mini Yang Tidak Mau Makan beserta Penyebabnya

Posted on

Cara Mengatasi Landak Mini Yang Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Landak Mini Yang Tidak Mau Makan – Landak mini merupakan salah satu jenis hewan eksotis yang belakangan ini memiliki banyak peminat untuk menjadikannya hewan peliharaan. Berbeda dengan landak pada umumnya yang memiliki duri tajam sehingga dapat membahayakan jika dipelihara, landak mini juga memiliki duri namun tidak terlalu tanjam dan bahkan terlihat sangat lucu.

Sebagai hewan peliharaan, landak mini tentu harus mendapatkan perlakuan khusus dalam proses perawatannya yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik hewan unik tersebut. Salah satu yang harus diperhatikan dengan baik dalam proses perawatan landak yaitu saat muncul kondisi landak tidak mau makan. Berikut ini adalah Cara Mengatasi Landak Mini Yang Tidak Mau Makan yang akan diulas dalam penjelasan di bawah ini.

Memahami Penyebabnya

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pemilik landak dalam cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan yaitu dengan cara memperhatikan dan mencari tahu penyebab munculnya kondisi tersebut. Dengan memperhatikan penyebabnya maka upaya pengatasan kondisi landak mini yang tidak mau makan akan berangsung lebih efektif. Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan landak mini tidak mau makan diantaranya seperti :

  • Bosan dengan makanan, penyebab pertama yang menjadikan landak mini tidak mau makanan yaitu adanya rasa bosan landak terhadap menu makanan yang diberikan oleh pemiliknya setiap hari. Kondisi tersebut bisa terjadi saat pemilik landak selalu memberikan makanan yang sama dan tidak memperhatikan keinginan dari hewan peliharaannya tersebut.
  • Landak sedang sakit, penyebab selanjutnya yang menjadikan landak sulit untuk makan adalah karena kondisi tubuhnya yang mengalami keadaan sakit. Pemilik landak mini harus memperhatikan ketika landak mulai menujukan sikap menolak makanan.
  • Stres, kondisi lain yang juga bisa menjadikan landak mengalami kehilangan nafsu makan adalah karena stres yang dapat dipicu dari berbagai hal, mulai dari kandang yang sempit, kebersihan yang tidak terjaga, dan lain sebagainya.
  • Sedang hamil atau pasca melahirkan, landak yang sedang hamil dan atau mau melahrikan juga dapat menjadi penyebab tutunnya nafsu makan pada hewan tersebut. Kondisi nafsu makan yang turun karena hamil dan atau akan pasca melahirkan tersebut merupakan keadaan yang normal terjadi. Rasa lelah yang dihadapi landak mini pasca melahirkan dapat menjadikan dasar dari kenapa landak kehilangan nafsu makannya.
Baca Juga :   12 Cara "Paling Mudah" Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula

Cara Mengatasi Landak Mini Yang Tidak Mau Makan

Setelah pemilik hewan lucu nan eksotis tersebut memahami setiap penyebab dari munculnya keadaan landak tidak mau makan maka langkah selanjutnya adalah memiliki cara terbaik untuk mengatasi dan menstimulus landak agar mau makan sesuai dengan penyebabnya.

1. Menjaga kesehatan landak,

langkah pertama yang dapat ditempuh adalah dengan menyembuhkan sakit pada landak dan menjaga kesehatannya.

2. Memberinya makan ulat Jerman atau hongkong

Hal ini jelas harus anda lakukan karena ketika mereka habis melahirkan nafsu makan mereka akan menurun akibat kelelahan saat melahirkan. Nafsu makan mereka akan menurun sekitar 2 harian. Memberi mereka makanan ulat bisa dijadikan sebagai suplemen tubuh agar mereka tetap bugar, dengan begitu mereka masih bisa mengurus anak – anaknya dengan baik.

3. Mengganti menu makanan

Bukan manusia saja yang terkadang bosan dengan menu makanan yang mereka makan, tetapi pada landak mini juga terjadi. Hal itu bisa saja terjadi karena nafsu makan mereka menurun akibat dari menu sehari – hari yang mereka makan terasa membosankan, sehingga mereka tidak tertarik makan.
Anda bisa mengganti makanan mereka atau melakukan amis antara beberapa makanan menjadi satu atau mengganti menu makanan setiap harinya. Yang terpenting adalah menu yang anda berikan tersebut sudah mengandung gizi yang cukup tapi jangan terlalu banyak lemak, karena bisa jadi jika berlebihan akan mengakibatkan obesitas. Dengan cara ini, kemungkinan nafsu makan mereka akan kembali normal lagi.Mengatasi stres pada landak. Stres dapat diatasi dengan cara menganti pola makan, mencarikan landak teman, membersihikan kandang dan menjaga kebersihannya.

4. Membawanya ke dokter

Nafsu makan menurun dan tidak mau makan berhari – hari? Bisa jadi mereka sedang sakit, bisa jadi stres atau mengalami PUP Ijo. Misalkan saja mereka mengalami pupijo, maka anda bisa memberinya madu atau sari kurma agar mereka tidak mengalami dehidrasi, membersihkan kandangnya yang terkena pupijo tersebut, selalu menyiapkan ulet hongkong dan minuman yang segar pada wadahnya.

Baca Juga :   12 Ciri Hewan Aves Terlengkap Beserta Contohnya Lengkap

Anda bisa langsung membawa landa mini peliharaan Anda ke dokter hewan, supaya bisa langsung tertangani atau dengan memberi mereka diatab dan norit terlebih dahulu. Untuk diatab diberikan dengan aturan dosis 1/16 yang dicampurkan dengan minuman mereka sebanyak 2 – 3 kali sehari. Anda dapat memberikan norit untuk membersihkan racun yang ada di dalam pencernaan landak mini peliharaan Anda.

Namun, jika tidak ada perubahan segera bawalah ke dokter. Biasanya mereka akan mengalami pupijo yang di tandai dengan nafsu makan yang menurun pastinya, kondisi yang lemas, pup mereka berwarna hijau dan terdapat lendir, pup memiliki warna hijau muda yang kemudian menjadi hijau tua dan makin lama semakin encer bentuknya.
Jika kondisi parah, mereka akan muntah yang memiliki warna hijau. Akan tetapi, untuk mengatasi penyakit ini dengan segera adalah dengan membawanya ke dokter, karena di beberapa kasus landak mini ini tidak selamat.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Landak Mini Yang Tidak Mau Makan sesuai dengan penyebab yang mendasari munculnya keadaan tersebut dalam penjelasan di atas. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam memahami kondisi landak peliharaan Anda. Terima kasih.

Baca juga:

11 Cara Menanam Bunga Gantung dan Perawatannya Lengkap

Cara Budidaya Ikan Ramirezi Secara Efektif untuk Pemula