5 Cara Budidaya Ikan Ramirezi Secara Efektif untuk Pemula

Posted on

Cara Budidaya Ikan Ramirezi Secara Efektif untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Ramirezi Secara Efektif untuk Pemula – Ikan Ramirezi atau ikan Ram, merupakan jenis ikan air tawar di keluarga cichlids yang cocok dipelihara oleh para pemula. Warna berkelap-kelip yang berada di sekujur tubuh ikan ini membuatnya terlihat seperti permata yang bergerak.

Sikap kalem dan pemalu dari ikan ini juga membuatnya ideal untuk ditempatkan bersama ikan lain dan disarankan untuk digabung dengan ikan yang juga kalem. Karena tergolong mudah untuk dipelihara, peminat ikan ini cukup banyak di pasaran dan tergolong gampang untuk dijual dan bisnis tidak akan pernah mati. Meskipun membudidayakan dan memelihara ikan ini tidak sulit, tetap ada acara yang tepat untuk mengurus ikan ini supaya tetap sehat dan indah. Berikut adalah Cara Budidaya Ikan Ramirezi Secara Efektif Untuk Pemula :

1. Perhatikan Keadaan Air dan Pengaturan Akuarium

Untuk membudidayakan ikan ini, sangat disarankan untuk menggunakan akuarium dengan minimal air antara 5 sampai 10 galon. Mereka juga lebih tahan di air yang hangat dengan suhu 27 – 30 derajat celcius dan lebih hangat lagi saat masa berkembang biak. Air juga harus agak asam dengan pH sekitar 4 -7 atau air yang netral dan lembut. Oksigen di akuarium juga harus dijaga dengan baik supaya ikan tetap sehat dan berwarna cerah.

Baca Juga :   Cara Mudah Membuat Pakan Ikan Nila Bagi Pemula

Ikan Ramirezi termasuk salah satu ikan air tawar yang sensitif terhadap perubahan dan mudah terkena penyakit, jika kualitas air tidak terjaga. Jika ingin mengganti air di akuarium, maka pastikan bahwa seluruh kotoran di akuarium itu terangkat dan masukan air sesuai dengan air yang sebelumnya dengan suhu dan pH yang sama.
Setelah kondisi air tepat, lanjutkan dengan pengaturan akuarium. Dikarenakan sifat pemalu dari ikan ini, maka disarankan untuk menempatkan beberapa tempat untuk mereka bersembunyi seperti rumah kecil atau wadah. Jika tidak ada tempat seperti ini maka ikan akan stress dan mengidap penyakit.

2. Masukan Pasangan Ikan di Akuarium

Untuk memulai proses pengembakbiakan, 3 atau 4 pasang ikan akan dimasukan dalam satu akuarium. Ikan jantan ditunjukan dengan sirip dorsal yang lebih panjang dan lancip, sedangkan ikan betina ditunjukan dengan warna perutnya yang merah atau jingga dan tampak gemuk. Ikan Ramirezi tergolong ikan yang setia, jadi mereka akan terus bersama pasangannnya hingga telur menetas.

Ketika terlihat sudah mulai berhubungan, maka pasangan dipindahkan ke akuarium terpisah, karena jika digabungkan dengan ikan lain, pasangan ini cenderung gampang stress ketika sudah bertelur dan mengakibatkan mereka memakan telurnya sendiri.

Setiap akuarium harus dipasangkan tempat atau sarang bagi ikan untuk bertelur seperti keramik kecil atau pot bunga kecil yang dimiringkan. Setelah bertelur, telur-telur itu akan dilindungi oleh kedua orangtuanya sampai menetas.

3. Mengurus Anak Ikan

Mengurus anak ikan Ramirezi tidaklah sulit. Telur akan menetas dalam waktu 2 – 3 hari dan anak ikan tersebut akan berenang sangat cepat dan bebas di dalam akuarium. Makanan untuk anak-anak ikan ini biasanya berupa kutu air halus, cacing sutera, dan pellet halus. Anda tidak perlu untuk menjaga anak-anak ikan ini secara terus menerus karena orang tua mereka akan melindungi mereka sampai berumur 3 minggu.
Setelah 3 minggu itu, anak-anak ikan ini sudah boleh dipindahkan ke akuarium lain untuk bertumbuh sendiri. Anak-anak ikan ini akan berwarna bagus seperti orang tuanya ketika panjangnya sudah mencapai sekitar 12 mm.

Baca Juga :   10 Cara "Paling Ampuh" Mengatasi Stress Pada Ikan Patin

4. Perhatikan Penyakit Ikan Ramirezi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kondisi air untuk ikan ini tidak dijaga, maka ikan Ram akan terkena penyakit. Mereka cenderung rentan terhadap penyakit ketika stress, biasanya dikarenakan tidak tersedianya tempat untuk mereke bersembunyi, sama seperti orang pemalu yang stress jika harus berhadapan dengan orang lain secara terus menerus. Mereka juga mudah terkena penyakit tuberculosis ikan.

Penyakit yang sering dihidap oleh ikan ini ada beberapa jenis. Salah satunya adalah White Spot Disease atau Ichthyobodo Infection. White spot disease merupakan salah satu jenis virus bercak putih yang disebabkan oleh parasit dan termasuk salah satu penyakit yang bisa dibilang cukup sulit untuk disembuhkan. Bercak putih ini disebabkan oleh protozoa atau organisme kecil yang menyerang dan melengketkan diri dengan tubuh, sirip, dan insang ikan. Penyakit ini akan sangat menular dan dapat menyebabkan masalah pernafasan dan pergerakan sampai kematian.

Ikan Ramirezi yang begitu rentan akan penyakit tentu saja penyakit ini sangat berbahaya untuk ikan itu. Dan cara untuk menyembuhkannya dari penyakit itu adalah dengan cara menaikkan suhu air di akuarium sampai 30 derajat celcius selama 3 hari.

5. Menjaga Supaya Warna Ikan Tetap Cantik

Jika ikan ini dikembangbiakkan di dalam akuarium terus menerus, maka ikan Ramirezi akan menjadi lebih kecil dan warnanya akan pudar. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, disarankan agar anda meletakkan ikan Ramirezi liar ke dalam akuarium untuk mulai perkembangbiakan. Ikan Ram liar biasanya mempunyai warna yang lebih cerah dibandingkan dengan ikan Ram yang sudah dipelihara. Maka mencampurkan keduanya akan menghasilkan anak ikan yang kuat dengan warna yang indah juga.

Baca Juga :   Proses Pembenihan Ikan Komet Dengan Tingkat Keberhasilan 100%

Itulah Cara Budidaya Ikan Ramirezi Secara Efektif Untuk Pemula yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin mulai memelihara dan membudidayakan ikan ini. Terima kasih.

Baca juga:

8 Cara Menanam Caisim di Pekarangan Rumah Paling Mudah

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula