14 Cara “Paling Mudah” Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Posted on
14 Cara “Paling Mudah” Menghilangkan Jamur Pada Kucing
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Cara menghilangkan jamur pada kucing – beberapa kucing juga sebagai pembawa penyakit yang menular pada kucing yang lain, atau kepada manusia. Jamur pun bisa sembuh selama 4-6 bulan. Kucing dengan sistem kekebalan tubuh baik maka bisa tumbuh kembali pada tempat yang sama sampai 6 bulan kemudian. Jadi kalian harus tau bagai mana Cara menghilangkan jamur pada kucing.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

1. Mengkarantina si kucing

Pada saat mendeteksi terdapat jamur di tubuh kucing, maka kalian hendaknya memisahkan kucing terhadap lingkungan kucing. Cara ini dikenal dengan karantina di kandang khusus tersendiri. Sebab jamur dapat menulari kucing yang lain. Lalu hindarkan kucing dengan kontak langsung bersama kucing lainnya. Selain itu, kalian bedakan juga sejumlah alat yang dipakai misalnya alas tidur, handuk, karpet dll.

2. Cukur

Langkah mudah untuk mengobati kucing bila terkena jaur ialah mencukur bulunya pada area yang terkena jamur. Bulu-bulu tersebut kadang sudah rapuh sampai akar-akarnya jadi lumayan mudah dilakukan penukaran hingga pencabutan. Lalu bila infeksi jamur ada di bagian kulit, hendaknya kucing digundu; guna memudahkan pengobatan.

Baca Juga :   10 Cara Merawat Kucing Sakit Mata Termudah Tanpa Ke Dokter

3. Mandikan

Kalian dapat memandikan kucing guna menghentikan atau mengurangi jamur yang terdapat dibulu kucing supaya tak ada bibitnya lagi. Kalian dapat memakai sampo dalam memandikannya msialnya malaseb, sebazole dll. Sampo itu bisa kalian peroleh di toko hewan peliharaan terdekat.

4. Pengeringan

Memandikan kucing ialah hal esensial, akan tetapi jangan lupa melakukan pengeringan di kucing. Jangan biarkan daerah lembab sebab akan menimbulkan jamur lebih produktif guna berkembang biak. Untuk lebih memastika si kucing bisa mengering, maka kalian pun dapat menambahkan waktu 15 menit supaya pengeringan maksimal.

5. Pengolesan salep, krim khusus kucing

Krim atau saleb mempunyai kandungan sulfur yang dapat mengobati jamur. Sulfur membuat jamur enggan bila tumbuh sebab bahan aktif yang ada didalamnya. Betadin juga dinilau sanat ampuh guna menanggulangi jamur masih ringan. Untuk kepraktisannya, kalian pun dapat melakukan spray jamur sebab mudah sekali mudah dalam memakainya yakni menyemprotkan di area yang terinfeksi jamur, dan pastinya kalian semprotkan saat badan kucing kering. Contohnya spray yang dapat digunakan referensi adalah virbac wound, yang dapat diperoleh ditoko peliharaan terdekat.

6. Obat oral

Untuk obat yakni pengobatan yang dijalankan dengan memasukkan obat di daam tubuh lewat mulut. Akan tetapi satu ini yang sangat cocok guna memasukkan obat dalam tubuh. Akan tetapi dalam menggunakan tak boleh sembarangan, kalian harus konsultasi lebih dulu kepada yang ahli atau pada dokter hewan lalu diberikan obat dosisnya dan takaran.

7. Cuci rendam peralatan

Barang apa saja yang di punya kucing dan sekelilingnya yang terkontaminasi jamur hendaknya dicuci secara bersih sekali. Kalian dapat melakukannya yakni dengan merendam menggunakan desinfektan. Desinfektan yang berfungsi dalam mematikan kuman dan jamur yang hinggap supaya tak ada inang yang mengidap ditempatnya.

Baca Juga :   15 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif

8. Bersihkan kandang

Kandang ialah tempat yang sangat rawan tempat berkembang sebuah jamur. Dalam kandang ini harus diperhatikan sekali, jangan biarkan lembab sebab akan membuat lingkungan tak segar. Upayakan pula kering dan ventilasi lumayan dari sinar matahari.

9. Berikan vitamin

Untuk penambah daya tahan tubuh kucing supaya memperoleh perlindungan maksimal, maka kalian dapat memberikannya vitamin yang dapat dibeli ditoko hewan peliharaan yang dekat. Vitamin bisa menambah daya tahan si kucing sebab bila antibody si kucing kuat makan jamur juga tidak mudah menyerang kembali.

10. Tidak lembab

Supaya ruangan kucing tak lembab kalian dapat mengukurnya dulu menggunakan hygrometer. Kelembaban ideal yakni kurang lebih 40-50% yang mana titik kelembaban ini, jamur mati dan tak dapat berkembang. Penggunaan AC serta dehumifier juga akan sangat membantu menjaga kelembaban serta kekeringan.

11. Mandikan kucing dalam lime sulfur ( 0,5-5%)

Lime sulfur mempunyai kandungan belerang yang lumayan kecil, dengan cara mencelupkan kucing di larutan tersebut hingga menyeluruh tubuhnya basah bisa memberikan perlindungan dan mengangkat jamur. Cara pemakaiannya dapat dilakukan 2-4 kali setiap pengobatan guna mengendalikan jamur. Akan tetapi ada efek samping yakni membuat si kucing tak nafsu makan.

12. Campurkan makanan menggunakan obat dalam

Obat dalam yang dapat dipakai misalnya ketoconazole, fluconazole dll yang dapat kalian jumpai diapotek terdekat. Untuk itu itraconazone dapat kalian berikan dengan sesuai standar resep dokter atau dengan dosis 2×2 minggu bercampur makanan kucing. Lalu makanan berlemak lebih disarankan sebab bisa mempercepat penyerapan obat di dalam tubuh.

13. Shampo

Untuk sampo dapat kalian pakai dengan kandungan pavidone iodine serta sulfur yang dapat diperoleh di apotik. Lalu sampo bisa membasmi jamur misalnya jenis microsporum.

Baca Juga :   10 Cara Mudah Ternak Kroto dalam Toples dengan Mudah

14. Minyak tawon

Minyak tawon isinya dalam botol kaca. Da banyak jenis minyak tawon, kalian bisa memakai minyak pijat pilihan minyak tawon yang hangat sekali. Kalian dapat memakai menggunakan cara mengoleskan minyak di tubuhnya kucing akan tetapi jangan terlalu banyak. Oleskan minyak ini menggunakan kadar yang sedikit saja akan tetapi lakukan secara merata.

Demikianlah, kalian tak perlu sedih untuk kucing yang bermasalah dengan jamur. Pada kali ini penulis memberikan beberapa cara yang dikemas ke dalam artikel berjudul Cara menghilangkan jamur pada kucing. Cara ini bisa manjur atau tidak bergantung keadaan dan ketekunan kalian dalam melakukannya. Lebih pastinya kalian perlu berkonsultasi pada ahlinya supaya lebih dianalisis dengan mendalam. Semoga bermanfaat.

Baca juga: