8 Cara dan Tips “Sukses” Perawatan Murai Batu Jelang Lomba

Posted on
8 Cara dan Tips “Sukses” Perawatan Murai Batu Jelang Lomba
5 (100%) 1 vote[s]

8 Tips Perawatan Murai Batu Jelang Lomba

8 Tips Perawatan Murai Batu Jelang Lomba – sekarang ini tidaklah sedikit penggemar burung atau biasa di sebut kicau mania. Menjadi penggemar burung atau kicau mania saat ini tidak hanya dikalangan orang tua, melainkan juga banyak anak muda yang menjadi seorang kicau mania. Hal ini tentu saja tidak luput dari hobi atau kegemaran tersendiri terhadap suara kicau burung. Selain itu, banyaknya jenis burung yang ada di nusantara ini yang memang sangatlah begaram.

8 Tips Perawatan Murai Batu Jelang Lomba

Salah satu jenis burung yang banyak digemari adalah murai batu. Tentu saja bagi anda penggemar burung ataupun bukan pasti sudah tidak asing dengan nama burung yang satu ini. Burung yang juga di kenal sebagai kucica hutan ini memiliki nama latin Copsychus Malabaricus. Murai batu adalah burung yang memiliki suara sangat merdu dan sangat layak untuk diikutkan dalam perlombaan.

Akan tetapi, burung murai batu ini tentu saja sangat membutuhkan perawatan yang ekstra agar bisa mengikuti lomba atau kompetisi dan bisa menjadi juara. Bagi penggemar burung murai batu yang selalu aktif mengikutsertakan burung peliharaannya selalu melakukan perawatan khusus menjelas lomba. Lalu apa sajakah perawatan yang mereka berikan kepada burung murai batu ini?. Berikut ini kami akan mengulas dan memberikan informasi mengenai 8 Tips Perawatan Murai Batu Jelang Lomba.

Baca Juga :   Pembenihan Lele Sangkuriang Secara Alami Untuk Pemula (10 Kiat Petani Sukses)

Tips Perawatan Murai Batu Jelang Lomba

1. Memberikan tempat tersendiri untuk Burung Murai Batu

Tips yang pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan burung murai batu anda ditempatkan menjauh dari burung kicau yang lainnya. Waktu yang di perlukan untuk masa ini adalah seminggu sebelum jelang perlombaan, dan terutama jauhkan dengan burung sesama jenis murai batu. Tips ini bertujuan untuk mengurangi minat burung berkicau, sehingga stamina tubuh dan kicauannya pun akan tetap terjaga.

Sedangkan untuk pemberian pakan juga masih pada porsi yang seperti biasa saja, jangan terlalu berlebihan dalam lakukan penambahan porsi pakan, begitu juga dengan jenis pakannya, ditakutkan terlalau banyak penambahan / perubahan itu justru akan membuat sang burung kaget, sehingga di lapangan nanti pola penampilannya juga akan berubah atau akan mempengaruhi kualitas hasil lomba nantinya.

2. Kondisikan Burung Dengan Lapangan

Tips kedua yang harus Anda lakukan yaitu mengkondisikan burung Murai Batu dengan lapangan lomba. Sebelum perlombaan dimulai, sebaiknya nda bisa mengamati terlebih dahulu lokasi perlombaan itu seperti apa. Apakah model lapangan terbuka atau sebaliknya, bagaimana intensitas cahaya yang mengenai tempat tersebut. Dengan begitu anda bisa melakukan pelatihan terhadap burung murai batu untuk dapat mengkondisikan ditempat yang baru dengan suhu yang berbeda.

3. Pastikan Tidak Terganggu Hewan Lain

Selain dua tips di atas, masih ada yang lainnya seperti dengan mengawasi burung dari kemungkinan diganggu hewan yang lain. Memberi perhatian secara intensif sebelum perlombaan merupakan sangat penting.Hal ini dilakukan karena demi menjaga mental burung murai batu anda yang akan dilombakan. Usahakan untuk menjauhkan murai batu dari bertemu hewan penggangu lain seperti kucing, ayam, kambing atau apapun yang membuatnya takut dan trauma. Rasa ketakutan juga akan muncul pada murai batu, bahkan bisa membuat mental burung murai terseebut tidak stabil lagi alias down dan untuk parahnya lagi kemungkinan seperti itu akan membuat burung menjadi giras atau tidak jinak lagi.

Baca Juga :   Cara Menetaskan Telur Bebek Yang Baik dan Benar Beserta Tahapannya

4. Pemberian Jangkrik

Soal makanan juga penting sekali di perhatikan bila murai batu akan di gelar pada perlombaan. Seminggu sebelum mengikuti lomba, mulailah memberi pakan burung dengan serangga seperti jangkrik. Mungkin setiap harinya anda sudah memberikan jangkrik untuk sang burung, tetapi kali ini berbeda.
Misalnya apabila anda biasa memberikan 5 biji di pagi hari maka tingkatkan sedikit saja dengan menambah 3 ekor jangkrik. Sehingga 8 jangkrik di berikan pada murai batu seminggu sebelum lomba di mulai.

5. Penambahan Ulat Hongkong

Bukan saja jangkrik, namun anda harus menambahkan menu lain sebagai penambah stamina sang murai batu. Sebut saja ulat hongkong yang harus anda berikan bersamaan dengan pemberian jangkrik.

6. Pemberian Multivitamin

Jangan lupa untuk selalu memberikan suplemen untuk sang burung. Bukan hanya pada waktu jelang perlombaan saja, tetapi setiap harinya seekor burung harus di perhatikan kekebalan tubuhnya. Untuk itu demi menjaga kekebalan tubuh burung murai batu anda bisa memberikan vitamin.

7. Penjemuran

Pada dasarnya seekor burung tetap di jemur setiap hari. Tetapi untuk hal perlombaan ini berbeda, dimana penjemuran hanya di lakukan selama satu jam di pagi hari pukul 08.00 dan sore hari pukul 15.30. Disini yang membedakan dengan penjemuran setiap hari adalah durasinya.

Jika biasanya hanya selama 30 menit saja maka sebelum lomba lakukan selama satu jam dengan catatan tetap memberikan pakan dan air di dalam sangkar. Tetapi hal ini tidak di lakukan setiap hari, cukup dua hari sekali selama seminggu sebelum lomba.

8. Pembentukan Kekebalan

Sebelum mengikuti perlombaan, ada baiknya anda membuat kondisi burung murai batu sehat. Salah satunya dengan menjaga kekebalan tubuhnya. Caranya yakni dengan memberikan antibiotik khusus yang bisa anda beli pada kios pakan burung.

Baca Juga :   Perbedaan Lele Sangkuriang Dan Lele Dumbo (Parameter Usaha Budidaya)

Demikianlah ulasan mengenai 8 tips perawatan Murai Batu jelang Lomba yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perawatan pada burung kesayangan agar siap dan bisa menang dalam pertandingan mendatang. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: