12 Cara “Paling Mudah” Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula

Posted on
12 Cara “Paling Mudah” Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula

Cara Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula – Saat ini memiliki hewan peliharaan yang unik telah menjadi tren. Hewan yang umumnya dipelihara berupa kucing, burung, atau anjing. Namun, berbeda kesannya apabila anda memlihara binatang imut dan unik, seperti hamster, sugar glider, atau ladak mini yang mungkin jarang terfikirkan oleh banyak orang.

12 Cara "Paling Mudah" Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula

Seperti halnya landak pada umumnya landak mini biasanya juga hidup di alam liar dan merupakan hewan yang berduri. Sekarang ini hewan tersebut banyak dijadikan peliharaaan terutama bagi kalangan remaja khususnya mahasiswa. Hal ini diakarenakan landak mini tidak terlalu berbahaya seperti landak pada umumnya, mereka memiliki tubuh lebih kecil dan lucu serta menggemaskan. Hewan tersebut telah banyak dijual di pasar-pasar hewan ataupun di pinggir jalan. Selain itu, landak mini juga merupakan hewan yang mudah untuk di rawat. Namun, meskipun demikian dalam memelihara dan memegangnya dibutuhkan ketelatenan. Berikut ini beberapa Cara Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula apabila ingin memeliharanya.

Baca Juga :   10 Cara "Paling Mudah" Memelihara Ciblek Lebih Dari Satu

1. Menyiapkan waktu setiap harinya

Bagi anda yang memiliki jadwal kegiatan yang begitu padat setiap harinya, tidak disaraankan untuk memelihara landak mini. Hal ini dikarenakan landak mini bukanlah hewan yang dapat mandiri apabia dilepas begitu saja di area rumah untuk beraktivitas ataupun mencari makan. Tidak seperti memelihara kucing ataupun anjing yang dapat di keluarkan setiap saat. Jadi, penerapan memelihara landak mini tidak sama seperti merawat anjing atau kucing di rumah.

2. Memiliki tempat khusus

Kandang khusus untuk hewan ini adalah hal yang paling penting. Disebabkan hewan ini perlu terlindungi dari barang-barang yang ada di dalam rumah. Landak mini seperti hewan pada umumnya yang juga mudah stress. Untuk itu dalam pembuatan kandang untuk landak mini, harus aman serta nyaman agar hewan ini tidak mudah stress.

3. Memahami bahwa landak merupakan hewan nocturnal

Hal yang perlu diingat lainnya dalam Cara Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula, yaitu landak ini merupakan hewan nocturnal. Memiliki arti bahwa landak mini beraktivitas di malam hari dan di siang harinya mereka lebih banyak tertidur. Sehingga apabila ingin bermain dengan hewan peliharaan yang satu ini, harus memperhatikan waktu dan jangan sampai memaksakan bermain dengan landak mini di waktu istirahatnya.

4. Bersiap tertusuk duri landak

Seperti halnya hewan landak dewasa, landak mini juga merupakan hewan yang berduri. Sehingga anda tidak perlu kaget dan harus mempersiapkann diri bila sewaktu-waktu anda tertusuk oleh duri landak mini tersebut.

5. Menempatkan satu ekor landak dalam satu kandang

Landak mini merupakan salah satu jenis hewan soliter, yang artinya yaitu hewan penyendiri. Oleh karena itu, landak mini yang lebih dari satu tidak dapat diletakkan di dalam satu kandang bersama landak mini lainnya ataupun hewan peliharaan lain.

Baca Juga :   Cara Hidup Burung Manyar dan Ciri Khasnya Terlengkap

6. Mencaari dokter hewan yang memahami landak mini

Disebabkan jarang yang banyak memelihara landak mini, dan bukan jenis hewan peliharaan umumnya. Maka sebelum anda memelihara hewan tersebut, sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu apakah disekitar tempat tinggal anda terdapat dokter hewan yang dapat menangani landak mini ini.

7. Menyiapkan budget khusus

Mempunyai hewan peliharaan bukan lagi hal yang biasa. Sama halnya memelihara hewan peliharaan lain ketika memelihara landak mini, anda juga diharuskan untuk menyisihkan penghasilan setiap bulannya untuk keperluan landak mini tersebut.

8. Menghindari kontak landak mini dengan anak-anak

Meskipun landak mini merupakan hewan peliharaan yang tidak dapat dikatakan sebagai hewan buas. Namun, hewan ini tidak mudah bersahabat dengan seseorang yang baru ia kenal. Sehingga keberadaan landak mini tersebut, sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Hal ini dikhawatirkan akan melukai anak kecil yang belum mampu menguasai dari memegang hewan kecil. Maka dari itu, anda sebagai pemeliharanya harus memperhatikan sedetail mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika anda memiliki seorang anak kecil.

9. Mengecek kondisi landak mini

Bagi anda yang memelihara landak mini, perlu memperhatikan kondisi hewan peliharaan anda tersebut. Jika anda melihat mata landak mini mengeluarkan air mata, dapat diartikan bahwa landak tersebut sedang sakit. Ciri lainnya dapat anda perhatikan jika terjadi pengerasan kilut pada daerah tertentu, seperti bagian mata, hidung ataupun pada bagian telinga. Maka, anda perlu segera mengeceknya dan membawa kedokter hewan agar dapat segera ditagani dan diberi obat.

10. Mengenali posisi landak mini

Landak mini yang berukuran kecil serta imut, mempunyai posisi yang bermacam-macam. Seperti posisi ketika ia menunjukkan kalau dia merasa nyaman ataupun sedang merasa terancam. Pada umumnya perilaku dari hewan yang satu ini yaitu melingkarkan tubuhnya dan mendesis. Apabila secara tiba-tiba landak mini menggigit, maka dapat dikatakan bahwa landak tersebut merasa sedang terancam.

Baca Juga :   10 Ciri, Cara Hidup Burung Cendrawasih dan Jenisnya Terlengkap

11. Meletakkan kandang dekat dengan kita

Landak mini mempunyai penciuman yang baik dan kuat. Oleh karena itu, sering-seringlah meluangkan waktu anda untuk bermain dengan landak mini tersebut agar mereka lebih familiar dengan bau orang yang memeliharanya. Atau anda dapaat juga meletakkannya di ruangan yang sering anda gunakan, sehingga meninggalkan bekas aroma kita dan dapat membuat landak mini lebih familiar.

12. Membiarkan landak di dalam kandang

Ada waktunya tersendiri landak mini dapat bermain di luar kandang. Namun, anda perlu meletakkannya di dalam kandang hingga dia merasa nyaman. Perlu juga anda ingat, bahwa di dalam kandang landak mini sediakan tempat untuk bermain. Selain itu, bersihkan tempatnya secara rutin agar landak mini tidak mudah terserang penyakit.

Itulah, uraian Cara Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula yang perlu anda ketahui, terutama bagi anda yang ingin memeliharanya. Semoga dapat memberikan informasi dan bermanfaat.

Baca juga: