Cara Mengobati Katarak Pada Burung Secara Alami

Posted on

Cara Mengobati Katarak Pada Burung Secara Alami

Cara Mengobati Katarak Pada Burung Secara Alami – Penyakit katarak dapat menyerang siapa saja.Tidak hanya manusia tapi juga bisa menyerang hewan peliharaan seperti burung kicauan. Cara untuk mengatasi masalah katarak ini akan kita pada artikel kali ini yaitu cara mengobati katarak pada burung secara alami. Berikut ini ada beberapa cara mengobati katarak pada burung secara alami tersebut :

1. Kenali Gejala

Disamping menentukan perawatan alami untuk mengatasi keluhan katarak burung. Seharusnya sebagai peternak, kenali dulu gejala apa yang membuat katarak muncul. Karena nantinya inilah yang akan membuat para pemilik burung menjadi lebih waspada dan bisa menjaganya dengan baik.
Tanda yang terlihat seperti burung sering menabrak sesuatu, karena memang akan mengganggu penglihatan sang burung tersebut nantinya. Jika ini kerap dirasakan terjadi menimpa sang burung, maka sebaiknya periksa bagianmatanya.Jika terdapat bercak putih pada mata menandakan bahwaburung tersebut kemungkinan terkena katarak.

2. Mengetahui Beberapa Opsi Perawatan

Setelah tahu hal apa saja untuk merawatan burung yang mengalami katarak, maka bisa memudahkan peternak dalam mengatur atau memilih pengobatan katarak. Hal ini penting, yang mana ada banyak sekali pengobatan seperti pengobatan medis maupun pengobatan secara alami.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Stress

3. Isolasi

Pisahkan atau isolasi burungyang terkena masalah katarak dengan burung yang tidak terkena masalah katarak atau penglihatannya masih sehat. Fungsinya untuk membuat burung yang sakit tidak terluka atau terkena masalah dengan berkumpul dengan para burung lain yang masih sehat dan tidak terkena masalah apa-apa.

4. Menggunakan Obat tetes Madu Asli

Jenis obat ini kerap digunakan dalam menyembuhkan burung yang mengalami katarak kicauan. Untuk memperolehnya, kita bisa mengambil dari madu yang sudah dicampur air liur lebah maupun bisa diperoelh dari campuran madu dari bagian pucuk daun muda.
Jenis obat itu sesungguhnya dimanfaatkan para lebah dalam mensterilkan sarang serta memperbaiki kerusakan sarang. Hal ini juga sangat ampuh dalam mengatasi persoalan seperti jamur, bakteri maupun virus yang menyerang.

5. Cara Memberikan Obat Tetes Madu Alami

Ini salah satu dari cara mengobati katarak pada burung alami maka pemberian yang diberikan harus sesuai dengan dosisnya.Karena tidak hanya bagus untuk mengobati katarak pada burung, obat ini juga bagus untuk mengatasi banyak penyakit burung lainnya.
Hanya saja pemberian obat ini harus dalam dosis yang sesuai. Cara memberikannya adalah dengan mencampur sekitar 5 sampai 7 tetesan air dengan 1 tetes obat madu asli.Teteskan seperlunya kepada mata burung peliharaan kalian yang terkena katarak. Jika masih sisa maka simpan untuk hari berikutnya.

6. Daun Kitolod

Embun yang menempel pada bunga Kitolod diteteskan pada mata burung sebagai obat gangguan pada mata.Tujuan pemberian obat tetes kitolodini adalah untuk membersihkan dan juga membuka lapisan (kotoran) yang menempel pada kornea mata.
Sedangkan untuk mengobati katarak pada burung peliharaan, caranya yaitu dengan mengambil beberapa tangkai bunga kitolodkemudian diperas dan diambil airnya. Air perasan ini bisa kalian simpan dalam wadah bekas obat tetes mata ataudisimpan dalam wadah lainnya.

Baca Juga :   Mitos Memelihara Burung Kutilang Emas

7. Mengenali Cara Menggunakan Daun Kitolod

Walaupun kita mengetahui fungsi dari daun kitolod ini sangat baik untuk mengatasi dan mengobati masalah katarak, tetapi kitajuga harus tahu cara untuk menggunakannya. Sebab penggunaan yang benar akan menghasilkan pengobatan yang efektif. Caranya yaitu meneteskan ke daerah mata burung yang terkena masalah katarak.

8. Bunga Melati

Cara selanjutnya untuk mengatasi katarak yang diderita oleh burung yaitu dengan menggunakan air kompres dari rendaman bunga melati. Lalu pijat dengan baik di daerah sekitar mata burung yang terkena masalah katarak tersebut.

9. Daun Sirih

Penggunaan daun sirih tentu hal yang tidak asing lagi. Karena daun sirih memang terkenal akan banyak fungsi untuk menyembuhkan banyak penyakit. Bahkan bisa menyembuhkan dan mengobati masalah katarak yang diderita oleh burung peliharaan kalian.

10. Daun Sirih dan Daun Kitolod

Mengombinasikan kedua jenis daun ini akan memberikan perawatan alternatif yang lebih baik supaya bisa mengatasi masalah katarak yang diderita burung. Haluskan kedua jenis daun, hingga menjadi lunak lalu teteskan air rebusan dari campuran kedua daun tersebut ke bagian mata yang terkena katarak.

11. Daun Pegagan

Salah satu cara alternatif selanjutnya adalah dengan menggunakan pengobatan yang memang disediakan khusus dengan mengombinasikan ramuan dari daun pegangan dan beragam ramuan lainnya yang nantinya akan membuat pengobatan ini menjadi lebih efektif bagi masalah katarak yang diderita burung.

12. Menggunakan Cream

Ada banyak sekali jenis obat katarak yang dijual di pasaran dalam kemasan atau berbentuk cream. Obat ini biasanya ditujukan untuk sakit cacar atau pox, kelopak mata burung yang meradang, karena infeksi yang terjadi akibat jamur virus atau bakteri yang ada didaerah mata hingga masalah katarak. Obat jenis ini bisa digunakan langsung yaitu dioleskan ke kelopak mata atau langsung ke mata burung yang sedang meradang atau terkena masalah katarak. Namun, pastikan tangan kalian dalam keadaan steril sebelum melakukan ini.

Baca Juga :   Cara Mengetahui Siklus Hidup Jangkrik Yang Benar

13. Pengobatan Dokter

Ini merupakan jenis alternatif pengobatan terakhir untuk burung peliharaan yang terkena katarak. Karena dengan langsung menemui dokter hewan maka akan ada banyak jenis pengobatan yang efektif atau sampai melakukan operasi agar tingkat pengobatan menjadi lebih baik lagi.

Itulah pembahasan tentang Cara Mengobati Katarak Pada Burung Secara Alami. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Budidaya Pohon Gmelina Arborea (Si Jati Putih)

Cara Budidaya Pohon Cincau Rambat Sampai Berhasil