Cara Merawat Burung Hantu Celepuk

Posted on

Cara Merawat Burung Hantu Celepuk

Cara merawat burung hantu celepuk – satu hal yang harus kalian perhatikan dari burung hantu cepeluk ialah hewannya mudah stress. Jadi jangan samakan dengan burung gereja. Sebab burung hantu lebih membutuhkan perawatan yang ekstra. Jadi burung jenis ini dapat bertahan hidup lebih lama. Berikut ini kami bagikan tips Cara merawat burung hantu celepuk.

1. Jangan memakai sangkar kecil

Burung hantu celepuk suka sekali dengan kandang luas. Jadi burung hantu lebih leluas untuk bergerak menurut moodnya. Bila terjadi stress pada burung ini, kadang mereka tidak mau makan. Bila terjadi demikian maka letakkan itengeran burung dalam kandang sama seperti waktu memelihara burung beo. Namun kalian ingat, harus diberikan tali dibagian kakinya. Kemudian biarkan mereka menghirup udara bebas luar kandang.

2. Meletakkan kandang ditempat teduh

Burung hantu ini menjadi binatang yang hidup waktu malam hari. Jadi mereka lebih ditempatan di kandang yang tak terkena matahari. Taruh ditempat teduh dan jangan memperlakukan sama dengan burung lainnya. Sebab burung hantu tak terlalu senang di jemur sama halnya dengan burung lainnya. Di malam hari lebih baik matika lampunya. Sebab burung hantu menjadi hewan malam yang memiliki pandangan baik dimalam hari.

Baca Juga :   Cara Menanam Daun Ashitaba Di Pekarangan Rumah

3. Perhatikan pakan burung

Burung hantu celepuk usia muda atau sekitar 3 bulan bisa diberikan makanan 7 ekor jangkrik. Kalian bisa memberikan makan setiap pagi dan sore. Ketika memberikan pakan jangkrik untuk mereka ini caranya sama dengan menyuapi bayi. Bila kalian merasa tak berani dan juga takut akan digigit paruhnya burung hantu yang tajam maka kalian dapat melakukan dengan cara lainnya dengan lebih aman. Caranya yakni dengan menusuk jangkrik di ujung lidi panjang, kemudian berikan secara langsung di mulut burung peliharaan kalian.

4. Menjalin keakraban

Burung ini termasuk hewan yang senang ikut gerakan mangsanya. Apalagi burung hantu cepelek ini dapat memutar kepalanya sampai 180 derajat. Lain hanya dengan jenis burung hantu yang matanya disamping. Seperti yang kalian kenal dengan bola mata tajamnya. Mereka dapat melihar yapapun yang ada didepannya kalian.

5. Berinteraksi

Supaya dapat berinteraksi baik maka kalian perlu berupaya supaya mereka terbiasa untuk berinteraksi dengan kalian. Salah satu caranya yakni menatap matanya. Kalian pun dapat mengajak mereka berinteraksi dengan menatap matanya disetiap pagi dan sore.
Lakukan hal ini bila kalian akan lebih dekat dengan burung hantu peliharaan. Burung ini tergolong jenis hewan yang setiap pada pasangannya. Selian tersebut burung ini tergolong hewan yang mudah diatur serta penurut.

6. Menjaga kebersihan kandang

Burung hantu celepuk tergolong predator yang tidak mempunyai gigi. Jadi mereka kadang lebih dulu mencabik makanannya dengan menggunakan paruhnya. Kemudian burung hantu ini akan menelan makanan ini yang sudah terpotong kecil-kecil. Sementara untuk makanan yang tidak dapat dicerna misalnya bulu dan tulang akan dimuntahkannya lagi dari mulutnya. Inilah yang perlu kalian bersihkan secara rutin kandang mereka setiap hari.

Baca Juga :   Cara Mengobati Burung dengan Bunga Kitolod

7. Rutin mmebersihkan perlengkapan

Jadi burung hantu ini tidak akan terkena penyakit yang disebabkan sisa sisa makanan yang telah membusuk dan bercampur dengan kotoran burung hantu. Buat membersihkan kandang, maka kalian hanya butuh menggunakan air. Jangan lupa pula selalu mencuci tempat minum serta mengganti air minumnya yang baru.

8. Memandikan burung hantu

Supaya burung hantu celepuk ini tak mudah stress. Salah satunya yakni dengan memandikan burung hantu. Cara memandikannya ini adalah dengan cara disemprotkan air di burung. Kalian tak harus memandikannya setiap hari, cukup 1 minggu sekali saja.

9. Menjinakkan burung hantu

Trik khusus bila ingin menjinakkan burung hantu ini yakni dengan membiarkan burung melihat kalian tertidur. Dengan begitu maka burung hant ini akan menjadi percaya bahwasannya kalian tak akan menyakitinya.

10. Memperhatikan asupan gizinya

Sebetulnya ada cara lain yang bisa kalian lakukan untuk menjinakkan burung hantu. Yakni dengan melatihnya menggunakan jangkrik dengan tangan. Ketika kalian akan memberikan makan, maka jangan lupa untuk menatap matanya burung. Kalian dapat memberikannya dengan mengajak burung ini mengobrol hingga merasa tak takut dengan kalian.

11. Memberinya nama

Kemudian dengan kalian memberi nama burung ini. Dengan kalian memberikan nama maka dapat berkomunikasi lebih akrab dengan mereka. Kalian bisa memilih nama yang bagus untuk sebutan mereka. Kalian pun bisa melatih burung hantu untuk dekat dengan kalian saat dipanggil.

12. Melatih dengan siulan

Burung hantu ini memang berbeda dengan buung lain. Kalian pun bisa dapat melatihnya menggunakan siulan serta memancingnya memakai jangkrik. Selain dengan cara yang diatas tadi kalian dapat membuat rumah burung hantu celepuk dengan nyaman. Jadi burung hantu ini akan merasa nyaman dan juga aman untuk dipelihara.

Baca Juga :   Cara Budidaya Rumput Azolla

Nah, jadi kalian dapat pula mencoba cara lain yakni dengan menaruh burung hantu ini ditempat ketinggian. Lalu kalian bisa meletakkan jangkrik yang ada ditangan kalian. Lalu biarkan burung hantu ini melompat ditangan kalian untuk mengambil jangkrik. Kemudian akan terus diulang-ulang sampai burung ini bisa percaya pada kalian. Jadi burung hantu ini dapat menjadi jinak.

Pengetahuan diatas tadi lumayan penting untuk kalian pakai sebagai pemula yang sudah menjadi penggiat. Jadi peminat yang sudah biasa memelihara burung hantu. Semoga dengan adanya Cara merawat burung hantu celepuk bisa menambah ilmu pengetahuannya dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga:

Ikan Hias Yang Mudah Beranak Dan Menguntungkan

Teknik Budidaya Kerang Darah