Manfaat Madu Untuk Burung Jalak Suren

Posted on

Manfaat Madu Untuk Burung Jalak Suren

Manfaat madu untuk burung jalak suren – jalak suren ialah jenis burung jalak yang suka dipelihara masyarakat. Jalak suren sebenarnya adalah burung yang hidup secara mengelompok dan bisa ditemui di daerah pedesaan atau lingkungan perkotaan pada wilayah asia tenggara dan sebagiannya ada di india.
Di dalam proses perawatannya, makanan maupun pakan burung jadi hal yang perlu diberikan untuk manfaat khusus. Di dalam tulisan ini, penulis akan menyampaikan tentang Manfaat madu untuk burung jalak suren.

1. Menjaga stamina burung

Madu mempunyai kandungan 3 jenis gula yakni glukosa, fruktosa dan sukrosa. Ketiga jenis madu itu dibutuhkan sekali oleh tubuh buurng untuk membantu pembentukan energi serta stamina fruktosa yang mudah diserap sekali. Dengan adanya 3 kandungan madu itu, pastinya bisa membantu burung kicauan misalnya burung jalak suren itu mempunyai stamina bagu dan berfungsi guna memperoleh kicauan gacor.

2. Menjaga daya tahan tubuh burung

Selain stamina yang sudah terjaga, manfaat madu bagi burung jalak suren lainnya ialah bisa membantu menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh burung jalak suren itu. Kandungan nutrisi di dalam madu dapat menjaga kesehatan burung serta sebagai cara yang tak mudah terjadi diberbagai jenis bentuk masalah kesehatan. Kandungan antioksidan dalam madu pun bisa membantu peran peningkatan daya tahan tubuh itu.

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air dan Mudah Perawatannya

3. Mengatasi sejumlah gejala penyakit

Madu bisa membantu mengatasi dalam masalah kesehatan yang dialami pada tenggorokan dan di saluran pernapasan. Ada beberapa cara untuk mengatasi madu itu saat diberikan untuk burung antara lain misalnya sesakk nafas, suara burung serak, radang akibat alergi, suara burung serak dll. Efek pengatasan permasalahan ini bisa didapatkan dari kandungan nutirisi tinggi di madu yang bersifat dapat menghangatkan tubuh burung jalak itu.

4. Membantu burung di dalam proses reproduksi

Kandungan madu yang lumayan baik untuk kesehatan bisa membantu burung jalak suren di dalam proses reproduksinya. Manfaat madu ini bagi burung jalak suren berhubungan dengan reproduksi ialah mampu meningkatkan produksi telur dan memastikan supaya kualitas telur yang dihasilkan lumayan baik. Madu pun bisa membantu proses pertumbuhan serta perkembangan untuk anakan burung supaya selalu dapat tumbuh secara baik sampai besar madu bisa membantu menurunkan risiko kematian anakan burung.

5. Mencegah serta mengatasi penyakit kulit

Manfaat lain madu ialah membantu mencegah serta mengatasi di tulang buurng dan kulit. Adanya permasalahan penyakit di tulang serta kulit buurng ini pasti akan berdmpak pada kualitas secara menyeluruh dari burung dan bisa memicu dampak kesehatan burung. Selain manfaat yang disebut diatas ini madu pun mempunyai jenis manfaat lain misalnya menjadi sumber energi mudah dicerna, mencegah adanya pertumbuhan epithel, mengatur suhu tubuh, membantu penyembuhan luka dan membantu emebntukan jaringan epithel.

6. Membuat penampilan burung bisa lebih maksimal di lomba

Ada sebagian dari jenis burung yang telah direkomondasaikan untuk mengonsumsi madu, salah satunya ialah jalak suren. Pasalnya madu bisa menjaga kondisi serta mendongkrak stamina burung yang akan dilombakan kalian dapat menambahkannya di cepuk kecil madu dalam sangkarnya dalam kurun waktu setiap hari.

Baca Juga :   Syarat Wadah Untuk Pembenihan Ikan Belut Yang Benar

7. Membantu pembentukan jaringan epitel

Manfaat madu ini juga masih banyak salah satunya bisa membentuk serta memelihara sel jaringan epitel burung serta melancarkan metabolisme serta membentuk jaringan pengikat.
Madu pun mempunyai kandungan asam amino yang berfungsi meningkatkan proses pembentukan darah jadi burung dapat terhindar terhadap anemia. Jika burung kena anemia maka tubuhnya akan menjadi lemas dan tak lincah lagi.

Cara pemberian madu ke burung

Berikut ini ada sejumlah cara pemberian madu kepada burung, salah satu diantaranya :

  1. Madu diberikan dengan langsung untuk burung
    Kalian bisa memberikan madu langsung untuk burung lewat wadah maupun cepuk yang kecil.
  2. Madu dicampurkan bersama minuman burung
    Bila burung tidak suka dengan konsumsi madu langsung, maka kalian bisa memberikannya madu menggunakan cara pencampuran di minumannya.
  3. Milet direndam di air madu
    Siapkan air untuk merendam milet. Akan tetapi, sebelumnya perlu ditetesi madu yang lumayan banyak. Sesudah itu kalian bisa merendam milet di dlam air madu dengan kurun waktu banyak. Sesudah selesai, milet kalian keringkan dan berikan untuk burung.
  4. Jangkrik maupun ulat dicelupkan di madu
    Jika kalian ingin memberikan madu di burung kicau misalnya murai batu, jalak, kacer, cucak ijo, serta cendet maka caranya hanya dengan menyelupkan jangkrik maupun ulat di dalam madu.
  5. Madu disuntikkan di tubuh jangkrik
    Untuk burung yang tak suka dengan konsumsi madu langsung bisa dengan cara menyuntikkannya di dalam tubuh jangkrik.
  6. Madu dicampur pakan racikan
    Racikan pakan burung ini bervariasi sekali, mulai makanan tradisional sampai ramuan pakan yang jadi. Supaya makanan ini lebih berkhasiat maka bisa ditambahkan pada pakan tersebut dengan madu.
  7. Madu dioleskan di buah
    Bila burung kalian suka dengan makan buah, maka kalian bisa mengolesi dengan madu pada buah itu. Jadi buah yang mulanya tak mengandung gula bisa mempunyai khasiat sama yakni mengonsumsi madu.
Baca Juga :   10 Cara Menghilangkan Karang Gigi "Paling Efektif"

Demikianlah beberapa Manfaat madu untuk burung jalak suren. Manfaat tersebut salah satunya bisa mendongkrak stamina pada burung sehingga bisa maksimal. Sebelum diberikan untuk burung, kalian harus mencoba merasakan dulu madunya. Sebab ada madu yang asli dan bukan yang terjual bebas di masyarakat. Smeoga bermanfaat.

Baca juga:

Jenis Bunga Yang Cocok Untuk Pot Gantung

Cara Menanam Bibit Tanaman Anggrek