Kegunaan Pupuk AB Mix Untuk Tanaman

Posted on

Kegunaan Pupuk AB Mix Untuk Tanaman

Kegunaan pupuk AB Mix untuk tanaman – sama halnya dengan manusia, tanaman pun memerlukan nutrisi untuk berkembang dan hidup. Nutrisi tanaman terkadang diperoleh dari dalam tanah dengan langsung. Akan tetapi, bila tanah kurang nutrisi maka wajib memenuhi nutrisi yang diperlukan. Baik memakai pupuk organic ataupun pupuk anorganik. Berikut ini akan kami sampaikan mengenai Kegunaan pupuk AB Mix untuk tanaman.

Salah satu jenis pupuk yang ada kandungan nutrisi lengkap, baik mikro dan makro adalah AB mix. Pupuk tersebut sering digunakan untuk tanaman sayur yang dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik. Akan tetapi, bisa dipakai menggunakan sistem tanah, yakni menjadi pemupukan menggunakan sistem kocor.

Selain sayur, pupuk AB Mix pun bagus sekali dipakai dalam membudidayakan bunga misalnya matahari, melati, anggrek, mawar dll. selain bunga, bisa pula dipakai untuk memaksimalkan pertumbuhan dari tanaman hias yang ditanam menggunakan sistem hidpoponik misalnya aglaonema, puring, euphorbia, adenium, anthurium dan masih banyak lainnya.

Kandungan Dan Manfaat AB Mix

Berikut ini manfaat dari unsur hara makro untuk tanaman, misalnya :

1. Untuk nitrogen

Tanaman membutuhkan AB Mix dalam proses pertumbuhan vegetative tanaman, mislanya seperti batang, akar dan daun.

2. Phosphor

Tanaman membutuhkan AB Mix dalam sebuah proses pembentukan benih, akar, bunga dan buah.

3. Kalium

Diperlukan tanaman dalam sistem fisiologi tanaman, misalnya pada pemenuhan air serta karbohidrat di semua bagian tumbuhan.

Baca Juga :   Cara Membuat Pupuk AB Mix Sendiri Yang Ramah Lingkungan dan Aman

4. Magnesium

Diperlukan tanaman saat melakukan fotosintesis.

5. Kalsium

Diperlukan tanaman dalam menjaga kekuatan dinding sel serta pertumbuhan akar.

6. Sulfur

Penting sekali untuk tanaman dalam membuat protein.

Selain dari unsur hara mikro, ada kandungan unsur hara mikro dari AB Mix yang diperlukan tanaman. Diantaranya kegunaan itu :

  1. Boron, dipakai dalam sebuah perkembangan sel tanaman.
  2. Tembaga, perannya saat fotosintesis serta reproduksi tanaman.
  3. Zine, perannya saat fotosintesis serta mengaktifkan enzim tanaman.
  4. Besi, perannya dalam pembuatan protein serta dalam sebuah proses fotosintesis.
  5. Unsur Mo, diperlukan oleh tanaman sebagai proses fiksasi nitrogen.
  6. Klor, diperlukan saat proses fotosintesis.

Dosis Dan Pembuatan AB Mix Toko

Sama halnya dengan pupuk lain, dalam pemakaiannya harus mengikuti panduan secara tepat. Berikut ini dosis serta cara pembuatannya pupuk AB Miz dari toko :

• Saat tanaman di masa semai dosisnya 3 ml AB Mix B dan 3 ml AB Mix A untuk digunakan 1 liter air.
• Bila dipakai dalam proses perkembangbiakan generative dipakai 5 ml AB Mix B dan 5 ml AB Mix A untuk 1 liter air.
Dalam sebuah proses pelarutan hindarkan memakai air PDAM, sebab terdapat kaporit dalam airnya. Silahkan menggunakan pupuk AB Mix 2 kali dalam 1 hari yakni pagi dan sore.

Pembuatan Pupuk AB Mix Sendiri

Selain dapat diperoleh di toko, kalian pun dapat meramunya sendiri di rumah. Untuk membuat larutan obat jenis AB Mix dapat memakai 3 jenis pupuk. Berikut ini jenis dan juga takaran dari pupuk yang diperlukan dengan memakai 10 liter air nya.

1. Pupuk NPK 16 : 16 : 16 kurang lebih 1 sendok makan
2. Pupuk KCL sebanyak kurang lebih 1 sendok makan
3. Gandasil setengan sendok makan

Baca Juga :   Panduan Budidaya Tomat Dalam Polybag Secara Baik Dan Benar

Silahkan kalian melarutkan ke-3 jenis pupuk dengan memakai wadah sendiri. Bila kalian sudah menyiapkan berikutnya silahkan kalian campur larutan itu jadi jumlahnya keseluruhan adalah 10 liter. Silahkan untuk mengaduk rata hingga seluruhnya tercampur.

Dalam sistem hidroponik tanah sudah tidak dominan memakai media tumbuh dan untuk gantinya diperlukan media lain misalnya arang sekam, media tanam hidroponik dan cocopeat. Jadi, kita perlu mengenal secara tepat dari masing masing unsur hara.

Hidroponik membutuhkan nutrisi khusus untuk sumber unsur hara dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang ditanam memakai cara hidroponik yang mana tanah tidak digunakan untuk media tanam. Pupuk ataupun nutrisi hidroponik tersebut termasuk pupuk hidroponik lengkap dengan kandungan seluruh unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik. Pupuk ini memang diformulasikan menggunakan cara khusus sesuai pada tipe fase pertumbuhan tanaman.

Komposisinya menggunakan sejumlah garam mineral yang terlarut di dalam air menggunakan cara sempurna sehingga tak mengakibatkan drip pengairan tetes menyumbat. Dikemas dengan sebuah kantong plastic sehingga mudah saat transportasi. Satu setnya nutrisi hidroponik ini terdiri atas dua tahap yakni bagian A guna membuat larutan stok B dan A untuk larutan stok B.

Kalian tidak usah repot repot dalam menghitung pupuk, ada pupuk siap pakai bernama AB Mix. Nutrisi yang terdapat dalam pupuk ini mengandung seluruh kandungan unsur baik mikro dan makro yang dibutuhkan sekali tanaman hidroponik. Pupuk ini memang diformulasikan dengan khusus sesuai jenis tanaman serta fase pertumbuhan tanaman. Nutrinya memang khusus untuk beragam jenis tanaman mislanya khusus untuk daun, khusus cabe, nutrisi khusus tomat, dan khusus melon, dll.

Itulah pembahasan tentang Kegunaan pupuk AB Mix untuk tanaman. Sistem hidroponik memang bagus untuk dipakai AB mix, sehingga tanaman bisa tumbuh subur dan perkembangbiakannya bisa maksimal. Media tanaman ini unsur haranya lumayan baik dan nutrisinya yang didapatkan dari AB Mix banyak. Seperti yang sudah dicontohkan pupuk ini khusus untuk tanaman cabe, melon, dll. semoga penjelasan diatas bisa menambah ilmu pengetahuannya dan bisa dijadikan sebagai panduan dirumah.

Baca Juga :   15 Cara Melatih Ayam Agar Tidak Main Bawah

Baca juga:

Cara Membuat Pupuk AB Mix Sendiri Yang Ramah Lingkungan dan Aman

Cara Merawat Bunga Mawar 1 Tangkai Supaya Tetap Hidup