Ciri – Ciri Burung Nuri yang Mudah dan Perlu Untuk Diketahui

Posted on

Ciri – Ciri Burung Nuri yang Mudah dan Perlu Untuk Diketahui

Ciri – Ciri Burung Nuri yang Mudah dan Perlu Untuk Diketahui – Burung nuri atau dikenal juga sebagai burung bayan merupakan salah satu spesies dari sekian banyak jenis burung yang ada di dunia. Burung ini adalah jenis burung yang banyak dijumpai dan sering kali dipelihara.

Burung nuri juga merupakan salah satu jenis burung yang terkenal akan keunikannya. Hal ini yang menjadi alasan mengapa banyak sekali orang yang ingin memiliki unggas yang satu tersebut. Di Indonesia sendiri misalnya, terdapat beberapa jenis dari burung nuri yang cukup terkenal dan hidup di alam bebas, di mana ada beberapa juga yang sudah masuk ke dalam kategori terancam punah.

1. NURI KEPALA HITAM

Jenis burung nuri yang pertama yaitu burung nuri kepala hitam. Burung nuri yang satu ini mempunyai ciri khas pada bagian kepalanya yang berwarna hitam. Jika dilihat secara sekilas burung nuri kepala hitam ini sangat mirip dengan jenis burung nuri pelangi. Akan tetapi kedua jenis ini memiliki berbedaan yang sangat terlihat.

Baca Juga :   11 Tips Aman Membawa Anjing Bepergian

2. BURUNG NURI PELANGI

Jenis selanjutnya ada burung nuri pelangi yang sering kali disamakan dengan burung nuri kepala hitam. Perbedaan jelas dari burung nuri pelangi dengan nuri kepala hitam adalah burung nuri pelangi tidak mempunyai warna hitam pada warna bulunya. Burung nuri pelangi mempunyai warna merah, kuning, hijau, dan juga biru.

3. NURI HITAM

Jika burung nuri terkenal akan warna warni pada bulunya, pada nuri jenis ini jelas hanya ada warna hitam dengan sedikit warna kuning dan kemerahan pada bagian ekornya. Burung nuri hitam ini terlihat seram namun burung nuri hitam tetap mempunyai ciri khas yang sangat disukai.

4. NURI MERAH

Nah, burung nuri jenis yang satu ini sendiri sangatlah mencolok, terlebih lagi dengan waranya yang merah terang dan tidak terdapat corak lainnya. Warna merah inilah yang menjadi daya tarik utama dari nuri merah, namun sangat disayangkan burung nuri merah semakin sedikit jumlahnya di alam karena perburuan liar yang dilakukan.

5. NURI KATE

Untuk Burung nuri kate juga telah masuk ke dalam kategori hewan langka. Burung nuri ini sangat unik, di mana tubuhnya sangat kecil dengan warna bulu hijau dekil menjadi daya tarik utama. Burung ini sendiri daerah persebarannya ada di wilayah Papua.
Adapun wilayah di Indonesia yang paling banyak ditemukan spesies nuri yakni Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Maluku serta Papua. Namun bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja ciri-ciri burung nuri yakni sebagai berikut:

Ciri – Ciri Burung Nuri

1. Pada Burung Nuri Bayan Berbeda Untuk Jantan dan Betina

Untuk Nuri Bayan sendiri cukup mudah untuk membedakan antara jenis kelamin jantan dan kelamin betina. Pada Nuri jantan biasanya memiliki bulu dengan warna hijau dan memiliki warna kuning di bagian ujung paruhnya. Sedangkan nuri betina berwarna merah hati dan sedikit warna biru sementara paruh berwarna hitam. Baca juga terkait cara melatih burung beo yang agresif.

Baca Juga :   Cara Beternak Burung Parkit agar Cepat Bertelur

2. Ukuran Tubuh

Ciri– ciri nuri yang bisa diketahui kalian selanjutnya yaitu pada ukuran tubuhnya, dimana burung nuri secara umum memiliki tubuh yang kurang lebih sekitar 40 cm. Sementara itu untuk beratnya yakni sekitar 375 sampai dengan 550 gram. Akan tetapi ini belum menjadi ciri yang benar-benar seratus persen, karena setiap burung nuri tentu memiliki berat yang berbeda.

3. Perbedaan Corak untuk Jantan dan Betina

Bahwa ciri-ciri dari kedua jenis kelaminnya yakni:

• Jantan:Mempunyai warna dominan hijau dengan sedikit bercak warna merah pada bagian sayap.
• Betina:Mempunyai warna utama yakni merah tanpa adanya bercak ungu di bagian dada.
• Pada bagian ekornya mempunyai warna kuning

4. Paruh

Ciri lainnya bisa kalian lihat dari paruhnya, yakni berwarna kuning kemerah-merahan dengan ujung berwarna kuning gading serta putih.

5. Warna Tubuh

Untuk ciri tubuhnya, hampir di sekujur tubuh burung nuri didominasi warna merah dan diselingi warna hitam di bagian punggung dan bagian leher. Nah, sedangkan untuk betina, terletak pada bagian sayap, perut serta kaki berwarna hitam. Akan tetapi ciri ini tidak di peruntukkan pasti ke semua burung nuri.
Pasalnya seperti nuri bayan jantan yang mempunyai bulu hijau, bawah sayap dan sisi dada berwarna merah dan biru, serta kaki berwarna abu-abu kehitaman. Sementara untuk paruh atas berwarna jingga kemerahan dengan ujung kuning, paruh bagian bawah berwarna hitam.

6. Makanan

Ciri yang lainnya dapat kalian simak yakni bisa dilihat dari jenis makanannya. Burung nuri identik akan memakan beberapa aneka seperti buah-buahan, kacang, dan biji-bijian. Ketahui juga terkait cara ternak nuri tanau, cara penangkaran nuri kepala hitam, dan cara penangkaran nuri pelangi juga agar burung terpelihara dengan baik.

Baca Juga :   Teknik Budidaya Kerang Darah

7. Habitat

Sementara ciri yang lainnya dapat dilihat dari habitatnya yaitu burung nuri bersarang di dalam lubang pohon. Selain itu, sang betina biasanya akan menetaskan dua butir telur berwarna putih. Ketahui permasalahan terkait cara beternak nuri pelangi dengan mudah bagi pemula.

Jadi, 7 poin penting di atas merupakan ciri-ciri dari burung nuri yang harus kalianketahui. Kalian harus tahu juga bahwa memelihara burung nuri tidaklah tak berguna, akan tetapi sederet manfaat dalam memelihara burung nuri harus kalian simak berikut:
• Menghilangkan stres karena kicauannya
• Cuci mata karena burung nuri mempunyai corak cantik
• Mendapatkan uang jika dijadikan bisnis

Itulah pembahasan tentang Ciri – Ciri Burung Nuri yang Mudah dan Perlu Untuk Diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Melestarikan Burung Jalak Bali

Ciri-Ciri Ayam Mau Mengeram yang Perlu Diketahui