Efek Lele Kena Air Hujan dan Cara Mengatasinya

Posted on
Rate this post

Efek Lele Kena Air Hujan dan Cara Mengatasinya

Efek lele kena air hujan – usaha ternak bibit lele sekarang ini sudah semakin popular hari demi hari. Karena lele sebagai salah satu lauk yang sangat disukai beragam kalangan guna disajikan diatas meja makan mereka. Kalian yang berminat sedang ternak bibit lele wajib menjalani perawatan secara maksimal sesuai keadaan lain, karena ternak bibit lele ini terpengaruh dengan kondisi lingkungan sekitar. Nah, pada kesempatan kali ini akan kami bahas mengenai efek lele kena air hujan.

Musim hujan secara umum banyak mengalami kematian pada benih lele saat dijalankan penebaran awal bibit lele, hal tersebut terjadi sebab air hujan bisa meningkatkan kadar asam kolam tersebut.
Perawatan wajib yang dijalani dengan secara khusus di musim hujan dengan frekuensi serta tingkat curah hujan naik yang tajam dan juga beragam penyakit bisa secara mudah mempengaruhi kesehatan bibit lele, bila tak memahami khsususnya untuk kalian baru akan mau terjun ke ternak lele bisa beresiko kegagalan dalam upaya pembesaran bibit lele.

Baca Juga :   Tahap Bahan Yang Digunakan Untuk Pengisi Kolam Kultur Nutrisi

Saat musim hujan kalian wajib memberikan tempat yang paling baik guna tempat budidaya lele, keadaan kolam musim hujan berperan sekali guna mempertahankan usaha lele kalian.

Cara Mengatasi Efek Lele Kena Air Hujan

1. Pilih kolam yang jauh terhadap banjir

Kemungkinan kalian tidka bisa memperkirakan dengan pasti bahwa banjir akan datang kapan saja dan di area mana saja. nah, sebelum kalian ternak lele wajib bagi kalian untuk tahu lokasi kolam yang paling baik, yakni yang rendah risikonya pada banjir menjadi antisipasi di waktu musim hujan tiba. Kalian dapat memperkirakan pada kebiasaan saat musim hujan tahun sebelumnya dan dari tersedianya tempat peresapan air di lingkungan sekelilingnya.

Selain lokasinya jauh pada banjir, pilihlah kolamnya yang terletak di lingkungan terbuka khususnya di area yang hijau karena keadaan kolam yang paling berpengaruh pada kesehatan bibit lele kalian, lingkungan hijau ini menandakan terdapat peresaan air yang bagus, jadi mencegeah bajir di kolam bibit lele kalian.

2. Lindungi kolam dari lubang

Pada musim hujan ini sangat rentan mengalami peningkatan jumlah air pada kolam akibat dari curah air yang meningkat, lubang sekecil apa saja mungkin bisa membesar sebab tekanan air. Maka pastikan kola kalian yang akan dibuat bibit lele ini aman dan tak berlubang. Bila sampai terdapat yang berlubang maka risikonya seluruh bibit lele kalian akan hilang dan terbawa oleh arus lubang itu.

3. Kedalaman air kolam pad amusim hujan maksimal 2 kaki

Secara umum kolam bibit lele mempunyai kedalaman 4 kaki, pada musim hujan kurang yakni mempunyai kedalaman maksimal 4 kaki supaya saat mengalami hujan air kola mini tidak akan meluap dan air yang meluap ini bisa berisiko menghanyutkan bibit lele kalian.

Baca Juga :   Teknik Sederhana Budidaya Ikan Dalam Parit Agar Bermutu Tinggi

4. Berilah vitamin C

Vitamin C yang baik untuk bibit lele kalian pad amusim hujan, karena ia dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada bibit lele.

5. Berilah pupuk di kolam

Pupuk pun sangat penting guna kolam bibity lele kalian, supaya tanah bsia menjadi subur serta tidka mudah diserang parasite dan bahkan di musim hujan ini yang mana kumat akan mudah sekali untuk berkembang. Keadaan kolam yang sehat pun akan mencegah bibit lele kalian terhadap beragam penyakit.

6. Berilah pagar serta jarring

Dibutuhkan untuk bibit lele terlindung terhadap hewan mislanya ular dan katak yang diwaktu musim hujan tiba. Katak dan juga ular kerap kali berburu pada musim hujan guna mencari makanan, jarring dan pagar ini tidka dapat di tembus atau dimasuki oleh tubuh katak maupun ular jadi bibit lele akan terhindar terhadap serangan hewan predator.

7. Berilah obat yang anti jamur pada kolam

Pada musim hujan, obat anti jamur ini bisa kalian berikan pad akolam lele kalian setiap 1 bulan sekali, hal ini sangat penting karena pada musim hujan sangat mudah akan memicu jamur sebab keadaan udara yang lebih lembab. Jamur ini bisa menyebabkan kesehatan pada air kolam menurun yang berisiko dan juga berpengearuh terhadap kesehatan bibit lele kalian.

8. Jagalah kebersihan air

Pada musim hujan air ini akan mudah kotor sebab kadar asam meningkat, curah hujan tinggi dan air yang sifatnya lebih asam, maka gantilah air kurang lebih 15 hari sekali.

9. Memakai obat genex

Obat ganex ialah obat guna mengeluarkan gas amoiakatau. Gas nitrogen ini gas yang asalny adari kotoran bibit leleyang dengan bereaksi keadan udara dan keadaan air di kolam. Pada musim hujan ini maka tingkat kelembaban udara pun akan meningkat jadi gas amolak mudah menggumpal.

Baca Juga :   10 Cara Mudah Budidaya Ikan Aquaponik Bagi Pemula

10. Pakailan penutup kolam

Maksudnya ini suapaya kolam tidak bisa terkena air hujan dengan terlalu banyak, dan kalian bisa memakaoi saat hujan deras maupun dalam keadan khusus.

11. Kurangilah porsi makanan

Pada musim hujan ini darah lele akan menjadi lebih asam jadi bibit lele ini akan kurang aktif dan nafsu makan jadi turun karena itu kurangilah porsi makanan mengguankan takaran makan tepat supaya tidak terdapat sisa makanan yang akan mengotori kolam jadi air kola mini tidak akan tercemar.

12. Tambah garam dalam kolam

Hal ini tujuannya supaya membunuh parasite dan kuman jadi kolam bibit lele kalian dalam keadaan sehat dan bibit lele akan dapat berkembang baik.

Demikian tadi bahasan tentang Efek lele kena air hujan. Budidaya ternak bibit lele adalah salah satu ide usaha tepat untuk menambah penghasilan kalian di samping pekerjaan utama kalian saat ini. semoga bermanfaat.

Baca juga: