Burung Parkit Australia : Habitat, Ciri-Ciri, Jenis dan Cara Merawatnya Lengkap

Posted on
Burung Parkit Australia : Habitat, Ciri-Ciri, Jenis dan Cara Merawatnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Habitat, Ciri-Ciri dan Jenis Burung Parkit Australia

Habitat, Ciri-Ciri, dan Jenis Burung Parkit Australia – Burung parkit Australia merupakan salah satu jenis burung yang termasuk ke dalam jenis burung lovebird atau sama seperti jenis burung nuri yang bukan asli dari Negara Indonesia. Burung jenis ini berasal dari Negara Belanda, Australia, dan Amerika. Burung parkit Australia yang bernama latin Nymphicus Hollandicus merupakan hewan atau burung endemic asli Australia yang memiliki keindahan pada bulunya. Burung jenis ini memiliki kombinasi warna yang cantik dengan perpaduan warna kuning, biru, dan juga abu-abu. Berikut ini penjelasan menganai Habitat, Ciri-Ciri, dan Jenis Burung Parkit Australia.

Burung Parkit Australia

Habitat Burung Parkit Australia

Makanan dari burung parkit Australia yakni biji-bijian, buah-buahan dan juga sayuran. Menurut beberapa pendapat burung jenis ini sulit dibedakan jenis kelamin jantan dan betinanya karena memiliki sifat monogamy. Burung pemakan biji-bijian ini dapat ditemukan di daerah yang gersang ataupun semi gersang yang mana disekitarnya tersedia sumber air, seperti misalnya danau, sungai dan lain sebagainya. Beberapa dari burung jenis ini Nomaden, yang artinya mereka akan berpindah dengan tujuan untuk mencari tempat yang tersedia air dan makanan. Mereka berpindah dengan kelompok kecil, berpasang-pasangan, atau dalam jumlah yang besar dan berbondong-bondong menuju tempat yang ada sumber airnya.

Baca Juga :   7 Panduan Sukses Budidaya Burung Belibis Untuk Pemula

Ciri-ciri Burung Parkit Autralia

Secara umum burung parkit Australia memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Memiliki postur tubuh dengan bulu berwanra putih kekuningan
  2. Dibagian atas kepalanya memiliki bulu yang lebih panjang seperti rambut yang biasa disebut dengan jambul
  3. Memiliki bentuk paruh bengkok
  4. Pada bagian pipi sebelah kanan dan kiri tepatnya di bawah samping matanya terdapat bulu warna orange berbentuk bulat
  5. Pada daerah dada dan leher burung parkit Australia terdapat warna abu-abu
  6. Bulu pada bagian sayap berwarna putih kekuningan dengan berkombinasi warna abu-abu.

Dulunya burung yang memiliki jambul ini dianggap sebagai burung dari anggota burung nuri ataupun kakak tua mini. Namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut oleh para ilmuwan, akhirnya burung ini diklasifikasikan sebagai satu-satunya burung paling kecil dari keluarga Cacatuidae (keluarga kakak tua).
Belakangan ini burung parkit Australia banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena memiliki warna bulu yang indah dan mempunyai jambul dikepala seperti burung kakak tua. Alasan lainnya karena burung tersebut memiliki kepintaran atau tingkat kecerdasan yang tinggi dan mudah dijinakkan seperti halnya burung kakak tua.

Jenis-jenis Burung Parkit Australia

Jika dilihat sekilas burung parkit Australia memang memiliki tampilan dan warna bulu yang sama, akan tetapi sebenarnya burung ini memiliki jenis yang berbeda. Berikut ini jenis-jenis dari burung parkit Australia yang dapat ditemui; Pied, Whiteface pied, Cinnamon pied, Pearl pied, Pearl pied cinnamon, Pearl, Cinnamon pearl, Whiteface cinnamon pearl, Yellowcheek pearl pead, Cinnamon, Lutino, Lutino pied cinnamon, Lutino pearl pead, Lutino pearl, Whiteface lutino, Whiteface, Whiteface pearl pead.

Burung parkit ini dapat dibudidayakan dengan cukup mudah dan sederhana. Hanya dengan menyediakan kandang jodohan ataupun kandang koloni seperti halnya budidaya burung lovebird pada umumnya.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Ikan Gurami Terserang Hama dan Penyakit

Cara Merawat Burung Parkit

Setelah mengetahui Habitat, Ciri-Ciri, dan Jenis Burung Parkit Australia apabila anda tertarik untuk membudidayakan atau sekedar memelihara burung parkit Australia berikut ini cara perawatan yang perlu anda lakukan.

1. Melakukan pembersihan sangkar

Hal yang pertama yaitu diharapkan selalu rutin untuk membersihkan sangkar dari kotorannya, tempat minum dan tempat makannya. Hal ini perlu dilakukan untuk selalu menjaga agar burung tetapi sehat.

2. Melakukan pemberian makanan yang cukup

Berikan asupan makanan dan minuman yang cukup dan tidak kurang atau berlebihan.

3. Melakukan aktivitas pemandian

Memandikan burung bertujuan untuk memberikan kesegaran tubuh yang dapat dilakukan setiap 2 hari sekali. Namun sebelum memandikan burung lebih baik melihat cuaca terlebih dahulu, apabila dalam keadaan mendungs ebaiknya tidak memandikannya.

4. Melakukan langkah penjemuran di pagi hari

Jika telah dilakukan pemandian, maka selanjutnya anda dapat melakukan penjemuran dengan meletakkannya ditempat yang sedikit terkena sinar matahari dan angina sepoy.

5. Melakukan premaster

Perawatan selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan melatih atau melakukan pemasteran agar burung parkit Australia dapat berkualitas dalam mengeluarkan bunyi yang bervariasi. Pemasteran dapat dilakukan pada waktu sore hari.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Parkit Australia

Selain mengetahui perawatan setelah memelihara burung jenis ini, pastinya anda juga penasaran bagaimana membedakan jenis kelaminnya. Mengingat burung paruh bengkok merupakan jenis burung yang monogamy. Untuk itu berikut ini cara untuk membedakan jenis kelamin dari burung parkit Australia.

  1. Pertama burung jantan akan lebih aktif dalam bersiul, sedangkan betina hanya akan mendesis.
  2. Dalam segi warna, burung jantan memiliki warna yang lebih menonjol, entah lebih gelap ataupun lebih terang dari pada betina.
  3. Dapat juga dengan meletakkan cermin di dalam sangkat, biasanya burung jantan akan lebih narsis dan bermain dengan cermin tersebut, sedangkan betina akan menghindarinya.
  4. Biasanya dapat juga dilihat selangkangan ekornya, apabila burung betina maka memiliki bercak diekornya, sedangkan jantan tidak.
  5. Dan yang terakhir, biasanya burung yang jantan akan lebih aktif dalam merayu burung betina dengan cara mendekat atau berkicau di dekat burung betina.
Baca Juga :   10 Cara Mudah Ternak Kroto dalam Toples dengan Mudah

Demikian uraian mengenai Habitat, Ciri-Ciri, dan Jenis Burung Parkit Australia yang saat ini banyak dibudidayakan dan dijadikan sebagai piaraan oleh masyarakat Indonesia. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat dan menambah informasi bagi kita semua.

Baca juga: