5 Cara Mudah Menanam Rumput Taman dan Jenis Jenisnya Lengkap

Posted on
5 Cara Mudah Menanam Rumput Taman dan Jenis Jenisnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Menanam Rumput Untuk Taman dan Jenis Jenisnya

Rumput taman – apa kalian sedang terobsesi dengan rumah yang mempunyai taman indah nan segar? Pastinya yang suka dengan keindahan akan selalu berusaha untuk membuat rumah menjadi lebih cantik dan sempurna. Namun masih banyak yang masih belum tau caranya untuk membuat rumah menjadi indah. Nah, kali ini penulis akan berbagi tips mudah menanam rumput taman agar rumah menjadi lebih indah.

5 Cara Mudah Menanam Rumput Taman dan Jenis Jenisnya Lengkap

Tips Menanam Rumput Taman

Selain dapat membuat taman kalian menjadi lebih menarik maka menanam rumput taman pula membantu proses drainase air pada halaman rumah kalian ya sobat. Untuk itu maka kalian harus tahu bagaimana tips menanam rumput taman dengan benar supaya terlihat semakin indah dipandang mata serta tetangga.

  1. Tentukan jenis rumput taman yang sesuai dengan keadaan cuaca serta konsep taman yang kalian inginkan.
    Terdapat beragam jenis rumput alami yang dapat kalian pakai menjadi rumput taman, misalnya seperti rumput gajah, rumput peking dan rumput jepang. Setiap rumut taman mempunyai ketahanan yang berbeda-beda pada sinar matahari serta curah hujan. Untuk tumbuh, maka rumput jepang membutuhkan cahaya matahari dengan lebih banyak dibandingkan rumput gajah. Terdapat pula rumput swiss yang tak tahan dengan curah hujan tinggi serta pijakan orang.
    Selain tersebut, di setiap jenis rumput taman mempunyai ciri khas tekstur serta panjang yang berbeda-beda. Hal ini snagat berpengaruh pada hasil akhir dari tampilan tamanmu nantinya. Oleh sebab itu, ada baiknya bila kalian tahu tentang jenis – jenis rumput taman lebih dulu.
  2. Persiapkan tanah caranya dengan menggemburkan di lahan yang nantinya akan ditanami rumput taman.
    Hal ini adalah tahapan paling penting dalam menanam rumput taman. Pada tahap yang ini paling menentukan kualitas tanah yang dipakai. Tanah yang sudah siap untuk ditanamai rumpu taman perlu dalam keadaan yang lembab jadi akan tetap kaya material organik dan juga zat hara.
    Cara menggemburkannya ini ialah dengan mencangkul 5-10 cm di bagian atas tanah, kemudian tanah dicampurkan dengan pupuk kandang maupun kompos. Pemakaian pupuk alami ini lebih disarankan sebab pupuk alami akan lebih mudah menyerap zat hara. Sesudah tercampur dengan merata, lalu ratakan di bagian atas tanah dengan tercampur pupuk itu. Kalian pun dapat menamabhakan gipsum supaya tanah menjadi semakin mudah menyerap air.
  3. Basahi dan petakkan tanah lebih dulu sebelum kalian menyemai bibit rumput taman
    Sebelum kalian mulai menyebarkan bibir rumput taman ini basahi tanah menggunakan sedikit air kemudian bagilah dalam beberapa petak. Dalam menyemai bibitnya ini kalian dapat menanamnya membentuk pola yang selang seling maupun zig zag. Sesudah bibit rumput taman disebarkan, kemudian gambur diatasnya. Lapisan gambur tersebut berfungsi menjaga kelembaban pada tanah di perkecambahan.
  4. Siram rumput taman yang telah mulai tumbuh dua hingga tiga kali dalam sehari
    Saat ini, benih dari rumput taman sudah dapat kalian siram. Untuk memperoleh hasil yang maksimal maka dalam delapan sampai 10 hari pertama dapat menyiramnya selama dua sampai tiga kali dalam sehari, dengan jangka waktu 5-10 menit. Jaga keadaan tanah agar tetap lembab. Kalau saja kalian menanam rumput taman ketika curah hujan sedang tinggi, maka kalian dapat mengurangi penyebaran bibitnya.
  5. Mulai jalani perawatan ketika rumput taman mulai tumbuh lebat
    Sebab jenis rumput taman mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga untuk perawatannya juga kalian memerlukan perilaku yang berbeda – beda. Sejumlah jenis rumput paling cepat sekali tumbuh, misalnya seperti rumput jepang perlu dipangkas minimal sebulan sekali.
Baca Juga :   8 Cara "Paling Mudah" Menanam Kacang Hijau dengan Benar

Selain kalian memangkas, harus dicabuti pula gulmanya. Rumput peking ialah salah satu jenis rumput taman yang sangat banyak sekali ditumbuhi gulma, teksturnya ini yang halus pun mengakibatkan rumput tersebut membutuhkan perawatan yang intensif. Nah gimana sobat? Apakah repot? Oleh karena itu, seharusnya kalian gak memakai dua jenis rumput taman sekaligus sebab dapat menyulitkan kalian ketika merawatnya nanti. Untuk menghindarkan rumput taman terhadap kerusakan sebab sering di injak – injak maka buatlah pijakan maupun paving block di sekitar taman, maka tampilan dari taman pun akan terlihat semakin cantik.

Jenis Jenis Rumput Taman

Untuk memahami lebih anjut tentang jenis rumput taman yang pas bagi rumah kalian diantaranya berikut :

  1. Rumput gajah lokal
    Rumput gajah lokal teksturnya kurang bakus sebab daunnya besar dan kasar. Namun kelebihannya tahan dari pijakan kaki manusia.
  2. Rumput gajah mini
    Kalau rumput gajah mini teksturnya lebih bagus dibanding gajah lokal. Rumput ini juga lebih tahan lama pad apijakan kaki manusia.
  3. Rumput gajah mini variegata
    Berbeda gajah mini, jenis ini mempunyai campuran warna putih lumayan banyak di setiap helai daunnya. Kelebihannya tidak cepat panjang jadi merawatnya mudah serta tak harus dipotong setiap bulannya.
  4. Rumput jepang
    Jenis rumput ini terlihat rapi dan terkesan sehingga banyak orang yang menyukai jenis rumput ini.
  5. Rumput swiss
    Rumput jenis ini sangat mahal, jadi memeliharanya butuh lumayan ekstra. Dengan harga yang mahal ini maka taman kalian akan terlihat semakin menawan.

Nah, itulah sobatt Tips mudah menanam rumput taman. Bagaimana sobat? Apakah ini sulit untuk dijalani? Kalian harus memerhatikan langkah langkah ini sebab kalai kalian tidak berhati hati ketika menanamnya maka rumput taman dapat tumbuh tidak teratur serta acak-acakan. Semoga dengan adanya tulisan ini kalian bisa semakin tahu. Terima kasih.

Baca Juga :   Tahapan Teknis Menanam Kemiri (Aleurites moluccana Willd)

Baca juga: