Inilah Cara Menanam Daun Pandan Termudah Bagi Pemula

Posted on
Rate this post

Inilah Cara Menanam Daun Pandan Termudah Bagi Pemula

Cara menanam daun pandan – rasanya sudah hampir seluruh orang mengetahui mengenai daun pandan. Khususnya bagi kaum hawa yang terkenal sebagai tambahan olahan makanan, fungsinya menjadikan makanan lebih harum. Nah, pernahkah kalian tau bagaimana cara menanam daun pandan ini? Jika belum maka yuk simak ulasan dibawah ini.

1. Persiapan media tanam

Tahap penanaman pandan ini lumayan berbeda dari tanaman yang lain. Langkah utama yang perlu dijalankan ialah menyiapkan media tanamnya. Berikut ini caranya :

  • Kalian perlu mengolah tanah caranya dengan mencangkul serta diberikan campuran kompos dan pupuk kandang supaya tanahnya gembur.
  • Lalu buatlah lubang tanam caranya dengan kedalaman 22-27 cm serta jarak antara tanaman kurang lebih 1 m di setiap lubang tanamnya.
  • Kalian perlu memberikan pupuk kandang kurang lebih 2 kg.
  • Media tanam yang sudah siap untuk diolah

2. Siapkan bibit tanaman

Sesudah itu, kalian pun akan segera menanam bibit. Bibit pandan bisa didapatkan dari tunas tunggal pandan lainnya yang sudah berakar gantung. Jika tak berakar gantung maka pandan tak akan dapat tumbuh secara baik. Bibit pandang seharusnya ditanam menuju arah tegak lurus. Kemudian timbun bibit pandan menggunakan tanah yang telah disiapkan tadi. Kalian pun perlu memadatkan tanah supaya tanaman tak mudah roboh sesudah selesai menanam.

Menanam pandan ini bisa dijalankan kapanpun. Namun, yang paling utama ialah tak layu selama masa pertumbuhannya dan tak kering. Untuk menanam pandan jenis bali maka kalian bisa melakukan pembibitan secara mudah. Kalian hanya butuh memperbanyak pemisahan tunas yang muncul dengan menggunakan pisau tajam.

Baca Juga :   Cara Mencangkok Tanaman Jambu Madu Agar Cepat Berbuah

3. Teknik pemupukan

Sesudah penanaman pandah sudah berlalu 3 bulan, maka sebaiknya kalian berikan pupuk buatan menggunakan dosis kurang lebih 50 gr urea ZA serta 20 gr KCI. Pemupukan ini dilakukan sesudah kalian menyiangi rumput liar dengan menghambat pertumbuhan tanaman pandan. Sesudah umurnya 1 tahun, maka kalian bisa memberikan pupuk kandang serta pupuk buatan menggunakan dosis sama banyaknya seperti sebelumnya. Sesudah itu, kalian tak usah memupuknya lagi.

4. Teknik perawatan

Tanaman pandan bisa diserang oleh penyakit maupun hama dari penggerak pucuk. Bila pukuk dari tanaman ini terdapat lubang kereknya maka berarti itu ada kotoran ulat. Segeralah kalian obati dengan cara menyuntikkan insektisida di pucuknya tersebut. Insektisida yang biasa dipakai ialah diazinon/ dimecron dengan jumlah 2 cc di setiap tanaman pandan yang terinfeksi. Pandan kadang terserang hama dari penggerak pucuk (ulam).

Meskipun pandan suka air, akan tetapi pada waktu musim hujan harus dikurangi penyiramannya. Bila terlalu banyak air, maka bisa mengakibatkan akar menjadi mudah busuk. Pemberian pupuk saat perawatan ini seharusnya 1 kali saja dalam 1 bulan.
5. Masa panen

Panen bisa dijalankan di tahun ketiga sesudah penanaman pandan pertama kali. Selanjutnya kalian perlu melakukan panen diantara 1,5 sampai 2 bulan. Panen tersebut dapat dijalankan selama 10 hingga 20 tahun. Jangan lupa juga melakukan peremajaan di tanaman yang tak menghasilkan, mati maupun layu. Proses penanaman pandan ini mudah sekali, akan tetapi kalian benar benar sabar menunggunya panen selama bertahun-tahun.
Seharusnya bila kalian ingin budidaya pandan, maka dierlukan pula budidaya tanaman lain supaya tak bosan dalam menunggu panennya ini.

Budidaya Daun Pandan Di Pot

Pada hakikatnya, tanaman pandan bisa di tanam di pot. Bila ditanam di pot, maka kalian bisa memanfaatkan tanaman tersebut guna penghias halaman maupun pekarangan rumah sebab hijaunya ini bisa menyejukkan dipandang.

Baca Juga :   Peluang Bisnis, Cara Budidaya Pohon Gaharu Bernilai Ekonomi "Hingga Panen"

Kemudian perlu menggunakan seperti apa? Kalian bisa menggunakan wadah apa saja bila tak ada pot. Kalian bisa menggunakan kales bekas, ember, panci bekas maupun lainnya yang bisa dimanfaatkan menjadi media tanam. Berikut adalah cara menanam daun pandan menggunakan pot.

  • Tanah yang dipakai di pot maupun media tanam ini sebaiknya dari hasil pencampuran sekam bakar, campuran kompos serta tanah yang perbandingannya itu 1:2:1. Lalu isilah sepertiganya dari pot menggunakan pecahan bata maupun genting kemudian masukkan tanah.
  • Kemudian anakan pandan bisa ditanam sert ditimbun lagi menggunakan tanah sampai penuh. Kemudian sirami tanah hingga basah semuanya. Kalian bisa memastikan dengan cara melihat air yang telah mengalir dari lubang yang terdapat dibagian bawah maupun samping pot.
  • Sesudah selesai proses dari penanaman, kemudian letakkan di pot tempat yang teduh tadi dengan tanpa terkena matahari langsug.
  • Sehingga itu tadi cara menanam daun pandan yang paling mudah serta bahkan dapat dijalankan sendiri dirumah maupun pekarangan menggunakan media polybag atau pot.

Sementara untuk tips yang perlu kalian lakukan ketika menanam pandan dipot antara lain :

  • Memilih bibit Pandan yang berkualitas baik
  • Menyiapkan tanah yang akan ditanam ini yang gembur (sudah dicangkul)
  • Lakukan pemangkasan di bagian daunnya. Tujuannya pertumbuhan pandan ini menjadi lebih lebat dan tumbuh dengan besar.
  • Jika bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, maka pandan bisa mudha berkembang serta berdaun banyak.

Nah, itu tadi ya sobat mengenai cara menanam daun pandan. Manfaat daun pandan ini snagat banyak, diantaranya menjadi bumbu, pengaharum makanan dan rasa. Selain itu, sudah dari dulu masyarakat jawa menggunakan daun pandan guna acara menyekar/ selawat makam. Daun pandan ini kadang diris tipis lalu disebarkan disekeliling batu nisan bersama dengan bunga bunga supaya area pemakaman bisa beraroma harum. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Petai Dengan Hasil Yang Melimpah

Baca juga: