Inilah Cara Merawat Bunga Agar Subur & Merekah Setiap Hari

Posted on

Inilah Cara Merawat Bunga Agar Subur & Merekah Setiap Hari

Inilah cara merawat bunga agar subur – bagi pecinta bunga tentunya ingin bunga yang ditanam bisa merekah indah setiap hari dengan berbagai warna warninya. Untuk memperoleh bunga ini, pastinya dibutuhkan upaya sang pemilik menanam. Merawat bunga maupun tanaman hias memang tak dapat dilakukan secara sembarangan atau disamakan tanaman pertanian lainnya misalnya jenis tanaman buah atau budidaya kopi. Penanganan secara tepat bagi tanaman hias kita akan membuatnya bisa tumbuh subur nan sehat.

Bunga sudah menjadi ciri khas hobi wanita, sebab bunga mengandung nilai ekstrinsik yang bisa mengubah sensasi alam bawah sadar kita menjadi lebih bermakna. Warna warni bunga dengan dibentuknya hiasan sebagai nilai indah rumah maupun ruangan tertentu. Apa kalian pecinta bunga? Nah, penulis kali ini akan membagikan informasi seputar perawatan bunga.

Berikut akan kami bagikan informasinya Inilah cara merawat bunga agar subur.

1. Perhatikanlah cara meletakkan tanaman

Kalian bisa memilih peletakan tanaman hias dipot maupun langsung ditanam dalam tanah. Akan tetapi, tanaman hias ini banyak yang ditanam dalam pot. Untuk hal tersebut kalian harus menyesuaikan pot menggunakan jenis tanaman yang nantinya kalian tanam.
Begitu pula lokasinya peletakkan, hendaknya melihat di jenis tanaman hias itu. Bila tanaman seperti sukulen, kaktus dan jenis bunga lain suka dengan pancarab sinar matahari melimpah. Lain halnya dengan tanaman hias daunan yang perlu tempat teduh untuk bisa tumbuh secara baik.
Ciri masing-masing tanaman itu perlu kalian pahami supaya penataannya tanaman bisa tumbuh subur.

Baca Juga :   Cara Membuat Taman Dari Bunga Krokot

2. Tentukan media tanamnya

Sama dengan lokasi peletakan tanaman, cara merawat bunga supaya subur ini dibutuhkan pemahaman mengenai jenis maupun tipe tanah yang diperlukan masing maisng bunga maupun tanaman.
Pada umumnya, media yang dipakai bisa kering, lembab maupun kombinasi dari keduanya. Sesuaikan isian media tanam tersebut dengan ciri bunga. Misalnya, untuk bunga yang suka dengan tingkat kelembaban tinggi, maka kalian bisa mencampurkan tanah serta humus dengan skala perbandingan ½ : ½.

3. Lakukan pemangkasan

Pemangkasan ini tak hanya guna menjaga tanaman selalu rapi serta bentuknya sesuai keinguinan kita. Namun, pemangkasan pucuk maupun tunas bis amemancing munculnya bakal bunga. Taman tanpa bunga bermekaran pastinya hambar.
Oleh sebab itu, jalani pemangkasan ini dengan teratur ketika bunga maupun tanaman kalian tumbuh terlalu liar atau tak kunjung terlihat bunganya.

4. Lakukan penyiraman dengan teratur

Penyiraman yang dijalankan tak boleh sembarangan. Bunga sejenis kambja, krokot atau jenis sukulen tak memerlukan penyiraman banyak. Penyiraman yang berlebihan malah akan membuat bunga ini masti sebab membusuk. Sebaliknya, bunga anggrek, melati dan tanaman daun yang memerlukan penyiraman teratur guna menunjang pertumbuhan mereka. Solusi yang dapat kami bagikan ini dengan cara menempatkan sejumlah bunga dengan mengelompok.
Bunga kamboja diletakkan dekat sukulen maupun krokot, sementara untuk bunga melati dekat dengan tanaman daun. Pengelompokan tersebut dilakukan guna menghindarkan dari kekurangan air maupun kelebihan air di masing masing tanaman.

5. Berikan pupuk secara tepat

Setiap tanaman apa saja jenisnya pasti memerlukan nutrisi dai unsur hara dalam tanah untuk bisa tumbuh secara subur. Akan tetapi, sayangnya adanya unsur hara dalam tanah berbeda-beda, bergantung dengan jenis tanah dan lokasi lahan itu sendiri.
Untuk menambal kekurangan dari unsur hara ini, maka dibutuhkan bantuan pupuk. Saat ini ada banyak sekali cara untuk membuat pupuk alternative guna tanaman hias berjenis bunga bungaan.

Baca Juga :   6 Cara Menanam Bunga Dahlia dan Perawatannya

6. Jaga jarak antar bunga

Menjaga jarak tanam antar bunga/ tanaman penting sekali dijalankan, mengingat bahwa tanaman memerlukan ruang gerak yang banyak supaya bisa tumbuh secara optimal. Bila terlalu banyak tanaman maupun bibit yang terletak di lubang tanaman secara berdekatan, khawatoirnya nanti tanaman akan saling berebut makanan.
Bisa jadi, tanaman akan terjadi kekerdilan pada hal pertumbuhannya. Begitu juga dengan bunga yang ditanam dalam pot. Sudah sering orang mengabaikan jarak antar pot serta menyusunnya dengan berdempetan. Jarak idealnya meletakkan pot sejauh besaran potnya.
Untuk pupuk bunga yang ditanam dalam pot, bisa memakai vetsin maupun ramuan air kelapa.

7. Sesekali aduk-aduk media tanamnya

Media tanam yang kerap terkena siraman air terkadang akan mengeras di bagian permukaannya. Hal tersebut pastinya menyulitkan bunga dalam memperoleh unsur hara yang diperlukan. Lakukan pengadukan di media tanamnya supaya tanah jadi gembur lagi supaya tanah bisa jadi subur lagi.

8. Lakukan pergantian pot di dalam beberapa waktu

Seiring perjalanan, bunga akan berkembang nan bertumbuh jadi lebih besar serta lebih rimbun. Kalian harus mengganti potnya segera (jika bunga didalam pot) berukuran lebih besar lagi supaya tanaman bisa jadi lebih leluasa.
Unsur hara yang diperlukan oleh bunga dapat terpenuhi secara baik dan menghilangkan serangga pengganggu yang kemungkinan telah berkembang biak dalam pot lama. Upayakan untuk menggantinya kurang lebih 4 – 6 bulan sekali atau bergantung dengan keperluan bunga.

Merawat bunga supaya subur dapat dilakukan secara mudah, namun dengan syarat kita mempunyai kesabaran serta kecintaan akan tanaman hias itu sendiri. Akan tetapi, upaya dan kerja keras kita ini tak akan sia sia bila kita melihat taman kita yang dihias bunga beraneka macam warna tumbuh secara subur. Harapan kami dengan adanya artikel yang membahas seputar Inilah cara merawat bunga agar subur bisa bermanfaat dan menjadi panduan untuk belajar dirumah.

Baca Juga :   Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Baca juga:

Cara Menanam Bunga Mawar Yang Sudah Dipetik Termudah

Jenis Pakan Hijau Untuk Kambing