Cara Memilih Bibit Durian Musang King Yang Unggul

Posted on

Cara Memilih Bibit Durian Musang King Yang Unggul

Cara Memilih Bibit Durian Musang King Yang Unggul – Durian merupakan salah satu buah-buahan tropis yang banyak tumbuh dan digemari di wilayah Asia Tenggara, utamanya di Indonesia. Buah jenis ini mempunyai aroma yang sangat khas dengan rasa yang manis. Yukai buah durian, aroma tersebut membuatnya selalu ingin untuk mengkonsumsi durian. Akan tetapi, bagi mereka yang tidak terlalu menyukai buah durian, maka aroma yang sangat khas tersebut malah memabukkan dan membuatnya muntah. Durian musang king adalah salah satu varietas dari buah durian yang memiliki rasa lebih manis dengan daging buahnya yang lembut. Apalagi buah durian musang king ini dijual dengan harga yang cukup tinggi dan lebih unggul.

Durian musang king telah populer di kalangan masyarakat pecinta durian. Bahkan kepopulerannya sempat mengalahkan durian monthong yang tidak kalah enaknya. Kualitas dari buah durian musang king dipandang lebih baik dan unggul dari pada jenis durian yang lainnya. Sehingga tidak heran apabila banyak masyarakat saat ini yang mencari buah durian musang king, utamanya bibit yang dapat ditanam sendiri di rumah. Banyak masyarakat yang tertatik untuk menanamnya. Maka dari itu terdapat Cara Memilih Bibit Durian Musang King Yang Unggul yang akan dibahas di bawah ini.

Baca Juga :   13 Tanda Dehidrasi pada Kucing yang Perlu di Waspadai

Ciri Ciri Durian Musangking

Durian jenis ini memiliki beberapa kriteria tertentu yang membedakannya dengan durian jenis lain. Ciri-ciri tersebut bisa anda lihat sebagai berikut:

• Warna daging dan bentuk buah

Warna daging dari durian musangking lebih berwarana kuning segar hampir mirip seperti warna kunyit. Dari segi bentuknya durian musangking lebih leonjong dan kecil dibandingkan dengan jenis durian lain. Dimana rata-rata bentuknya bulat dan agak besar.

• Tekstur daging

Sementara tekstur daging dari jenis durian ini sangat lembut namun tidak terlalu basah alias kering. Apabila dirasakan dapat memberikan tekstur yang creamy di lidah. Selain itu, daging dari buah durian musang king tidak berserat.

• Rasa buah

Rasa buah durian musangking lebih cenderung manis. Bahkan apabila dirasakan dilidah akan terasa agak legit dengan sensasi sedikit pahit. Meskipun terasa agak pahit, rasa manisnya tetap mendominasi.

• Bentuk biji

Mengenai bentuk biji dari durian musang king lebih kecil. Ketika diperhatikan dengan seksama, biji dari durian ini lebih kempis dan tidak menggembung. Sehingga apabila anda ingin menggunakan biji buah durian ini, maka akan susah menyemainya.

• Kandungan alcohol

Dibandingkan dengan durian lainnya, kandungan alcohol pada durian musang king lebih banyak. Sehingga menyebabkan durian jenis ini memilikia roma yang cukup kuat. tidak hanya itu, kelebihan kandungan alcohol menjadikan durian ini terasa lebih manis dan nikmat ketika dimakan.
Selain memiliki ciri-ciri buah yang sangat unggul. Apabila ingin membudidayakan atau sekedar menanam buah duriang musang king, maka terdapat Cara Memilih Bibit Durian Musang King Yang Unggul. Namun, sebelumnya terlebih dahulu akan diulas mengenai keunggulan dari durian jenis ini yaitu sebagai berikut.

Baca Juga :   Ciri - Ciri Burung Merpati Mau Bertelur

• Pohon durian musangking lebih cepat tumbuh besar

Keunggulan yang dimiliki durian jenis ini, mampu tumbuh besar dengan lebih cepat. Apalagi terdapat bibit durian musangking kaki tiga. Suplai makanan dari akar kebatang lebih mudah tersalurkan dengan batang tersebut.

• Pohonnya kokoh dan tidak mudah roboh

Dengan batang yang kokoh dan terdapat tiga akar penopang yang menyangga pohon durian musangking tersebut, menjadikan durian jenis ini memiliki batang yang tidak mudah roboh.

• Memiliki sensasi rasa manis yang cukup khas

Seperti penjelasan di atas, bahwa rasa daging durian jenis ini lebih manis. Maka dari itu tidak merugikan bagi mereka yang tertarik untuk menanamnya.

• Punya daging buah yang tebal

Keunggulan lainnya yang berbeda dengan durian jenis lain, adalah daging buah durian musangking lebih tebal dan terasa lembut tanpa serat.

• Harga jual cukup mahal

Dengan berbagai keunggulan tersebut, menjadikan durian jenis ini sangat banyak dicari masyarakat. Meskipun harganya cukup mahal yang dapat menguntungkan para pembudidaya durian.

Cara Memilih Bibit Durian Musangking

Sementara cara memilih bibit durian musangking dapat memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

1. Batang bibit durian musangking

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum anda membeli bibit durian musangking adalah dengan melihat batangnya. Pilihlah bibit durian dengan batang yang lurus tidak membengkok. Hal ini dikarena batang bibit durian yang lurus dapat menunjukkan bahwa bibit tersebut baik untuk ditanam. Selain itu, batang yang berbentuk lurus lebih cenderung sukses saat disemai. Bahkan pertumbuhannya akan lebih maksimal ketika batangnya lurus. Sehingga penyaluran nutrisi yang telah doserap oleh akar dapat dengan mudah disalurkan keseluruh bagian dari tanaman durian.

Baca Juga :   5 Cara Mudah Menanam Durian Musang King "Berbuah Lebat"

2. Daun bibit durian musangking

Selain memperhatikan bentuk batang, hal yang perlu diperhatikan lainnya yaitu bentuk daun dari bibit tersebut. daun dari durian musangking memiliki bentuk yang sangat khas. Dengan bentuk yang agak memanjang atau lebih lonjong dengan ujung yang cukup runcing. Warna daunnya lebih hijau kekuningan dibandingkan dengan jenis durian lain.

3. Tinggi bibit durian musangking

Bibit durian musang king dapat dikatakan baik ketika bibit tersebut memiliki ketinggian yang cukup dan tidak kurang. Ketinggiannya sekitar 1 hingga 1,5 meter. Bibit yang telah berukuran demikian akan lebih mudah dan dapat tumbuh dengan baik ketika ditanam. Hal ini dikarenakan bibit durian telah mempunyai akar dan batang yang telah tumbuh dengan baik. Sehingga akann lebih mudah bertahan hidup pada saat ditanam di lahan terbuka.

Itulah, pembahasan megenai Cara Memilih Bibit Durian Musang King Yang Unggul yang dapat anda jadikan referensi dalam memilih bibit durian. Sehingga akan mendapatkan bibit yang berkualitas dengan pertumbuhan yang baik.

Baca juga:

Inilah Cara Merawat Bunga Agar Subur & Merekah Setiap Hari

Cara Menanam Bunga Mawar Yang Sudah Dipetik Termudah