Jenis Pakan Hijau Untuk Kambing

Posted on

Jenis Pakan Hijau Untuk Kambing

Jenis pakan hijau untuk kambing – selain sapi, kambing sebagai salah satu hewan yang dikonsumi daging merahnya oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang berlomba-lomba beternak kambing. Nah, dalam proses ternak kambing ini, jenis pakan yang diberikan berpengaruh sekali terhadap kualitas kambing tersebut sendiri. Berikut ini Jenis pakan hijau untuk kambing supaya berkualitas baik.

1. Gamal (tereseder)

Jenis pakan hijauan bagi kambing yang pertama ini adalah gamal atau teresede. Daun teresede ialah jenis pakan yang mempunyai kandungan protein, serat tinggi dan kalsium jadi baik sekali bila dipakai menjadi salah satu jenis pakan kambing. Cirinya daun bisa dikenali dengan bau yang menyengat yang biasanya membuat kambing tak terbiasa mengonsumsinya. Untuk mengatasinya bisa disiasati menggunakan penjemuran.

2. Daun singkong karet

Jenis daun hijau lainnya yang bisa dipakai ialah daun singkong karet. Cirinya singkong karet ini ialah daunnya lebar dan tebal, berpokok batang besar akan tetapi mempunyai ubi yang kecil berakar mengembung. Singkong karet Cuma dimanfaatkan daunnya saja khususnya untuk pakan ternak sebab tak menghasilkan ubi singkong besar dan dapat dikonsumi. Daun singkong karet mempunyai protein tinggi jadi baik untuk pakan ternak.

Baca Juga :   Cara Ternak Burung Kolibri Wulung

3. Kaliandra

Jenis pakan hijauan berikutnya ialah kaliandra. Kaliandra ini jenis tumbuhan yang bisa secara mudah diperoleh baik di dataran tinggi ataupun di dataran rendah serta lebih baik pertumbuhannya di musim hijau akan tetapi mempunyai daya tahan kuat pada musim kemarau panas. Daun dan buah kaliandra ini bisa diperoleh dan dimanfaatkan menjadi salah satu pakan bagi kambing yang mempunyai kandungan protein tinggi.

4. Rumput gajah mini

Rumput sebagai jenis pakan yang pastinya umum sekali diberikan untuk kambing. Rumput gajah mini atau biasa dikenal menjadi rumput odot tersebut mempunyai batang yang lunak serta tak berbulu jaid mudah sekali bila dicerna oelh kambing. Rumput gajah mini tersebut pun bisa diproduksi maupun ditanam secara mudah dan hasilnya juga melimpah jadi mudah sekali bila ditanam sendiri atau dibeli oleh para penjualnya.

5. Rumput setaria

Rumput setaria ini pun termasuk jenis rumput yang baik bagi kambing. Rumput setaria ini mempunyai ciri warnanya daun hijau gelap, batangnya lunak dan mempunyai warna merah keungunan, batang pangkal pipih dan daun pangkal menyusun mirip kipas. Rumput ini pun baik untuk pakan ternak serta mudah bila ditumbuhkan.

6. Indigovera

Tanaman indigovera ini termasuk tanaman leguminosa kelompok kacang-kacangan dna mempunyai sifat khusus yaitu mudah tumbuh di tanaman yang tak subur. Daun dari tanaman indigovera tersebut mempunyai kandungan protein tinggi jadi baik sekali bila dipakai menjadi salah satu pakan kambing yang berkualitas.

7. Ampas tahu

Ampas tahu merupakan hasil dari limbah atau hasil dari pengolahan kedelai jadi tahu maupun susu kedelai. Ampas tahu mempunyai kandungan protein yang lumayan tinggi. Selain itu, ampas tahu pun baik sebagai pendukung pertumbuhan hewan kambing saat penggemukan.

Baca Juga :   4 Teknik Menanam Rumput Cow Grass Untuk Pemula

8. Ampas singkong

Ampas singkong ialah limbah dari hasil pengolahan singkong guna diambil sarinya serta dipakai tepung kanjinya maupun bioethanol. Limbah singkong mempunyai kandungan energy yang lumayan banyak.

9. Jerami fermentasi, sawi dank obis

Secara umum jerami fermentasi adalah makanan yang diberikan untuk sapi menjadi pengganti rumput. Jerami mempunyai jumlah serat lumayan namun sedikit energi serta unsur mineral yang lain jadi dalam pemakaiannya perlu dikombinasikan dengan sejenis pakan lainnya.

Kobis pun baik untuk pakan alternative bagi kambing. Bisa digunakan kobis yang telah layu. Hasil dari sisa pedagang sayuran tersebut yang tak terjual untuk manusia. Sawi pun dapat dipakai untuk makanan kambing. Untuk mendapatkan harus ada kerjsama dengan supplier petani sawi langsung maka bisa mendapatkan stok yang melimpah.

10. Gedebok fermentasi dan melon

Gedebok yang difermentasikan adalah jenis pakan hewan kambing selain rumput yang tujuannya untuk mengatasi ketergantungan rumput serta daun dedaunan lainnya. gedebok dapat diberikan namun dalam pemakaiannya harus memperhatikan unsur mineral yang diperlukan oleh kambing.
Buah melon baik sekali bagi kesehatan hewan kambing. Kaya vitamin dan juga air bisa membuat hewan kambing pasti perkasa. Makanan kambing dari melon pun bisa diberikan sekali saja mengingat bahwa angarannya pasti tinggi.

11. Kulit kacang, daun nangka

Kulit kacang ialah limbah pertanian yang mempunyai kandungan protein lumayan tinggi dan lemak. Kulit kacang kadang digiling bercampur dengan konsentrat hewan kambing. Pada umumnya hewan kambing suka makan apa saja daun. Termausk nangka ini suka sekali. Pilihlah daun nangka yang masih hijau dan jangan kering maupun jatuh dari pohon.

12. Tongkol jagung, daun papaya dan daun singkong

Tongkol jagung kalian pilih alternatifnya sebab menyediakan komposisi mineral serta energi yang diperlukan hewan kambing misalnya lemak, karbohidrat dan protein. Sebelum membeirkannya tongkol jagung digilings ecara halus dan dicampurkan bahan lain sebagai konsentrat.

Baca Juga :   Budidaya Pohon Damar

Makanan kambing daun singkong bisa dipilih menjadi jalan mengusahakan kesehatan bagi kambing. Kandugan gizi tinggi inilah dapat membuat daun singkong dan bisa membuat jadi gemuk kambingnya. Cara mengolahnya tinggal memotong saja dan buang ranting batangnya sebab kambing terkadang tak mau memakannya. Daun papaya juga bisa dijadiakn untuk makanan kambing.

Itulah Jenis pakan hijau untuk kambing yang penuh dengan nutrisi dan juga protein yang bisa membantu dalam pertumbuhan atau perkembangan dari kambing ternak jadi bisa menjadi jenis kambing yang berkualitas tinggi.

Baca juga:

15 Cara Melatih Ayam Agar Tidak Main Bawah

Cara Panen Buah Apel Yang Baik Dan Apel Melimpah