Inilah Caranya: Menanam Sendiri, Cabe Rawit Di Polybag Berbuah Lebat

Posted on
Inilah Caranya: Menanam Sendiri, Cabe Rawit Di Polybag Berbuah Lebat
5 (100%) 1 vote[s]

Inilah Caranya: Menanam Sendiri, Cabe Rawit Di Polybag Berbuah Lebat

Inilah Caranya: Menanam Sendiri, Cabe Rawit Di Polybag Berbuah Lebat – Cabe Rawit siapa tak mengenal jenis cabe yang satu ini,tak lengkap pastinya Kl’makan gorengan tanpa kehadiranya, kurang PAZ jika buat sambal terasi kehilangan bahan ini dan kurang pas coba, bikin sambal rujak tanpa bahan yang satu ini. YUPZ,cabe rawit atau cabe mini merupakan jenis cabe dengan kadar Kapsaisin tinggi, ini menyebabkan rasa pedas dari cabe rawit.

Buah cabe yang memiliki panjang berkisar 2-3,5 cm serta diameter 0,4-0,7 cm yang dapat berbuah sepanjang tahun, tahan hujan dan dapat tumbuh di dataran rendah sampai tinggi dengan penamaan ilmiah Capsicum frutescens.

Inilah Caranya: Menanam Sendiri, Cabe Rawit Di Polybag Berbuah Lebat

Kandungan Dan Manfaat Cabe Rawit

Seperti diketahui bersama bahwa cabe rawit jika dikonsumsi, tidak berlebihan akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Cabe rawit mengandung kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin (A, C), damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, clan lutein dan sejumlah mineral seperti;  zat besi, kalium, kalsium, fosfor, dan niasin. Berkhasiat untuk membantu memperlancar sekresi asam lambung, mencegah infeksi sistem pencernaan, mengurangi pegal-pegal, sakit gigi, sesak nafas, dan gatal-gatal.

Baca Juga :   6 Cara Mudah Menanam Cabe Merah Keriting "Hingga Panen"

Tahapan Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Dewasa kini seperti kita ketahui bersama,harga cabe semakin mahal saja. Sungguh tidak masuk akal ditengah negara yang terkenal sebagai Negara Agraris, sangat sedih tapi itu kenyataan. Untuk bisa menjawab tantang tersebut,kita membutuhkan alternatif untuk menanam sendiri cabe di polibeg.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi Bagaimana cara menanam cabe rawit di polibeg agar tumbuh subur serta berbuah lebat. Panduan menanam ini,tidak terbatas hanya cabe rawit saja,akan tetapi perlakukan sama diberikan untuk menanam cabe merah besar,cabe merah keriting dsb.

Persemaian Benih Cabe Rawit

Untuk mendapatkan pertumbuhan cabe rawit yang tumbuh subur serta berbuah lebat,faktor pengadaan benih perlu diperhatikan. Fatal bila benih cabe rawit yang tengah dibudidayakan terkena infeksi atau serangan penyakit mengakibatkan tanaman layu dan mati. Umumnya cabe rawit yang dijual pasaran merupakan jenis cabe varietas lokal,dan jenis itu pula, paling banyak dibudidayakan oleh petani.

Tahapan Persemaian

  • Perbanyakan tanaman cabe rawit dapat dilakukan dengan cara generatif (benih) yang dapat dibuat sendiri. Pilihlah asal benih cabe rawit dari induk sehat,memiliki daya tumbuh 85 %, berproduktifitas tinggi serta tahan terhadap hama penyakit.
  • Tahapan pengambilan benih cabe rawit dengan cara menyayat kulit buah mengunakan pisau, ambil biji pada bagian tengah dan dikeringkan di bawah terik matahari ± 3 hari.
  • Penyemaian menggunakan polibeg atau plastik transparan kecil berkomposisi bahan berupa tanah subur top soil (lapisan tanah atas 10-15 cm),arang sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1,selanjutnya aduk rata ketiga bahan tersebut,dengan mengunakan cangkul.
  • Sebelum benih cabe rawit dimasukan ke polibeg untuk disemai,terlebih dahulu berikan perlakuan benih (seed treatment), dengan cara merendam benih ke dalam air hangat selama 3 jam, buang benih terapung dan gunakan bibit yang tenggelam.
  • Masukkan benih hasil sortasi ke polibeg sedalam 1/2 cm,kemudian siram agar kelembabannya terjaga,susun polybeg dengan rapi dan berikan naungan sederhana untuk menjaga bibit dari sinar matahari secara langsung dan air hujan. Lakukan penyiraman pagi dan sore hari setelah bibit cabe berumur 14-21 hari, barulah bibit cabe bisa dipindah ke polibeg.
Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Cabe Rawit, Perawatan Hingga Panen

Persiapan Media Tanam Polybag

Media tanam dibuat 3-4 hari sebelum bibit cabe rawit berumur 14-21 hari, siap untuk ditanam. Media polibeg diisi dengan media berkomposisikan sejumlah bahan organik, berupa tanah top soil (tanah lapisan atas) dan pupuk kandang berupa kotoran kambing dengan perbandingan 2:1,yang dicampur secara merata.

Masukan media campuran tersebut ke dalam polibeg sambil dipadatkan, kemudian susun rapi di sebuah pelataran atau ruang terbuka. Jumlah polibegdisesuaikan dengan kebutuhan bibit cabe rawit yang akan dibudidayakan. Tahapan berikutnya lakukan kegiatan pemeliharaan tanaman seperti;penyiangan,pembumbunan,pemupukan dan pengendalian HPT.

Perawatan Tanaman

Dapat dimulai dengan kegiatan penyiraman 2 kali sehari secukupnya selama fase kritis tanaman di 1-2 bulan masa pertumbuhan dengan mengunakan gembor,Kebutuhan jumlah air pada pertumbuhan vegetatif  berkisar 250 ml mengalami peningkatan 2 harinya mejadi 450 ml pada masa pembungaan dan pembuahan.

Pengendalian gulma di polibeg cukup dengan cara mencabut gulma atau rumput tepat berada disekeliling polibeg,kemudian diikuti dengan kegiatan pembumbunan dengan menaikkan massa tanah 2-5 cm ke tanaman,bertujuan mengemburkan tanah.

Pemupukan Cabe Rawit

Bertujuan memberikan unsur hara tambahan ke dalam tanah dalam untuk dimanfaatkan sebagai pertumbuhan tanaman. Pemupukan bisa mengunakan pupuk anorganik majemuk seperti; NPK (Natrium,Posfor,Kalium) dengan dosis 10 gr/tanaman.  Pemberian pupuk dengan cara ditugal atau disebar di sekeliling polibeg. Pemupukan dilakukan 3 kali dilaksanakan pada umur 30 65 dan 115 HST.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Tingkat serangan hama dan penyakit,pada skala kecil (menanam cabe rawit di polibeg)terbilang rendah atau tidak sama sekali,namun acap kali serang HPT itu terjadi kita dapat mengatisipasi jenis serangan tersebut dan mengendalikannya.

Terdapat jenis hama dan penyakit kerap menyerang cabe anatara lain; Ulat Grayak (Spodoptera litura), Kutu Daun (Myzus persicae Sulz), Lalat Buah (Bactrocera dorsalis), Trips (Thrips sp), Bercak Daun (Cercospora capsici heald et walf), Antraknosa, Layu Bakteri (Pseudomonas solanacearum (E.F) Sm), Layu Fusarium (Fusarium oxysporium F. sp. Capsici schlecht), Rebah Semai (Phytium debarianum Hesse dan Rhizoctonia soloni Kuhu).

Baca Juga :   Panduan Lengkap Menanam Jambu Air Madu Di Polybeg Secara Baik Dan Benar

Panen

Tanaman cabe rawit berbuah sepanjang tahun dan dapat petik hasilnya saat tanaman memasuki umur 75 – 85 hst ,ditandai dengan buahnya yang padat dan warna hijau. Warna panen cabe berdasarkan dari jenis cabe yang ditanam (kuning,orange,merah). Panen cabe rawit cukup dengan dipetik saja.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Inilah Caranya: Menanam Sendiri, Cabe Rawit Di Polybag Berbuah Lebat dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: