6 Makanan dan Minuman “Terbaik” Untuk Kucing Kampung

Posted on

Makanan dan Minuman Kucing Kampung Terbaik

Makanan Kucing Kampung Terbaik – Kucing merupakan salah satu hewan karnivora yang telah lama berbaur dengan manusia sejak 6.000 tahun SM. Dulu orang mesir kuno sekitar 3500 SM telah memakai hewan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lainnya dari lumbung yang menyimpan hasil panen mereka.Sekarang ini kucing telah menjadi hewan peliharaan yang banyak dicari dan popular di dunia. Secara resmi garis keturunan kucing telah tercatat sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti halnya Persia, siam, manz, dan spinx. Kucing seperti itulah yang umumnya dikembangbiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi.

Makanan dan Minuman Kucing Kampung Terbaik

Kucing ras hanya berjumlah sekitar 1% dari seluruh kucing di dunia dan sisanya merupakan kucing dengan keturunan campuran seperti kucing kampung dan kucing hutan. Mereka yang suka memelihara hewan yang satu ini pastinya telah mengetahui banyak hal mengenai jenis kucing beserta makanan kesukaannya. Jenis kucing kampung inilah yang banyak dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Pada umumnya memelihara kucing kampung cukuplah mudah, khususnya ketika mencari makanan. Tidak seperti kucing Persia atau jenis kucing lainnya yang masih memerlukan perawatan ekstra. Dari segi makanan merupakan hal yang amat penting untuk kucing. Kucing yang tidak makan akan rentan terhadap penyakit.

Makanan Kucing Kampung Terbaik

Pada kenyataannya kucing kampung yang ada dilingkungan sekitar, kebanyakan masyarakat tidak peduli terhadap makanannya dan hanya memberikan makanan secara asal-asalan. Padahal sebenarnya telah tersedia berbagai jenis makanan yang dapat diberikan kepada kucing kampung dan tidak hanya kepada kucing Persia dan ras lainnya. Beberapa Makanan Kucing Kampung Terbaik yang dapat diberikan untuk menunjang tumbuh kembang kucing piaraan anda yaitu sebagai berikut:

Baca Juga :   2 Manfaat Mengeluarkan Lidahnya Pada Anjing Serta Karakteristiknya Lengkap

1. Daging

Kucing memang digolongkan sebagai hewan karnivora, maka dari itu tidak heran apabila makanan utama mereka yaitu daging. Pemberian daging pada kucing kampung tidak dapat diberikan secara asal-asalan. Membutuhkan proses terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada kucing kampung tersebut, seperti halnya di goreng, atau direbus agar lebih higienis atau dapat juga dihaluskan menjadi bubur agar lebih mudah dalam mencernanya. Daging apa saja dapat diberikan kepada kucing kampung, seperti halnya daging ikan yang memiliki kandungan vitamin E yang bagus untuk tubuh. Pemberian daging tidak harus setiap hari, anda dapat memberikannya beberapa kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

2. Nasi

Kucing kampung umumnya selalu diberikan makanan nasi sebagai makanan pokoknya. Akan tetapi, perlu diingat pemberian nasi kepada kucing kampung harus disertai dan dicampur dengan olahan daging atau makanan lainnya yang berbahan dasar daging ikan. Pemberian nasi kepada kucing harus memperhatikan porsi dan tidak dapat diberikan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan nasi memiliki kandungan glukosa yang apabila terlalu sering dikonsumsi oleh kucing akan menimbulkan obesitas atau kegemukan.

3. Makanan khusus kucing

Pemberian makanan khusus kucing juga disarankan. Akan tetapi perlu adanya penyeleksian dalam pemberian makanan tersebut. Anda dapat membeli makanan khusus kucingdi Petshop terdekat. Untuk memberikan makanan kepada kucing kampung usahakan sebisa mungkin bervariasi agar kucing tidak cepat bosan dan mau makan.

4. Tempe

Apabila kucing anda tidak cocok dengan nasi, terdapat alternatif lain yang dapat anda berikan sebagai pengganti makan kucing yaitu tempe. Pemberian tempe jangan dalam keadaan mentah, namun perlu diolah seperti digoreng atau direbus serta dihaluskan dan berikan bersama lauk si kucing.

Baca Juga :   12 Cara "Paling Mudah" Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula

Minuman Untuk Kucing Kampung

Minuman yang dianjurkan untuk diberikan kepada kucing kampung yaitu:

1. Air putih

Air putih merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk semua jenis makhluk hidup, tidak terkecuali dengan kucing. Berikan kucing kampung air mineral untuk minuman setiap harinya yang dimasukkan ke dalam sebuah wadah. Jangan lupa mengganti air minum dan membersihkan wadah setelah dirasa wadah dan air terlihat kotor, agar kucing terhindar dari bakteri dan virus penyebab penyakit.

2. Susu

Tidak hanya air putih yang diperlukan oleh kucing kampung sebagai minuman. Namun, susu juga diperlukan karena mengandung kalsium dan protein yang tinggi, sehingga kandungan dalam susu tersebut baik untuk pertumbuhan dan kesehatan kucing. Terdapat satu hal yang perlu diingat, jangan memberikan susu sapi secara langsung karena kucing tidak mampu mencerna protein susu sapi dengan baik.

Porsi makanan yang diperlukan oleh kucing kampung sama halnya seperti kucing ras lainnya, yang juga menyukai protein hewani dibandingkan dengan protein nabati. Jadi, makanan daging atau ikan lebih cocok sebagai makanan kucing. Pada umumnya kucing dewasa yang memiliki bobot 5 kg membutuhkan asupan 300 kalori per harinya. Sedangkan kebutuhan makanannya umumnya dihitung dari beratkucing. Contohnya, apabila anda memiliki kucing dengan berat 5 kg makan 2% dari berat badannya, itu artinya ia membutuhkan makanan 100gr/hari.

Pemberian makanan seperti ikan, daging, dan tempe serta telur haruslah diolah terlebih dahulu. Beberapa jenis makanan tersebut dapat direbus atau digoreng. Hal ini dikarenakan apabila makanan masih mentah, kucing akan mudah terserang penyakit. Misalnya saja apabila kucing memakan telur mentah yang ternyata di dalamnya mengandung bakteri Salmonella dan E. Coli serta beberapa bakteri lainnya yang dapat menyebabkan penyakit.

Baca Juga :   15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Banyak di Cari

Untuk itu dalam memberikan makanan dan minuman untuk kucing kampung atau kucing ras lainnya, ternyata harus memperhatikan beberapa hal seperti halnya variasi makanan serta nutrisi untuk kucing. Demikian artikel mengenai Makanan Kucing Kampung Terbaik, semoga dapat bermanfaat dan memberikan wawasan bagi kita semua.

Baca juga: