Tanaman Cincau “Mengetahui ” Jenis Manfaat Daun Cincau

Posted on
Tanaman Cincau “Mengetahui ” Jenis Manfaat Daun Cincau
3.3 (66.67%) 3 vote[s]

Tanaman Cincau “Mengetahui ” Jenis Manfaat Daun Cincau

Tanaman Cincau “Mengetahui ” Jenis Manfaat Daun Cincau – “Tanaman cincau” telah lama dipergunakan serta dikonsumsi karena “manfaat daun cincau” sangat baik bagi kesehatan. Terdapat beberpa “jenis daun cincau” yang diketahui bernilai ekonomis tinggi seperti “tanaman cincau hitam dan cincau hijau”.

Tanaman Cincau

Merupakan jenis tumbuhan sebagai penghasil bahan pangan dalam pembuatan minuman segar atau jeli bernilai ekonomis tinggi. Kata cincau berasal dari kata Hokkian sienchau (xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Terdapat beberapa penamaan nama lokal dari jenis tanaman ini seperti; Cincau (Indonesia), Camcao, Juju, Tarawulu, Kepleng (Jawa); Camcauh, dan Tahulu (Sunda).

Manfaat Daun Cincau

Kandungan daun cincau dalam 100 gram memiliki kandungan energi 122 kkal, protein 6 gram, lemak 1 gram, karbohidrat 26 gram, kalsium 100 mg, fosfor 100 mg, zat besi 3 mg, Vitamin A 10750 IU, Vitamin B1 80 mg dan Vitamin C 17 mg. Menurut hasil penelitian mengkonsumsi cincau baik digunakan oleh semua kalangan selain karena kaya kalsium dan fosfor.

Daun cincau memiliki mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Zat ini bermanfaat untuk mengendurkan otot. Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas. Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, anti radang dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Temulawak Yang Menguntungkan

Terdapat beberapa manfaat dalam mengkonsumsi cincau antara lain meliputi:

  • Menurunkan panas atau demam
  • Efektif menyembuhkan panas dalam
  • Mengatasi sakit perut atau mual, diare, sembelit dan perut kembung
  • Mencegah gangguan pencernaan,
  • Membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker (anti kanker),
  • Senyawa dimetil kurin-1-dimetodida mengendurkan otot,
  • Senyawa isokandrodendrin mencegah sel tumor,
  • Mengandung klorofil sebagai zat anti oksidan, anti peradangan, dan anti kanker,
  • Mencegah penyakit seperti diabetes mellitus, jantung dan stroke.
  • Cincau hitam cukup tinggi kandungan serat pangannya. Dalam usus halus serat pangan akan menyerap dan mengikat asam-asam empedu dan selanjutnya akan dikeluarkan dari tubuh bersama-sama dengan tinja.
  • Berkurangnya asam empedu tersebut akan menyebabkan hati mensintesis asam empedu lagi, sehingga kolesterol yang merupakan bahan dasar sintesis asam empedu tersebut, jumlahnya akan berkurang, baik kolesterol dalam plasma darah maupun dalam jaringan

Jenis Daun Cincau

Seperti kita ketahui bersama bahwa tanaman cincau bermanfaat dan berkhasiat baik bagi kesehatan. Terdapat jenis-jenis tanaman cincau bernilai ekonomis tinggi antara lain; tanaman cincau hitam dan tanaman cincau hijau.

Tanaman Cincau Hitam

Adalah jenis tumbuhan penghasil cincau hitam berasal dari klasifikasi tumbuhan dari genus Mesona terutama M. procumbens, M. chinensis yang terdapat di daerah Tiongkok bagian selatan atau M. palustris yang banyak terdapat di Indonesia sebagai penghasil bahan cincau hitam. Tanaman ini berasal dari Asia yang menyebar ke India, Birma, Indocina, Philipina sampai ke negara di Indonesia.

Tanaman Cincau “Mengetahui ” Jenis Manfaat Daun Cincau

Tumbuh baik di daerah pada ketinggian 75 – 2300 m dpl. Dengan ciri yang khas memiliki batang kecil dan ramping pada ujung batang tumbuh batang kecil, ada yang tumbuh batangnya menjalar ke tanah dan ada pula batang yang tumbuh tegak. Bentuk daun yang lonjong, berujung runcing. Bunganya mirip sekali dengan daun kemangi yang memiliki warna merah muda atau putih keunguan. Dari bagian daun dan batang dapat menghasilkan getah hijau kehitaman.

Baca Juga :   Cara Budidaya Kayu Manis Yang Bernilai Ekonomi

Tanaman Cincau Hijau

Dihasilkan oleh tumbuhan dari famili Menispermaceae dengan genus Cylea yaitu Cylea barbata Myers. Dengan ciri khas memiliki batang tumbuh menjalar dan merambat ke pohon atau pagar. Tinggi tanaman dapat mencapai 5 – 16 meter. Memiliki Batang berbentuk bulat dengan berdiameter sekitar 1cm serta daun berbentuk jantung seperti bulat telur dan ujung daun meruncing.

Tanaman Cincau “Mengetahui ” Jenis Manfaat Daun Cincau

Morfologi bunga tersusun berupa malai yang tumbuh dari ketiak atau batang dan buah berbentuk bulat. Akar bersar seperti umbi dan tidak teratur yang berfungsi sebagai obat demam dan sakit perut. Dapat diperbanyak dengan biji, stek batang dan tunas akar. Bagian daunnya menghasilkan gelatine berwarna hijau cerah.

Tanaman cincau sebagai salah satu tanaman cincau bermanfaat dengan beberapa kandungan seperti karbohidrat, lemak, protein dan senyawa-senyawa lainnya seperti polifenol, flavonoid serta mineral dan vitamin,di antaranya kalsium, fosfor dan vitamin A serta vitamin B yang baik untuk kesehatan.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Tanaman Cincau “Mengetahui ” Jenis Manfaat Daun Cincau dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: