9 Cara Berternak di Lahan Sempit Beserta Contohnya yang Menguntungkan

Posted on

Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit – Usaha sampingan seperti beternak hewan adalah salah satu jenis bisnis yang mampu memberikan pendapatan yang cukup besar. Secara umum beternak sangat menguntungkan sekali, tentunya jika kalian paham betul berbagai prosedurnya. Hal ini tentu juga tak terlepas dari hewan ternak sebagaimana dibutuhkan oleh manusia untuk dikonsumsi dalam rangka memenuhi keperluan gizi sehari-hari.

9 Cara Berternak di Lahan Sempit Beserta Contohnya yang Menguntungkan

Usaha seperti budidaya hewan ternak ini tidak asing lagi di wilayah pedesaan. Kalian pun dapat dengan mudah menjumpai berbagai usaha peternakan hewan di perkampungan. Sebagai salah satu contoh usaha ternak yakni kambing, sapi, domba, kerbau, ayam dan lainnya. Akan tetapi tidak semua hewan ternak tersebut memerlukan lahan yang kecil. Setidaknya kalian perlu menyiapkan lahan cukup besar.

Kali ini ada beberapa tips tentang Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit bisa anda jadikan referensi. Sehingga kalian akan mempunyai gambaran yang cukup tentang beternak yang tidak menggunakan lahan luas namun tetap menguntungkan.

Kekurangan Ternak di Lahan Luas

Berikut ini ada beberapa kekurangan jika kalian beternak dengan lahan yang cukup besar :

– Capek

Mempunyai lahan yang besar tentunya tetap harus di bersihkan. Pastinya kalian akan merasa capek jika harus membersihkannya sesering mungkin. Salah satu misalnya adalah ternak sapi, setiap hari pasti membuang kotoran. Kalian pastinya harus membersihkan setiap hari, tentunya hal itu akan membuat kalian lebih cepat merasa lelah.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Membuat Pakan Kambing Alternatif Di Musim Kemarau

– Biaya Cukup Besar

Kandang yang luas tentunya memerlukan material lebih banyak. Jadi, artinya dengan lahan yang besar berarti kalian juga harus berani menambah uang lebih untuk pembuatan. Belum lagi jika kandang telah rusak dan minta di renovasi, bisa kalian bayangkan sendiri. Memang sebenarnya bisa dibilang tidak sangat banyak kekurangan beternak di lahan besar.

Keuntungan Ternak Di Lahan Luas

Hal ini tentu berbeda ketika melakukan ternak di lahan yang tidak terlalu luas. Pastinya akan banyak keuntungan yang akan di rasakan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Hemat Biaya – Biaya pembuatan kandang tidak begitu banyak, dan lahan yang di perlukan tidak begitu luas.
  • Ringkas – Anda cukup ringkas ketika membersihkannya, berbeda dengan ternak di lahan luas yang pastinya akan membuat lelah.
  • Keuntungan Besar – Pastinya dalam hal keuntungan, anda bisa merasakan sendiri nantinya bagaimana beternak di lahan luas dan lahan sempit.

Contoh Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

Berikut inilah contoh Ternak Menguntungkan Dengan Lahan Sempit. Ada beberapa hewan ternak kecil yang cukup di budidayakan dengan lahan kecil namun tetap menguntungkan, yaitu :

1. Ternak Ikan Hias

Pastinya kalian tau ikan hias, binatang kecil ini memang hanya cocok sebagai efek cantik aquarium. Ada banyak jenis ikan hias yang bisa kalian jadikan lahan bisnis. Ternak ikan hias inilah yang tidak membutuhkan lahan yang luas. Cukup dengan tempat kecil atau lahan sempit saja kalian sudah bisa menjalankan bisnis ini. Dengan biaya lahan yang sedikit, kalian bisa mendapat keuntungan besar dari penjualannya.

2. Ternak Ikan Lele

Jenis ikan ini banyak di jual di pasar karena nikmat untuk di goreng sebagai lauk makan. Meskipun tidak semua orang menyukai lele, tetapi tidak ada salahnya mencoba bisnis ini. Soal lahan, sebenarnya kalian tidak perlu membuat kandang luas. Cukup membuat sekat kecil saja untuk budidaya lele. Pemasaran ikan lele cukup bagus, sehingga kalian tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian dahsyat.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Ulat Hongkong Yang Bernilai Ekonomi

3. Ternak Kroto

Budidaya kroto memang sangatlah menguntungkan sekali, karena banyak di butuhkan orang sebagai pakan burung. Tidak memerlukan lahan yang luas atau kandang cantik. Kroto hanya butuh kandang seadanya saja untuk bisa di ternak.

4. Ternak Burung

Burung adalah salah satu jenis unggas yang banyak mendatangkan rupiah. Bagaimana tidak, dengan melihat perkembangan masyarakat yang antusias bisnis burung menjadikan ini kesempatan baik bagi setiap orang. Kalian pun tentu bisa melakukan bisnis ini, baik dirumah ataupun di kios lain yang kalian miliki. Bahkan tidak harus menggunakan lahan yang luas, cukup dengan ruangan kecil saja.

5. Ternak Belut

Ternak mudah lainnya adalah belut. Hewan yang sekilas mirip ular ini mempunyai kandungan gizi nikmat, mungkin kalian ingin mencoba bisnis ini. Beternak belut ini tidak memerlukan tempat atau pun lahan yang sangat luas. Hanya di perlukan beberapa bak saja, dan semua tetap tergantung dari kapasitas belut yang anda budidayakan.

6. Ternak Cacing Sutra

Cacing sutra biasa digunakan sebagai pakan ikan hias. Nah akibat sedikitnya pemasok cacing sutra menyebabkan para peternak ikan hias kewalahan dalam memenuhi kebutuhan pakan. Terkadang justru mereka akan membeli cacing sutera kering atau kalengan. Bagi kalian yang masih bingung menemukan ide usaha maka ternak cacing sutra dapat kalian jadikan pilihan terbaik. Dengan begitu kalian dapat menjadi penyedia cacing sutra untuk para pengusaha ikan hias, usaha ini memiliki potensi yang bagus.

7. Ternak Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu jenis serangga yang terdapat hampir di seluruh dunia, terutama berada di daerah ber iklim tropis. Siapa sih yang tidak pernah melihat jangkrik?? Pasti kita semua sudah pernah melihatnya. Jangkrik yang biasanya dianggap sebagai hama perusak tanaman ini ternayata mempunyai prospek yang menjanjikan jika dibudidayakan. Belakangan tahun ini sudah banyak orang yang membuktikannya, bahkan ada beberapa kelompok yang membentuk satu kesatuan. Dengan memulai usaha ternak jangkrik kalian dapat memenuhi kebutuhan konsumen, misal para penghobi burung kicau, kemudian ada beberapa pihak yang menjadikan jangkrik sebagai olahan makanan.

Baca Juga :   Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Agar Cepat Bertelur

Itulah beberapa Tips dan juga jenis-jenis hewan Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai untuk berternak. Terima kasih.

Baca juga:

Panduan Lengkap Budidaya Asparagus

2 Cara Menanam Hidroponik Untuk Pemula