8 Cara “Paling Ampuh” Agar Kenari Cepat Pecah Suara

Posted on

Tips Kenari Cepat Pecah Suara Ampuh

Tips Kenari Cepat Pecah Suara Ampuh – Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara, karena burung kenari memiliki suara yang merdu serta nyaring dan sangat khas. Bahkan sekarang ini, sudah banyak perlombaan burung yang menjadikan kenari sebagai salah satu burung lomba dalam kategori suara.

Untuk mendapatkan burung kenari yang memiliki suara pecah, merdu, dan nyaring maka perlu perlakukan dan perawatan yang harus diperhatikan dengan benar. Berikut ini beberapa Tips Kenari Cepat Pecah Suara Ampuh yang dapat dilakukan baik bagi pemula maupun yang sudah pernah memiliki pengalaman memelihara burung kenari.

1. Melatih kenari di kandang umbaran

Kandang umbaran umumnya memiliki ukuran minimal 2 x 1 meter yang memiliki dua buah penangkiran di bagian sudutnya. Pengumbaran yang dilakukan pada burung kenari dapat membuat seluruh tubuhnya bergerak secara dinamis hingga menjadikannya memiliki tubuh yang lebih sehat serta nafas panjang dan stamina yang memadai.
Dengan modal tubuh sehat, nafas panjang, dan stamina tersebut menjadikan burung kenari dapat memilik suara pecah yang panjang.

2. Jemur dalam waktu yang lebih lama

Menjemur burung kenari dalam waktu yang lebih lama dari biasanya merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk menjadikan burung kenari tersebut memiliki suara yang pecah. Pejemuran diperlukan untuk melatih daya tahan mereka, serta membuat suara mereka akan menjadi lebih lantang dan kristal. Penjemuran dapat dilakukan setelah burung kenari dimandikan saat pagi pada pukul 06.30. Kemudian diangin-anginkan agar bulu-bulu burung kenari menjadi kering dan mulai dijemur mulai pukul 07.00 hingga pukul 09.00 atau 09.30.

Baca Juga :   10 Cara "Paling Mudah" Mengetahui Kecerdasan Burung Merpati

3. Stabilkan birahi burung kenari

Burung kenari yang terlalu memiliki birahi tinggi dan tidak stabil tentu akan menjadikan suaranya tidak keras atau pecah karena adanya penurunan stamina pada tubuhnya yang lebih difokuskan pada urusan birahi. Cara menurunkan birahi burung kenari yaitu diantaranya dengan cara memberikan makan mentimun, lebih sering memandikannya, hingga mengawinkannya.

4. Perhatikan nutrisi pada makanan burung kenari

Hal yang perlu dilakukan dalam tips kenari cepat pecah suara ampuh yaitu dengan cara memperhatikan nutrisi burung kenari melalui makanan yang diberikan. Berikan air larutan selama dua hari dalam seminggu, dan sisanya diberikan air mineral atau air bersih yang matang.

Jika dilakukan rutin setiap hari , burung kenari akan cepat memiliki suara yang lebih lantang dari biasanya, dan hal ini tentu butuh waktu atau tergantung kondisi dari burung tersebut dan selama itu pula perawatan yang tepat harus tetap diberikan.
Dengan nutrisi yang terpenuhi, maka semua organ tubuh burung kenari bisat berfungsi secara normal termasuk beberapa organ yang memiliki hubungan menghasilkan suara yang maksimal dan keras.

5. Jaga bentuk tubuh dan berat badannya agar tidak obesitas

Tubuh yang sigap dan sempurna pada burung kenari tentu akan menghasilkan suara yang baik dan keras. Namun jika kondisi tubuh burung kenari menjadi besar, obesitas, dan memiliki berat badan yang berlebih maka pasti akan berpengaruh pada suaranya. Oleh karena itu, Anda harus selalu jaga agar berat badan dan bentuk tubuh dari burung kenari selalu optimal dan tidak kegemukan. Lakukan beberapa cara memelihara burung kenari yang benar agar tidak mudah memiliki berat badan berlebih.

6. Selalu perhatikan kesehatan burung kenari

Burung kenari yang memiliki masalah kesehatan pada tubunya tentu tidak akan dapat menghasilkan suara yang pecah atau keras. Maka dari itu, salah satu cara agar suara burung kenari tetap keras, maka anda harus selalu perhatikan kondisi kesehatan burung melalui beberapa tanda yang ada seperti, ada tidaknya penurunan nafsu makan, kondisi burung yang tidak lincah, dan beberapa tanda lainnya. Burung Kenari perlu dijinakkan agar memudahkan dalam proses perawatan dan penanganan selanjutnya.

Baca Juga :   15 Cara Memelihara Musang Pandan Untuk Pemula

7. Berikan makanan untuk suara yang pecah

Anda semua juga bisa memberikan berbagai macam jenis makanan untuk burung kenari supaya mempunyai suara yang gacor. Seperti misalnya ramuan dari daun mengkudu, serta ramuan daun gingseng dengan cara mengantungnya pada sangkar seperti pada waktu pemberian sayuran lainnya.
Berikan makanan tambahan seperti biji-bijian yang mengandung cukup protein dan energi, serta sayuran hijau dan buah-buahan berwarna merah. Beberapa dari para penggemar burung kenari ini sering memberikan kroto atau telur semut pada kenarinya dengan jumlah 3 butir saja setiap 1 – 2 kali seminggu.
Tak hanya itu saja, telur puyuh juga bisa diberikan untuk membantu memaksimalkan suara burung kenari dan juga bisa untuk menjaga kesehatannya.

8. Lakukan pemasteran

Tips agar kenari cepat pecah suara ampuh selanjutnya adalah dengan cara melakukan pemasteran pada burung kenari peliharaan anda. Pemasteran ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk membantu menjadikan burung kenari menjadi pecah suaranya. Pemasteran bisa anda lakukan dengan cara menutupkan kain pada sangkar. Dimana burung kenari di dalamnya sudah dimandikan dan dijemur selanjutnya nada mendengarkan suara burung lain yang telah jadi.

Proses memperdengarkan suara kicaun burung yang telah jadi tersebut diharapkan bisa ditiru oleh burung kenari yang ada di dalam sangkar. Pemasteran ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengatasi kenari yang macet bunyi supaya bisa menjadi gacor kembali.

Itulah beberapa Tips Kenari Cepat Pecah Suara Ampuh yang dapat dilakukan baik bagi pemula maupun mereka yang sudah melakukan perawatan pada burung kenari namun belum memiliki hasil yang maksimal. Untuk memperoleh suara yang baik pada burung kenari maka lakukan tips kenari cepat pecah suara ampuh yang disebutkan diatas secara konsisten dan teratur.

Baca Juga :   5 Cara Mudah Merawat Burung Murai Dengan Mudah Untuk Pemula

Baca juga;

Cara Menanam Timun Baby (Perawatan Sampai Panen)

Cara Menanam Bawang Lokio Dan Perawatannya Sampai Panen