4 Cara Budidaya Sun Conure Bagi Pemula “Paling Mudah”

Posted on

Cara Budidaya Sun Conure Bagi Pemula Paling Gampang

Cara Budidaya Sun Conure – Mungkin beberapa orang masih terlalu asing dengan istilah sun conure, namun lain halnya dengan mereka para pecinta hewan ataupun burung hias. Para pecinta hewan dan burung hias sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Sun conure merupakan nama salah satu burung yang termasuk ke dalam kelompok burung hias. Saat ini nama burung tersebut banyak digemari dan sedang populer. Umumnya secara ilmiah sun conure mempunyai nama latin yaitu Aratinga solstitialis yang merupakan jenis burung bertubuh kecil. Burung jenis ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, namun seiring berjalannya waktu burung sun conure telah banyak tersebar diberbagai Negara termasuk Indonesia.

Cara Budidaya Sun Conure Bagi Pemula Paling Gampang

Burung jenis ini mempunyai ciri-ciri tertentu yang dapat dibedakan dengan jenis burung yang lainnya. Bulu dan paruh dari burung sun conure memiliki daya tarik tersendiri. Jika dilihat dari segi fisiknya bulu dari burung sun conure berwarna kuning berkilau dengan paruh sedikit agak bengkok. Tidak hanya itu, ternyata burung ini juga mampu menirukan berbagai macam suara dari burung lain dan hal ini tentunya menjadi daya tariknya. Ketika di alam bebas, burung sun conure biasa hidup berkelompok dan dalam satu kelompok dapat terdiri dari 20 ekor. Selain itu, burung jenis ini ternyata memiliki sifat yang cukup jinak dan mudah apabila dipelihara. sehingga bagi anda yang tertarik untuk memelihara burung jenis ini, berikut kami uraikan Cara Budidaya Sun Conure yang mungkin dapat anda coba.

Baca Juga :   Burung Cucak Rowo - Habitat, Jenis dan Manfaat Memeliharanya Lengkap

1. Memilih Lokasi Budidaya

Menentukan lokasi budidaya tentu saja suatu hal yang harus anda persiapakan pertama kalinya jika anda ingin mulai membudidayakan sun conure. Dalam memlih tempat atau lokasi anda tidak disarankan memilih sembarangan. Hal ini diakrenakan burung sun conure merupakan burung hias sekaligus burung kicau. Untuk itu berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

  • Usahakan lokasi penempatan budidaya burung sun conure tidak dekat dengan ruang makan atau dapur.
  • Pilih lokasi yang cocok, misalnya dihalamaan belakang rumah yang luas akan lebih baik.
  • Perhatikan penyinaran, disarankan untuk memberikan penyinaran yang tidak terlalu penuh. Pilih tempat yang sedikit agak rindang dari pepohonan atau lainnya.
  • Perhatikan suhu sekitar, suhu yang disarankan sekitar kurang lebih 270 derajat celcius burung jenis ini akan lebih nyaman pada suhu tersebut.

2. Media Budidaya

Berikutnya yang diperlukan adalah menyediakan media budidaya. Terlebih dahulu anda disarankan untuk mengetahui karakteristik dari burung sun conure, hal ini bertujuan agar anda dapat membuat media budidaya yang nyamaan untuk burung sun conure. Hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Ketahui terlebih dahulu tentang kebiasaan dan sifat dari burung tersebut. secara umum burung ini memiliki sifat yang mudah jinak.
  • Buatlah sangkar yang besar dan luas sesuaikan dengan burung sun conure yang akan anda budidayakan.
  • Berilah atap berupa genting atau seng pada sangkarnya. Selain itu anda dapat menggunakan dua jenis bahan, diantaranya bambu dan juga besi. Jika anda ingin sarang yang lebih kuat maka sangkar dari bahan besi sangat cocok.
  • Tempatkan pijakan atau tangkringan pada setiap sudut sangkar, sehingga burung jenis ini dapat hinggap dan bergerak dimana-mana dengan lincah dan leluasa.
  • Anda juga dapat memberi asesoris seperti mainan ayunan di dalam sangkar, selain itu pemberian barang yang dapat digigit juga dapat anda letakkan di dalamnya.
  • Jangan lupa untuk menyediakan tempat minum.
  • Berilah alas berupa papan dibawah sangkar agar mudah membersihkan kotoran dari burung tersebut.
Baca Juga :   Cara "Ampuh" Pengendalian Hama Dan Penyakit Ikan Mujair

3. Bibit Sun Conure

Lngkah berikutnya dalam Cara Budidaya Sun Conure yaitu dengan memilih bibit anakan yang berkualitas dan sehat. Anda bisa mendapatkannya dengan mengawinkan burung sn conure betina dan jantan dalam satu kandang, hingga betina bertelur dan menetas. Cara yang kedua, anda dapat membeli bibitnya secara langsung di toko hewan. Berikut hal yang perlu diperhatikan:

  • Pertama, bibit yang anda pilih haruslah yang berkualutas dengan ciri tidak terdapat cacat sedikitpun pada bibit tersebut, dari ujung kepala hingga ujung kaki.
  • Perhatikan kelincahannya, jika bibit tersebut lincah maka dapat dikatakan sehat.
  • Bibit yang sering berkicau juga menandakan bibit yang baik.
  • Isilah sangkar dengan 6 – 8 bibit burung sun conure dengan jumlah antara jantan dan betina sama.

4. Pemeliharaan Sun Conure

Selanjutnya lakukan pemeliharaan burung sun conure dengan memberinya makan dan membersihkan kandang secara rutin. Bahan pakan yang perlu anda berikan kepada burung sun conure, yaitu:

  • Pilih pakan yang mengandung protein, vitamin, lemak, karbohidrat dan mineral.
  • Berikan makanan tambahan berupa sayur dan biji-bijian seperti biji kenari.
  • Terdapat juga pantangan dalam pemberian pakan, yaitu anda harus menghindari pemberian minum berupa air gula, susu yang mana dapat berbahanya bagi system pencernaan burung jenis ini.
  • Berilah makan sebanyak 2 hingga 3 hari dalam sehari, jangan sampai telat.
  • Selain pemberian pakan yang dilakukan secara rutin, pembersihan kandang juga harus anda lakukan. Lakukan pembersihan kandang sekitar 5 hari sekali agar burung sun conure terhindar dari penyakit.
  • Ketika musim kawin tiba, burung jenis ini akan memilih pasangannya sendiri, sehingga anda hanya perlu menyediakan sekat pada sangkar burung tersebut.
  • Setelah musim kawin selesai, anda akan mendapatkan anakan burung sun conure, dan dapat anda jual di toko ataupun pasar hewan.
Baca Juga :   15 Cara "Paling Efektif" Merawat Golden Retrievers Agar Jinak

Nah, demikian uraian mengenai Cara Budidaya Sun Conure yang dapat anda coba di rumah sebagai pekerjaan sampingan atau hobi. Semoga uraian tersebut dapat memberikan informasi dan wawasan bagi kita semua.

Baca juga;

Tips Kenari Cepat Pecah Suara Ampuh

Cara Menanam Timun Baby (Perawatan Sampai Panen)