Tips Merawat Burung Jalak Putih

Posted on

Tips Merawat Burung Jalak Putih

Tips merawat burung jalak putih – banyaknya kicau mania sehingga membuat para pecinta burung ingin berlomba-lomba memiliki berbagai jenis burung. Apalagi tak hanya pria yang suka dengan burung, namun sejumlah wanita pun ada yang pecinta burung juga. Untuk burung sendiri kalian tau bahwa tak hanya satu ataupun dua saja yang dijumpai, namun banyak. Salah satunya ialah burung jalak putih.

Jalak putih mempunyai bulu warnanya putih bersih dan warna hitam di bagian sayap dan juga ekornya, ada sedikit warna kuning pada area sekeliling matanya. Burung jalak putih masuk di dalam daftar burung cantik yang cocok untuk dipelihara para pecinta burung tanah air. Oleh sebab tu banyak yang suka terhadap burung satu ini. Namun, bagaimana Tips merawat burung jalak putih? Beirkut ulasan lengkapnya akan dibahas penulis.

Merawat burung jalak putih adalah hal penting untuk jenis hewan ini. Bahkan bila perawatannya ini dengan sembrono malah bisa memicu masalah baru. Dengan perawatan yang tepat maka dapat menentukan suara yang akan diperoleh dari jalak putih, yakni suara yang merdu dan indah.

Perawatan burung jalak putih ini terbilang susah susah gampang, sebab akan terasa susah jika kalian tak tlaten. Bila terus bersabar dan juga tlaten maka dalam proses perawatannya ini akan menghasilkan yang bagus dan tidak akan menghianati usaha yang sudah kalian lakukan. Untuk itu, berikut ini kami jelaskan tentang Tips merawat burung jalak putih.

Baca Juga :   10 Cara "Mudah dan Ampuh" Menjinakkan Kucing Persia Dewasa

Tips merawat burung jalak putih

1. Pemilihan bibit paling baik

Entah baik maupun tidaknya sebuah burung, saat sudah ada di tangan kalian maka sudah jadi kewajiban merawatnya secara baik. Akan tetapi, yang harus kalian perhatikan ini adalah supaya kalian tak merasa direpotkan sekali dan juga susah. Seharusnya sebelum menjalani perawatan harus dapat memilih indukan paling baik. Paling disarankan untuk kalian dalam memilih jalak putih yang jantan sebab sudah terkenal menjadi penghasil suara dengan lebih indah serta lantang dibandingkan jalak putih betinanya.

2. Rajin memandikan

Memandikan jalak putih merupakan langkah awal dalam merawat burung jalak. Mandikan jalak putih kalian di setiap pagi hari (kurang lebih jam 07.00 sampai 08.00) dengan memakai sprayer. Jangan lupa untuk mencampurkan sampo khusus burung secukupnya di dalam air sprayer yang berfungsi untuk membuat bulu jalak putih akan tetap terasa lembut dan juga halus, serta bisa mencegah sekaligus membasmi kutu, kuman serta mengharumkan. Jangan memandikan jalak putih saat hari sedang hujan sebab hal ini bisa mengakibatkan jatuh sakit sebab cuaca yang tak tepat.

3. Penjemuran

Penjemuran perlu dijalankan dengan rutin, sebab bisa jadi bagian dari memandikannya sekaligus tujuannya supaya burung ini mendapatkan asupan vitamin D. Saat cuaca sudah cerah, sesudah jalak putih ini kalian mandikan maka kemudian lakukan penjemuran kurang lebih selama 1 jam lamanya. Bila ketika itu keadaan matahari tak begitu cerah, maka boleh dilakukan penjemuran saat lebih dari 1 jam namun harus tetap kurang dari 2 jam durasinya. Mungkin kurang lebih 1 jam lebih 15 menitan.

4. Pemberian multivitamin

Jangan lupa untuk kalian selalu memberikan vitamin supaya terpenuhinya asupan vitamin bagi tubuh burung jalak putih. Berikanlah multivitamin dengan teratur serta tepat untuk burung jalak putih sebab hal ini bisa menjadi salah satu tips yang paling utama bagi burung.

Baca Juga :   Tips Memelihara Anjing Pom Bagi Pemula

5. Pemberian pakan tambahan

Berikanlah makanan tambahan mislanya 3 hingga 5 ekor jangkrik di setia pagi dan 2 hingga 3 ekor jangkrik di sore harinya. Selain itu pun tambahkan kurang lebih setengah hingga 1 sendok teh ulat hongkong dengan takaran 2 – 3 kali dalam seminggu. Pemberian pisang kepok pun atau buah lain misalnya pepaya yang sudah terolesi madu pun harus dilakukan sebagai makanan jalak putih yang lebih bervarian dan menyehatkan.

6. Penguasaan suara

Lakukan penguasaan suara untuk jalak putih kalian, sebab hal ini penting sekali. Bisa lewat burung yang sudah mempunyai suara merdu lalu akan berpengaruh terhadap suara jalak putih maupun kalian ingin memakai cara yang lain misalnya mendengarkan suara dari burung mp3. Nah cara itu pun bisa langsung mensugesti burung jalak putih kalian supaya mau gacor dengan lebih lantang dan aktif.

7. Pemakaian sangkar besar

Supaya dapat menciptakan kenyamanan untuk jalak putih kalian, hendaknya tempatkan burung di sangkar yang ukurannya lumayan besar yang bertujuan agar dapat terbang secara lincah dan dapat terhindarkan dari stress. Kalian pun dapat menambahkan sejumlah pohon kecil maupun ranting-ranting pohon yang ada di dalam sangkar guna memberikan kesan mirip dengan alam liar secara umumnya. Jangan lupa pula untuk memberikan tempat air minum dan tempat mandi khusus untuk jalak putih.

8. Perawatan kandang

Tips berikutnya ialah kalian bisa melakukan secara tlaten yakni pembersihan kadnang maupun sangkarnya. Sebab dengan begitu maka burung akan menjadi sangat nyaman dan tak akan mudah stress. Selain itu sering mengganti tempat tempat wadah makanannya menjadi lebih bersih lagi. Sering menyirami bagian halamannya dibawah supaya terasa lebih adem.

Mungkin seperti itu saja mengenai Tips merawat burung jalak putih. Beberapa cara diatas tadi bisa kalian terapkan pada burung jalak putih kalian dirumah. Burung jalak putih ini mempunyai tingkat sensitif lebih aktif, sehingga ia mengutamakan kenyamanan lokasi ia berada. Semoga ulasan tadi bisa menambah wawasan pengetahuannya. Terima kasih.

Baca Juga :   Cara Budidaya dan Merawat Burung Cipoh Agar Gacor Agar Rajin Bunyi

Baca juga:

Cara Menanam Vanili Dengan Mudah

Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Stress