Cara Memelihara Ikan Hias Dengan Benar

Posted on

Cara Memelihara Ikan Hias Dengan Benar

Cara memelihara ikan hias dengan benar – ikan hias memang mempunyai daya pikat tersendiri yang membuat manusia akhirnya memilih menjadikan hewan air ini sebagai dekorasi untuk memperindah rumahnya.
Kehadiran ikan hias ini ternyata memberikan beragam manfaat untuk manusia. Ikan hias yang terdapat di dalam akuarium selalu memberikan dampak nuansa damai, menyenangkan dan rilex.

Sejumlah orang mungkin akan lebih tertarik memelihara ikan hias, akan tetapi lumayan malas sebab bila ditaruh dalam akuarium banyak yang mati. Ikan hias dalam akuarium maupun kolam tak akan mati tanpa sebab. Kemungkinan ada kesalahan dalam pemeliharaanya. Berikut ini beberapa tips Cara memelihara ikan hias dengan benar yang dianjurkan, antara lain :

1. Pilihlah ukuran akuarium maupun kolam yang sesuai ukuran ikan

Penting sekali dalam menyesuaikan ukuran tubuh ikan hias yang akan dipelihara bersama tempat hidupnya nanti. Temat hidup ikan ini sama halnya dengan kolam tanah, akuarium, bak semen, bak fiber glass dan kolam terpal maupun tempat lainnya yang tak bocor dengan beragam jenis ukuran bisa dipakai sebagai tempat hidup ikan hias.
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan terhadap ekosistem buatan untuk ikan hias tersebut ialah fungsinya harus secara biak dan banr dalam menampung air, yakni bukan berasal dari bahan yang bisa berpengaruh terhadap ikan hias. Adapun sejumlah pembahasan tentang tempat hidupnya ikan hias, antara lain :

  • Akuarium : akuarium dari bahan geas serta kaca akan lebih mudah dipakai guna emmelihara ikan hias sebab bisa terkontrol secara baik. Akuarium yang berasal dari bahan arkrilik ini kualitasnya jauh lebih baik sebab lebih tergores dan biaya pembuatan yang lumayan mahal.
  • Bak fiber glass : tempat penampungan ini terbuat dari cetaan dan perlu dipesan langsung di pabriknya.untuk kualitasnya ini tahan terhadap pecah, ringan akan tetapi lumayan mahal. Bak fiber glass dipakai dilaboratorium penelitian maupun para pedagang atau pengusaha ikan hias.
  • Kolam tanah : sejumlah ikan/ ikan konsumsi terkadang memakai kolam tanah untuk pemeliharaan ikan. Ikan yang ukurannya sedang serta besar terkadang dipelihara dengan memakai kolam tanah. Kelangsungan hidup dari ikan hias ini bergantung sekali dengan kualitas air dalam kolam, jadi perlu diperhatikan mulai dari suhu, derajat keasamaan, kecerahan air dalam kolam dan kandungan oksigen yang terlarut.
  • Kolam semen/ beton : pembuatan dari beton atau kolam semen ini dinilai murah, mudah serta ukurannya ini bisa bervariasi sesuai dengan keperluan. Kekurangan dari kolam semen maupun beton ini membutuhkan waktu lama untuk dipakai hingga efek sindrombak baru di dalam kolam semen mauun beton bisa hilang. Hal lainnya lagi bila mengalami kebocoran maupun rembes di dalam kolam itu kerap susah diperbaiki lagi.
  • Kolam plastik ; kolam plastik ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang dipakai guna memelihara sejumlah ikan hias. Plastik yang dipakai haruslah tebal nan kuat guna menahan air. Plastik terpal bisa dipakai guna membuat kolam tersebut hanya hanya saja harganya cenderung jauh lebih mahal. Kolam plastik direkomondasikan dalam pemakaian waktu singkat saja.
Baca Juga :   Proses Pembenihan Ikan Guppy Agar Bagi Pemula Hasil Maksimal

2. Ketahuilah jenis ikan yang dipelihara

Penting sekali guna mengetahui jenis ikan hias yang dipelihara nanti, sebab ikan hias yang agresif ini tidak diperbolehkan masuk dalam kolam sama bersama jenis ikan tak agresif, ataupun sebaliknya. Sebab ikan hias tersebut harus dipantau serta diamati dengan benar supaya tidak salah di dalam hal pemeliharaannya.
Sebaiknya juga menyesuaikan akuarium yang menjadi tempat hidup ikan hias ini, bila ikan hias ini jenisnya tawar. Adapun sejumlah jenis ikan hias yang bisa kalian pakai untuk pemeliharaan serta mempercantik ruangan dalam rumah, antara lain :

  • Ikan cupang : ikan ini menawan sekali dengan beragam jenis warna tubuhnya yang indah dan ekornya yang terlihat menawan di beragam jenis bentuknya.
  • Ikan guppy : ukuran ikan ini kurang lebih 2,5 cm. Ikan guppy banyak dipelihara sebab mempunyai keindahan warna serta bentuk siripnya.
  • Ikan arwana : ialah salah satu macam ikan hias yang mempunyai sisik unik. Ikan arwana termasuk dalam ikan purba berukuran tubuh sepanjang 1 m dan ukuran telurnya sama dengan telur puyuh.
  • Ikan louhan : ikan ini mempunyai warna cantik berbenjolan dikepala sebagai daya tariknya.
  • Ikan mas koki : ikan hias tersebut mempunyai warna cerah dan variasi bentuk beranekaragam.

3. Pisahkan ikan yang tak sehat terhadap akuarium

Setiap makhluk hidup melakukan hemeostasis dalam ekosistem guna mempertahankan hidup. Akan tetapi, kondisi ikan yang tak sehat sebabjamur, cacing atau penyakit lain perlu segera dipisahkan terhadap akuarium supaya tak menular di ikan lain.

4. Aturlah arus air dalam akuarium/ kolam

Sejumlah jenis ikan hias perlu mempunyai arus air sesuai habitat aslinya supaya sistem pernapasan ikan, sistem peredaran darah ikan dan sistem eksresi ikan bisa berjalan baik serta ikan tetap akan bertahan hidup.

Baca Juga :   12 Cara Budidaya dan Merawat Ikan Discus Bagi Pemula "Supaya Tetap Sehat"

5. Pakailah air bersih

Air adalah komponen utama sebagai sarana kehidupan ikan hias. Maka pergantian air dalam akuarium perlu dilakukan selama 1 kali dalam seminggu.

6. Berilah makanan secara teratur

Ikan merupakan bagian sistem rantai makanan. Makanan yang diberikan untuk ikan ini harus sesuai komposisinya dan teratur.

Nah sobat, memilih ikan hias untuk hewan peliharaan ini boleh saja ya. Akan tetapi perlu tetap diimbangi dengan melestarikan ekosistem ikan hias ini. Ikan hias merupakan bagian keseimbangan ekosistem. Sekian informasinya mengenai Cara memelihara ikan hias dengan benar. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Ternak Jangkrik Modern Dengan Hasil Maksimal

8 Cara Menanam Jamur Lingzhi Supaya Panen Melimpah