10 Cara Pengobatan Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Posted on

10 Cara Pengobatan Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

10 cara pengobatan sisik nanas pada ikan cupang – cupang merupakan spesies ikan yang gampang ditemukan. Sekarang ini banyak orang yang menjalankan budidaya ikan untuk bisnis mereka. Selain itu, ikan ini bisa untuk peliharaan misalnya menjadi isi kamar mandi, aquarium botol kecil dll. Berikut ini kami jelaskan mengenai 10 cara pengobatan sisik nanas pada ikan cupang.

Selain itu, cupang pun dapat dipelihara seperti isi kamar mandi, aquarium botol kecil dll. sama seperti makhluk hidup lain, cupang pastinya tak lepas dari penyakit. Jenis penyakit yang biasa menyerang ikan ini dropsy.
Kemungkinan sebagian banyak orang masih kurang kenal dengan jenis virus ini. dropsy/ sisik nanas adalah keadaan yang pastinya diperhatikan.

Ada sejumlah pengobatan pada ikan cupang yang dapat kalian lakukan saat memeliharanya. Perhatikan ikan kalian supaya terbatas segala bentuk penyaki dengan melakukan pencegahan dan pengobatan yang tepat sebab penyakit dropsy ialah keadaan yang memprihatinkan bagi sang ikan.
Pada sebuah kasus yang parah, ikan cupang dapat mati bila mengidap sisik nanas parah sekali dengan seiring berjalannya waktu sebab tak akan tertangani segera.

Penyakit sisik nanas adalah sebuah keadaan yang dapat membuat ikan sulit buang air besar. Tandanya saat terjadi dropsy atau sisik nanas ini dibuktikan bahwa ikan cupang tengah terjadi dropsi yakni dengan pembekakan dibagian perutnya. Saat gejala dropsy sisik ikan ini maka akan dominan melemah atau terjadinya lemas dan berdiam diri.
Berikut ini caranya pengobatan :

Baca Juga :   Cara Menyembuhkan Penyakit Pada Bebek

1. Karantina ikan cupang

Ketika kalian bertemu dengan sejumlah maupun sebagian dari populasi ikan cupang maka budidayakan mengidap dropsy. Nah, untuk caranya pertama dengan melakukan karantina. Karantina ini dengan meletakkan ikan yang berpenyakitan di sebuah tempat menyendiri. Cara ini untuk mencegah terjadinya penularan ikan lainnya supaya kerugian yang timbul tak terlalu besar.

2. Paruh di wadah lumayan memadai

Walaupun cupang ada dalam keadaan sakit, bukan berarti kalian dapat memperlakukan hewan tersebut sembarangan. Justru kurang stabil tersebut kalian perlu membantunya pulih kembali terhadap penyakit sebab kesempatan penyembuhannya pun lumayan besar bila perawatannya dijalankan secara baik dan maksimal. Jangan meletakkan ikan cupang dropsy di wadah maupun tempat kecil walau hanya 1 ekor.
Setidaknya tempat ini layak dan dapat ruang gerak sang ikan. Idealnya ikan cupang satu ekor di sebuah toples diameternya 20-25 cm. dapat kalian bayangkan serta kira-kira bahwa ikan ini sakit lebih dari satu.

3. Berikanlah air yang bersih

Bila kalian sudah meletakkan ikan di wadah sendiri alias karantina, maka jangan memberikan air cukup. Terutama air yang kondisinya bersih. Kalian harus tau bahwa penyebab terjadinya virus maupun bakteri muncul ini disebabkan faktor utama, yakni kurang sehat.

4. Memberikan obat anti bakteri

Langkah tepat utama ini saat kalian bertemu dengan ikan yang sakit dan memberikannya obat. Cara tersebut lumayan dianjurkan supaya perlakuan baik untuk kesembuhan ikan bisa berpenampilan menarik. Kalian bisa memberikan antibakteri untuk ikan cupang sakit sisik nanas.

Caranya mudah yakni memasukkan tablet antibakteri dalam seperempat gelas air sambil diaduk sampai obatnya hancur, namun tak sampai larut dalam air. Sesudah itu, tuanglah dalam akuarium/ wadah tempat ikan cupang bersarang. Namun, yang perlu kalian ingat selama memberikan obat ikan tak usah diberi pakan sementara waktu.

Baca Juga :   12 Cara Membuat Kucing Akrab Dengan Kucing Lain

5. Memberikan pakan sehat

Memberikan makanan sehat pun bisa berpengaruh dalam keadaan ikan lebih baik lagi. Jenis pakannya ini misalnya kutu air/ jentik nyamuk yang steril, caranya dengan direndam lebih dulu dilarutan antibiotic. Efektifnya larutan air 500 ml diberikan sebanyak 6-7 teteas antibiotic cair, lalu masukkan pakan dan mendiamkan 3 jam sebelum diberikan kepada ikan.

6. Rajin menguras air

Untuk mencegah penyakit dan virus maka lakukan perawatan cupang sakit, kalian bisa sering membersihkan tempatnya. Minimal lakukan pengurasan air selama 3 hari sekali.

7. Berikan nutrisi cukup

Jangan lupa memberikan nutrisi baik untuk ikan cupang. Berikan nutrisi tersebut untuk cupang berbentuk ikan yang dapat kalian beli di toko ikan dekat.

8. Bersihkan ikan

Ketika ikan kalian dalam kondisi sakit misalnya serangan sisik nanas maka kalian rajin memberikan sentuhan ikan secara perlahan dan mengelus tubuhnya supaya bersih. Jangan memberikan tekanan, hanya mengusap saja pelan-pelan agar tak terasa tersakiti.

9. Memanfaakan daun ketapang

Carilah daun ketapang serta campuran/ larutan di sedikit air sampai warnanya mirip teh. Kemudian masukkan di dalam air ikan itu.

10. Berikan garam ikan

Lalu untuk terakhirnya guna menyembuhkan sisik nanas ikan ini kalian bisa mencampurkan larutan garam pada ikan di dalam aquariumnya ikan.
Jalankan 10 cara pengobatan sisik nanas pada ikan cupang ini selama kurang lebih 1 minggu atau ( 7 hari ). Sesudah itu, lihatlah hasilnya apakah ikan yang kalian rawat ini dapat membaik maupun tidak. Penyakit sisik nanas ini memang keadaan yang dapat membuat ikan kesulita dalam buang air besa.

Jadi tandanya ini terjaidinya dropsy yaitu bengkaknya dibagian perut. Nah, saat gejala dropsy sudah terjadi maka sisik ikan ini akan dominan melemah dan lemas sehingga berdiam diri. Jika ikan kalian terjadi demikian maka kalian bisa menggunakan cara yang sudah disampaikan diatas tadi. Demikianlah cara yang dapat kami sampai semoga bisa bermanfaat dan terima kasih,

Baca Juga :   Jenis Tanah yang Cocok Untuk Ditanami Tanaman Kakao (Coklat)

Baca juga:

Cara Menanam Daun Ashitaba Di Pekarangan Rumah

Cara Mengobati Katarak Pada Burung Secara Alami