10 Tips Memilih Burung Merpati Balap Berkualitas

Posted on

10 Tips Memilih Burung Merpati Balap Berkualitas

Merpati balap – ingin memperoleh burung merpati balap berkualitas bagus memang lumayan membingungkan jika kalian tidak tau cara tepat memilih burung ini. cara memilih burung dari merpati balap yang pasti tidak bisa kita lepaskan terhadap karakteristiknya burung merpati balap yang berkualitas. Untuk itu, maka kalian perlu tau bagaimana caranya memilih burung merpati balap berkuallitas supaya kalian tidak membuang uang sia-sia.

1. Lihat indukannya

Faktor genetik tidak dapat dipungkiri sebagai satu-satunya penentu sejauh maa atau sebagus apa burung merpati balap ini selagi masih kecil bisa berkembang. Meskipun memang latihan dan juga perawatan baik perlu dilakukan supaya burung merpati balap benar-benar bisa berkembang secara baik.

Akan tetapi, sebaiknya kalian tidak melupakan bagimana faktor genetik yang berperan sangat besar di dalam perkembangan maupun pertumbuhan burung dari merpati balap maupun hewan secara umum. Burung yang secara umum asalnya dari indukan baik, lincah nan terbangnya lancar juga selalu sehat maupun memiliki karakteristik unggul lain sudah tentu mempunyai potensi berkembangbiak paling baik.

2. Amati postur tubuhnya

Burung merpati balap yang sangat berkualitas pasti mempunyai postur tubuh baik. Maksudnya ini ialah burung kalian perlu mempunyai postur tubuh yang harusnya tidka terlalu gemuk/ tidka terlalu kurus dan tidka terlalu kecil maupun terlalu bear. Postur tubuh ideal sudah pasti membantu burung kalian sangat baik untuk terbang. Seluruh burung merpati balap berkualitas tentu mempunyai postur tubuh ideal jadi bisa mendukung performanya ketika terbang.

Baca Juga :   15 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif

Postur tubuh dari merpati balap ini yang baik ialah streamline yang memungkinkan burung merpati terbang secara lincah nan gesit.

3. Amati seberapa cepat ia akan terbang

Burung merpati balap berkualitas unggul bisa menerbangkan dirinya menggunakan kecepatan tinggi. Hal ini memang sebagai idaman orang banyak, selain itu bisa kalian gunakan pula menjadi salah stau ciri pengamatan burung balap kalian berkualitas baik atau tidak.

4. Perhatikan lehernya

Bentuk serta ukuran dari merpai balap sangat berpengaruh pada kelincahan burung ketik burung terbang. Burung merpati balap berkualitas mempunyai leher yang ukurannya sedang setika kalian memegang terasa kuat dan kencang. Sebaiknya kalian menghindari burung yang lehernya panjang sebab hal ini mencirikan bahwa burungnya tidka fokus jadi kecepatnnya kadang akan berkurang. Sebaliknya jangan memilih yang pendek pula sebab ini kadang menciikan kebiasaan merpati kurang lincah.

5. Amati badannya

Burung merpati balap yang berkualitas unggul akan mempunyai bentuk badan tegap dan juga kuat khususnya pejantan. Kalian bisa mengamati bentuk badan dari burung merpati balap kalian guna mengetahui cara tepat apakah ia dapat terbang secara lincah dan juga cepat ketika diudara. Postur badannya tegap menunjukkan bahwa ia lincah serta cepat ketika mengudara.

Sejumlag ciri lebih spesifik diantaranya ukurannya yang seag dan juga entuknya yang bulat berisi, badannya lentur dna enak ketika dipegang mislanya bola karet, daging otot dengan memenuhi badan mulai dari dada hingga belakang, berat badang yang tidak ringan/ berat.

6. Amati dadanya

Burung merpati balap berkualitas unggul akan mempunyai dada tegap dan kuat. Khususnya para pejantan, kalian bisa mengamati dari bentuk dadanya bersama badan burung kalian guna tau secara tepat apakah ia akan berterbang lincah dna juga cepat. Postur tubuh tegap ini akan menunjukkan ia lincah serta cepat ketika mengudara.

Baca Juga :   20 Cara Mudah Ternak Kroto dengan Media Besek, Paralon, Toples Paling Murah

7. Perhatikan sayapnya

Burung merpati balap berkualitas akan mempunyai sayap lumayan panjang. Pada waktu terlipas posisinya ini akan sama panjangnya dari ujung ekor burung kalian maupun ujung sayap ada di sepanjang ujung ekor merpati kalian. Jika tidak demikian, maka minimal ujungnya sayap ini tidka akan terlalu jauh pada ujung ekor burung merpati kalian. Bulu sayap burung merpati yang bagus akan mempunyai ukuran tebal dan halus jika kalian pegang.

8. Mengamati paruhnya

Burung merpati yang berkualitas bagus mempunyai paruh dengan ukuran kecil maupun sedang. Jika kalian sulit untuk mengukurnya maka bayangkan paruh puter, akan tetapi berukuran lebih pendek lagi. Jika paruhnya pendek, bisa kalian pertimbangkan lebih lanjut sehingga bisa mengadu burung tersebut sebab kemungkinan besar mempunyai kemampuan yang bagus.

9. Cermati hidung dari burung merpati balap kalian

Burung merpati balap berkualitas mmepunyai ciri hidung berikut :
• Ukurannya besar, lumayan panjang serta menggembung namun genetik ini bukan jenis prambon.
• Jika jenis merpati prambon maka hidungnya ukurannya panjang, besar dan akan melekat paruhnya.
• Jika asalnya dari spesies jawa, maka ini hidungnya bentuknya kecil, menggembung.

10. Lihatlah kepalanya

Burung merpati berkualitas mempunyai batok kepala lebih tinggi daripada kepala belakangnya. Lazimnya ini dianggap menjadi tanda bahwa merpati ini lebih pintar dibandingkan kepala kecil. Karena ialah otaknya sangat besar dianggap lebih pintar.

Burung merpati balap ini memang bagus jika diadu dimana saja dan kapan saja. oleh sebab itu kalian perlu memilih burung merpati balap yang mempunyai mentalitas tinggi dan teruji. Ciri khasnya ialah ia tidka menyerah meskipun perlu ditarung dengan burung lainnya maupun ketika ia terjadi kesulitas terbang khusus.

Baca Juga :   10 Cara Merawat Kucing Sakit Mata Termudah Tanpa Ke Dokter

Inilah sejumlah cara guna memilih merpati balap berkualitas serta layak untuk kalian beli. Jangan lupa pula mengalami lebih detail dan membawanya ke teman yang lebih berpengalaman maupun sudah pakar ketika akan memilih burung supaya kalian benar-benar yakin bahwa burung kalian ini telah berkualitas. Semoga menambah ilmu pengetahuannya.

Baca juga: