15 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif

Posted on

15 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif

Cara menghilangkan kutu kucing – kutu kucing bisa mengakibatkan beberapa masalah yang ringan sampai berat. Jika kalian sudah tau kucing peliharaan kalian ini mempunyai kutu yang banyak, maka jangan takut dan juga gelisah. Disini akan kami bagikan solusi tepat bagaimana cara menghilangkan kutu kucing dengan alami.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Efektif Dengan Alami

1. Minyak tawon atau telon

Jika kalian tak ingin memakai obat-obatan serta hanya ingin benda yang ada di sekeliling kalian maka bisa kalian gunakan minyak tawon atau minyak telon. Minyak satu ini dapat kalian peroleh di toko terdekat rumah kalian. Kalian bisa mengusapkan di bagian rambutnya kucing sehingga mmebuat si kutu kepanasan lalu akan meninggalkan bulu kucing.

2. Bedak anti jamur/ spray anti kutu

Cara yang kedua ini kalian bisa memakai spray anti kutu. Untuk pemakaiannya spray ini tak hanya disemprotkan sampai kelihatan basah, sebab dapat berdampak buruk untuk kucing kalian. Semprotannya ini hanyak secukupnya/ tidka boleh kurang atau lihatlah petunjuk yang ada di kemasan.

Baca Juga :   Cara Budidaya dan Merawat Burung Cipoh Agar Gacor Agar Rajin Bunyi

3. Suntik ivermectin

Di dalam dunia kedokteran ini, ivermectin dipakai guna mengobati infeksi parasite cacing gelang. Dari sejumlah kasus, suntik ini bisa dipakai pula untuk membunuh kutu. Untuk memperoleh hasil maksimal kalian bisa menyuntikkan kucing selama 3 kali dalam kurun waktu 3-4 minggu, namun kalian perlu berkonsul dulu dengan dokter.

4. Obat tetes pembasmi kutu

Cara ini bisa kalian coba dirumah yakni obat tetes. Obat ini dapat kalian pakai dengan cara menyuntikkan, mengusap dan disemprotkan. Untuk memperoleh hasil maksimal bisa dijalankan selama 1 bulan sekaligus dalam pencegehannya kutu. Sebelum memakai obat ini kalian harus membaca aturannya dalam kemasan yang tidka dianjurkan di anak kucing usia bawah 2 bulan.

5. Alat mandi anti kutu & jamur

Kalian dapat menggunakan shampoo untuk memandikan kucing kalian setiap harinya. Pemakaian sampo ini harus rutin sebab kutu paling tidak suka bila dengan kebersihan. Sehingga mereka akan berlari pindah ketempat-tempat yang kotor.

6. Tanah diatom

Tanah diatom ini merupakan tanah yang asalnya dari cangkang fosil tumbuhan laut kecil dengan fungsi guna pestisida mineral. Tanah diatom bisa membantu dalam mengatasi kutu pada kucing. Pemakaiannya ini kalian bisa memberikan tanah diatom di daerah rawan kutu atau di tempat tinggalnya. Contoh tempat makan, kandang, bermain dan masih banyak lagi lainnya.

7. Lemon

Lemon dipakai dengan cara menyemprotkan air lemon. Namun sebelumnya ini rebuslah menggunakan air yang mendidih lalu dinginkan. Air larutannya ini dapat dipakai untuk menyemprotkan di daerrah yang kalian rasa ada kutunya.

8. Membersihkan lingkungan kucing

Kebersihan lingkungan kucing inilah yang harus kalian perhatikan terutama.. kalian perlu membersihkannya sebab dalam kondisi yang lembab dan juga kotor ini akan berpotensi bersarangnya beberapa kutu yang bisa berpindah kepada kucing yang menempati.

Baca Juga :   5 Cara Mudah Merawat Burung Murai Dengan Mudah Untuk Pemula

9. Obat kimia

Sebab dengan obat tersebut pembuatannya dari bahan kimia, maka kalian perlu berkonsultasi pada dokter hewan dulu, sebab dosisnya ini akan bisa membahayakan pada kucing kalian. Cara ini yang sangat ampuh sebab langsung masuk kedalam tubuh kucing. Imbasnya ini kucing akan rentan terhadap infeksi, iritasi atau efeks sampaing lain.

10. Minyak kayu putih

Minyak ini tidka sama dengan minyak telon atau tawon. Minyak kayu putih adalah hasil dari penyulingan daun atau ranting tanaman tumbuhan. Pemakaiannya ini dengan cara mengusapkan minya di kulit kucing terutama gumpalan bulu sebab kadang rawan dari kutu. Kalian juga jangan lupa untuk menghindarkan minyak ini dari organ vital kucing, contohnya hidung, bekas luka dll.

11. Pestisida alami : piretrum

Piretrum ialah pestisida alami yang asalnya dari ekstral tumbuhan yang emmpunyai bunga. Pestisida sudah dikenal masa dahulu dalam mengendalikan jenis serangga dan ulat.

12. Cuci alat-alat kucing

Benda yang kerap dipakai kucing ialah selimut, alas biasa atau karpet yang kadang dipakai kucing. Benda itu akan dipakai sarangnya kutu dan disinilah terdapat air liurnya, kotornya serta sisa makanan atau benda organic lain yang bisa dipakai sebagai habitat kutu kucing.

13. Air panas

Tips ke 13 bisa sebagai cara yang paling mudah guna membasmi kucing. Caranya ini sma dengan poin yang ke 12 yakni dengan merendam benda ini misalnya alas kucing, selimut jadi kutunya akan mati. Larva kutu mati dalam suhu 36 derajat Celsius,s ementara kutu dewasa bertahan dalam suhu 38 derajat Celsius kruang lebih 24 jam.

14. Insektisida kimia

Caranya ini dapat menggunakan kimia serta hati-hati dalam memakainya. Cara ini bsia dijalankan dengan cara menyemprotkan inteksida di lingkungan kucing, misalnya karpet, tikar, dinding serta tempat yang dipakai kucing untuk tidur.

Baca Juga :   7 Cara Ternak Hamster Anggora Yang Baik dan Benar

15. Sisir kutu

Membersihkan kucing menggunakan sisir kadang tidak akan membasmi kutu dengan menyeluruh sebab telurnya ini kutu yang ukurannya paling kecil sekali . kalian dapat memakai sisir kutu yang dapat diperoleh di pet shop atau di pasar sekitar kalian. Pemakaiannya ini yakni dengan menyisirkan kucing dengan bersamaan memandikan kucing sehingga kutunya akan hilang tak tersisa.

Nah, setelah kalian mengetahui tentang bagaimana Cara menghilangkan kutu kucing efektif dengan alami, maka dengan ini kalian harusnya sudah lebih faham bahwa kucing ini perlu diperhatikan perawatannya sehingga kucing terhindar dari kutu dan bisa diajak main bersama. Terima kasih.

Baca juga: