11 Cara Menanam Dan Merawat Bunga Seruni Agar Dapat Tumbuh

Posted on

11 Tips Menanam Dan Merawat Bunga Seruni Agar Dapat Tumbuh

11 Tips Menanam Dan Merawat Bunga Seruni Agar Dapat Tumbuh – Bunga seruni atau dapat juga disebut dengan nama unga krisan merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki banyak penggemar dan peminat. Bunga seruni yang memiliki nama latin Chrysanthemum ini mempunyai bentuk bunga yang banyak kelopaknya dengan warna yang bervariasi dan menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang tertarik menanam bunga seruni dipekarangan rumah dan menjadikan bunga ini sebagai bunga potong. Di Negara lain bunga ini memiliki sebutan dengan nama “mum” dan memiliki kurang lebih sekitar 40 spesies dengan ribuan varietas.

Baca Juga :   Cara Kawin Silang Bunga Mawar Dengan Mudah

11 Cara Menanam Dan Merawat Bunga Seruni Agar Dapat Tumbuh

Namun, beberapa konsumen sempat mengeluhkan bahwa bunga seruni ketika masih di toko terlihat fresh akan tetapi beberapa hari kemudian bunga ini nampak mudah layu. Selain itu, banyak sekali pecinta bunga hias yang bertanya dan masih bingung dengan tata cara menanam bunga seruni agar tetap bermekaran meskipun telah dipindahkan ke dalam pot dan dibawa pulang. Nah, dibawah ini 11 Tips Menanam Dan Merawat Bunga Seruni Agar Dapat Tumbuh bagi seorang pemula yang ingin menanam tanaman hias di rumah.

1. Pilih dan ketahui kondisi lingkungan yang pas bagi bunga seruni.

Hal ini disebabkan bunga seruni lebih menyukai kondisi lingkungan yang dingin hingga hangat. Apabila kondisi lingkungan yang ditempati bunga seruni cenderung panas, maka dapat menyebabkan bunga tersebut mudah layu. Bagi anda yang ingin menanam bunga seruni, hendaknya perhatikan lingkungan tempat tinggal anda apakah dingin atau panas.

2. Tips selanjutnya tentukan jenis bunga seruni yang akan anda tanam.

Ada dua jenis bunga seruni yang umumnya sering ditanam yaitu bunga seruni pot dan bunga seruni potong. Apabila anda hanya bertujuan untuk menghiasi halaman rumah anda sebaiknya pilih bunga seruni pot, dimana bunga jenis ini mempunyai banyak variasi warnanya, tanamannya pendek dan harganya relative lebih murah jika dibandingkan dengan bunga seruni potong. Namun, apabila anda ingin membudidayakan bunga seruni, sebaiknya pilih bunga seruni potong yang umumnya digunakan sebagai hiasan dekorasi ataupun buket bunga.

3. Pemilihan waktu yang pas untuk menanam bunga seruni

Termasuk juga dalam 11 Tips Menanam Dan Merawat Bunga Seruni Agar Dapat Tumbuh. Hal ini disebabkan bunga seruni termasuk kedalam bunga musim gugur, apabila di Indonesia sebaiknya menana bunga jenis ini di penghujung musim penghujan.

Baca Juga :   5 Cara "Paling Mudah" Menanam Bunga Lily Casablanca Di Rumah

4. Apabila ingin menanam bunga seruni di dalam pot cara dan langkahnya cukup mudah.

salah satu tahap yang perlu anda persiapkan adalah menyiapkan pot dan media tanam. Anda dapat menggunakan pot plastik ataupun pot yang terbuat dari tanah liat. Akan tetapi, sekarang ini banyak yang tidak memakai pot tanah liat. Padahal pot tanah liat memiliki manfaat untuk tanaman, yaitu dapat menyerap kelebihan air.

5. Media tanam yang diperlukan adalah tanah humus, sekam padi dan juga pupuk kompos.

Ketiga media tanam tersebut mudah untuk ditemukan dibeberapa toko bunga.

6. Takaran komposisi yang pas bagi media tanam dapat memakai perbandingan 1 tanah humus: ½ pupuk kompos.

7. Apabila anda telah menyediakan media tanam, selanjutnya masukkan dalam pot plastik atau pot dari bahan lainnya dengan ukuran kecil.

Kemudian buatlah lubang sedalam 3 cm, lalu masukkan bibit bunga seruni dalam lubang tersebut dan tambahkan sekam secukupnya di bagian atas.

8. Apabila bunga seruni telah tumbuh tunas anda dapat menempatkannya pada pot yang lebih besar dengan memakai media tanam yang sama dengan sebelumnya yaitu tanah humus dan pupuk kompos.

9. Tahap berikutnya anda dapat menyiram bunga seruni secara rutin setiap pagi, dengan kondisi cukup tanah lembab dan basah.

Hindari menyiram bunga hingga air menggenang. Hal ini dapat menyebabkaan akar tanaman cepat membusuk. Penyiraman pada waktu sore dan malam hari dapat menyebabkaan bungaa seruni mudah untuk terserang penyakit. Selain itu, apabila menyiram bungaa seruni pada waktu siang hari dapat mengganggu proses fotosintesis tanaman. Sehingga hindari menyiram bunga seruni pada siang, sore, serta malam hari untuk mengindari hal-hal tersebut.

Baca Juga :   Cara Memilih Bibit Bunga Mawar Yang Paling Bagus

10. Anda juga perlu memastikan bahwa bunga seruni mendapatkan cukup sinar matahari.

Walaupun bunga seruni bukan termasuk dalam jenis bunga yang menyukai panas, setidaknya anda harus menempatkan bunga tersebut pada tempat yang mendapatkan sinar maatahari yang cukup atau hanyaa beberapa jam saja dalam sehari.

11. Berikan pemupukan dengan memakai pupuk kompos secara rutin setiap satu atau beberapa bulan sekali.

Hal ini bertujuan untuk menunjang nutrisi dari bunga seruni. Tidak hanya itu apabila menanam bunga seruni dari bibit dapat dilakukan pada setengah kuncupnya, namun jika membeli bunga seruni sudah dewasa teknik pinching atau pemotongan tidak diperlukan.

Meletakkan bunga seruni di halaman rumah di bawah pohon dapat memberikan hawa sejuk serta sinar matahari tetap dapat menyinarinya tidak secara langsung. Karena apabila mengenai tanaman seruni secara langsung dapat menyebabkan bunga tersebut layu. Anda juga dapat meletakkan bunga seruni di dalam rumah sebagai hiasan atau dekorasi, namun jangan lupa untuk tetap membawanya keluar agar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari berperan dalam proses foto sintesis tanaman.

Nah, itulah 11 Tips Menanam Dan Merawat Bunga Seruni Agar Dapat Tumbuh dengan baik dan cepat berbunga. Bagi anda yang tertarik untuk menanam bunga seruni dapat memperhatikan tips seperti diatas.

Baca juga:

7 Cara Menanam Bunga Kerta (Bougenville) dalam Pot

5 Cara Merawat Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah