5 Cara Budidaya dan Merawat Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah

Posted on

5 Cara Merawat Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah

5 Cara Merawat Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah – anggur brazil atau dikenal dengan Jaboticaba termasuk salah satu buah dari Amerika Latin diantaranya negara Brasil, Argentina, Bolivia, dan Paraguay. Sebab itulah anggur jenis ini disebut dengan anggur brazil.

5 Cara Budidaya dan Merawat Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah

Meskipun namanya buah anggur, tapi anggur yang satu ini beda dengan anggur pada umumnya. Karena anggur pada umumnya tak berbuah di batangnya, sementara untuk Jaboticaba ini memerlukan batang pohon yang kokoh untuk menopang buah. Sebelum kita membahas tentang 5 Cara Merawat Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah, ketahui dulu karakteristik anggur brazil dibawah ini.

Karakteristik Pohon Anggur Brazil

Karakteristik pohon Anggur Brasil ini mempunyai batang pohon sangat besar serta menjulang tinggi. Terdapat pula cabang dahan yang banyak. Warna buahnya ungu kehitam-hitaman. Sedangkan ukuran rata-rata buahnya berdiameter antara 1 sampai 3 cm.

Walaupun pohon buah anggur jenis ini sangat mencolok, namun buahnya memiliki kesamaan bentuknya. Itu terlihat pada ukuran maupun warnanya. Selain itu, Jaboticaba juga punya rasa mirip sekali dengan jenis Anggur pada umumnya, yakni campuran rasa asam dengan rasa manis.
Itulah sebabnya buah anggur brazil banyak peminatnya walaupun jarang sekali kita temukan di pasaran.

Meskipun begitu, buah anggur brazil ini termasuk buah dengan pertumbuhan yang cukup lambat. Hal ini terlihat pada usia 1 tahun, yang cuma tumbuh beberapa jengkal. Apalagi jika kamu menanamnya dari biji tentu butuh waktu lebih lama yakni 8 tahunan untuk menunggu berbuah.

Baca Juga :   Cara Panen Buah Apel Yang Baik Dan Apel Melimpah

Sehingga buah anggur brazil sangat mahal dipasaran. Sedangkan ukuran pohon anggur brazil ini sekitar 3 meter, akan di hargai dengan harga sekitar belasan juta rupiah. Nah, yang jadi pertanyaan sekarang, berapa tahun kamu menunggu tinggi pohon anggur brazil mencapai 3 meter? Pasti cukup lama bukan.

Namun anda jangan khawatir, karena ada cara mempercepat pertumbuhan anggur brazil ini. Salah satu caranya dengan menanam melalui stek. Metode ini bisa kita lakukan dan akan memotong masa berbuah dari pohon Jaboticaba yang semula 8 tahun, kini menjadi 3 tahunan saja. Tetapi, jangan lupa merawat pohon anggur brazil dengan rutin ya, supaya bisa berbuah seperti yang diharapkan.

Cara Merawat Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah

Nah, kini saatnya membahas bagaimana cara merawat anggur brazil supaya bisa cepat berbuah. Walaupun pohon ini tidak sulit dirawat, namun anda harus tetap merawatnya dengan baik. Jika kamu ingin membudidayakannya, silahkan ikuti langkah perawatannya dibawah ini.

1. Pilih lokasi untuk menanam pohon Jaboticaba

Tanaman anggur brazil adalah tanaman daerah tropis. Jadi, tanaman ini bisa tumbuh secara baik di daerah yang mempunyai ketinggian antara 0 sampai 1000 meter DPL. Selain itu, tanaman tersebut juga memerlukan asupan cahaya matahari secara cukup dalam proses pertumbuhannya.

2. Perhatikan media tanam

Setelah mengetahui tempat tumbuhnya, anda juga harus mengetahui media tanam tumbuhan ini. Tanah yang bisa ditumbuhi oleh anggur brazil ialah tanah yang gembur serta mempunyai sistem drainase air secara baik. Kamu juga harus selalu mengecek tingkat keasaman dari tanah yang kamu tanami.

Umumnya, Jaboticaba bisa berkembang sangat baik pada jenis tanah dengan kadar pH 5,5 hingga 6,5. Jika pH tanah kurang dari 5,5, maka kamu bisa menaburkan kapur di atas tanah sebelum kamu tanami pohon anggur brazil.
Fungsi kapur tersebut ialah dapat menetralkan tingkat keasaman dari tanah. Dengan begitu, biji atau bibit Anggur Brasil nantinya tak akan mati ketika ditanam diatas tanah tersebut.
Selain itu, setelah kamu buat lubang untuk penanaman bibit, jangan lupa beri pupuk kompos dulu. Tujuannya supaya tanahnya subur. Akan tetapi, setelah diberi pupuk kompos harus dibiarkan dulu sekitar 3 harian. Baru setelah itu bisa ditanami anggur brazil. Hal ini dilakukan supaya gas-gas beracun pada tanah hilang.

Baca Juga :   Cara Budidaya Kelapa Hibrida Yang Menguntungkan

3. Perhatikan jarak antar pohon

Jika kamu menanam anggur brazil dengan jumlah banyak, jangan lupa memberi jarak antara 1 pohon dengan lainnya. Setidaknya beri jarak 50cm supaya tanaman bisa berkembang secara maksimal. Selain itu, supaya batang pohon dapat menyerap lebih maksimal nutrisi pada media tanamnya.

4. Buang daun yang diserang oleh hama

Hama yang biasa menyerang anggur brazil ini ialah kutu daun. Umumnya kutu daun akan menyerang ketika pohon anggur masih berusia kurang dari 1,5 tahun. Tetapi hama tersebut tidak akan membuat pohon anggur mati. Jadi anda jangan terlalu khawatir.

Efek yang akan ditimbulkan ialah daun yang keriting. Untuk mengatasinya, anda bisa memberi pestisida dibagian pohon yang terkena hama. Tak hanya itu saja, supaya hama tak menyebar pada bagian daun-daun lain, maka potong daun yang terserang hama tadi.

5. Siram dan berikan pupuk secara teratur

Perawatan selanjutnya ialah dengan menyiraminya secara teratur supaya kebutuhan air tumbuhan ini tercukupi. Siram minimal 1-2 kali dalam sehari. Tambahkan dengan memupuknya 1 bulan sekali.

Nah, itu tadi metode dan cara merawat pohon anggur brazil supaya cepat berbuah. Jika anda suka pohon yang cepat berbuah bisa memilih metode stek. Namun jika anda ingin usia pohon yang lebih lama, maka bisa menanam pohon anggur brazil ini menggunakan metode biji. Kamu bebas memilih metode sesuai dengan keinginan pohon anggur tersebut berbuah.

Itulah 5 Cara Merawat Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah. Agar mempersingkat masa berbuahnya, maka disarankan agar menanam pohon anggur brazil yang dikembangbiakkan dengen metode stek seperti diatas. Selamat mencoba.

Baca juga:

12 Cara Budidaya Udang Hias Bagi Pemula

Cara Menanam Cemara Udang dengan Stek dan Perawatannya

Baca Juga :   Cara Budidaya Jeruk Keprok Agar Cepat Berbuah dan Lebat