7 Cara Menanam Bunga Kerta (Bougenville) dalam Pot

Posted on

7 Cara Menanam Bunga Kerta (Bougenville) dalam Pot

7 Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) dalam Pot – Bunga kertas atau biasa disebut sebagai bougenville merupakan tanaman hias yang termasuk dalam jenis tanaman tropis. Tanaman ini cukup mudah dibudidayakan dengan cara stek dan dengan teknik sambung putus. Bougenville dikatakan sebagai bunga kertas karena memiliki bunga yang tipis seperti kertas. Warna bunganya juga cukup beragam, mulai dari warna merah terang, orange, putih, ungu, meraah pucat dan masih banyak lagi warna lainnya.

7 Cara Menanam Bunga Kerta (Bougenville) dalam Pot

Disebabkan warnaa dari bunga ini memiliki keindahan, maka sering digunakan sebagai hiasan rambut, digunakan sebagai campuran air untuk keperluan mandi bunga atau spa. Namun, di Cina bungaa bougenville digunakann sebagai upacara pemakaman.

Bunga kertas (bougenville) umumnya memiliki akar tunggang yang tumbuh vertikal, serabut dan terdapat akar cabang yang tumbuh lebat dengan kedalaman hingga 50-80 cm. batang bunga kertas bertekstur seperti kayu, berwarna coklat dan terdapat duri-duri kecil pada batangnya. Memiliki tepi daun yang merata dengan ujung menyirip tiga hingga lima dengan warna hijau muda sampai tua. Tekstur dari mahkota bunga kertas berupa lembaran yang tipis namun kaku, dengan kelopak bunga majemuk yangmana berbentuk seperti payung yang tersusun dan muncul pada baagian ketiak daun. Apabila anda tertarik untuk menanam bunga ini, berikut 7 Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) dalam Pot yang dapat anda jadikan sebagai panduan.

Baca Juga :   Cara Terpenting Menanam Bunga Sri Gading yang Belum Banyak Diketahui

1. Menanam Dengan Metode Stek Batang

Tanaman bunga kertas bukan termasuk dalam jenis bunga yang mudah untuk ditanam dengan biji, umbi atau sejenisnya. Namun, penanaman dengan mudah dapat dilaakukan dengan teknik stek batang. Apabila memakai teknik stek batang anda perlu memilih batang bunga yang telah dewasa. Selanjutnya potong kemudian potong batang bunag kertas dengan posisi menyerong atau runcing. Kemudian anda dapat langsung menanamnya pada media tanam dengan kedalaman 3-5 cm. Menanam dengan teknik ini perlu anda lakukan ketika malam atau pagi hari agar cepat tumbuh tunas dan berbunga lebat.

2. Menanam Dengan Metode Campuran

Ini maksudnya anda melakukan penanaman dengan media campuran pasir yang sangaat disukai oleh bunga kertas disebabkan bersifat poros. Sehingga media tanam akan memiliki pori-pori atau lubang-lubang kecil. Fungsi dari lubang atau pori-pori tersebut untuk memudahkann udara masuk ke dalam media tanam, serta air dapat terserap secara efektif dan dapat menjaga kelembapan tanaman agar tetap stabil.
Hassil yang baik bisa anda dapatkan apabila menggunakan pasir malang yang diletakkan pada bagian bawah sebanyak sepertiga dari tinggi pot.

3. Pemangkasan Tanaman Secara Teratur

Pemangkasan secara teratur dapat anda lakukan agar tanaman tampak lebih indah dan sering berbunga. Anda dapat memangkas bunga kertas pada bagian ranting atau cabang yang sudah terlalu panjang dan daun yang lebat dengan masih memeprhatikan keindahaan tanaman. Jangan sampai tanaman ini ditumbuhi daun yang terlalu lebat karena nutrisi yang didapatkann tanaman hanya akan tersebar ke daun sehingga dapat menghambat munculnya bunga baru.

4. Pemupukan Ulang

7 Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) dalam Pot yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemupukan ulang secara teratur agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Pupuk yang dipakai sebaiknya pupuk kandang, atau pupuk organic secukupnya. Lakukan pemupukan ulaang setiap satu bulan sekali. Selain itu, hindari pemberian pupuk buatan karena kurang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Baca Juga :   5 Cara Menanam Bunga Jam Sembilan dengan Stek Batang Paling Mudah

5. Penanaman Dengan Teknik Sambung Pucuk

Saat ini teknik sambung pucung sedang menjadi tren yang diterapkan pada bunga kertas. Hal ini karena tren warna bunga kertas yang berbagai variasi pada satu tanaman sangat digemari masyarakat karena terlihat indah dan menarik. Teknik sambung pucuk dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan cara menyambung cabang muda ketanaman bunga kertas yang telah dewasa baik sejenis atau jenis bunga kertas yang lain.

Cabang-cabang muda tersebut sebaiknya dibiarkan tumbuh dan menyatu dengan batang utama. Sementaraa cara untuk merawatnya dengan hanya penyiraman rutin setiap pagi dan pemupukan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan segar secara singat kurang lebih sekitar 2 minggu. Dikarenakan Indonesia memiliki iklim tropis sehingga tanaman bougenville dapat dengan mudah beradaptasi dan berbunga.

6. Perawatan

Perawatan bunga kertas adalah dengan cara menyiramnya secara teratur. Karena intensitas air dapat mempengaruhi pertumbuhan dari bougenville ini. Anda juga perlu memperhatikan bahwa terdapat masa dalam satu tahun, dimana bunga kertas ini tidak membutuhkan air. Masa kering ini terjadi ketika kuncup bunga mulai tumbuh yang berlangsung dalam jangka waktu 4 hari. Adanya masa kering bertujuan untuk merangsang pertumbuhan dari kuncup bunga.

Anda juga harus memperhatikan bahwa jangan terlalu berlebihan dalam menyiram bunga kertas ini. Tanaman bougenville cukup disiram hingga tanah lembab saja, apabila anda sering menyiraminya akan menyebabkan bunga cepat membusuk.

7. Pencegahan Hama Tanaman

Letakkan tanaman bunga kertas ditempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hal tersebut bertujuan untuk membuat proses fotosintesis berjalan dengaan baik. Apabilas ekiranya tanaman terkena hama penyakit, segera lakukan perawatan intensif. Perawatannya cukup mudah yaitu anda hanyaa perlu melakukan pemotongan pada bagian yang terken hama penyakit atau dapat juga menyemprotkan fungsida.

Baca Juga :   3 Cara "Paling Mudah" Menanam Bunga Lotus di Pekarangan Rumah

Selain itu, bunga kertas membutuhkan masa kering, dimana pada masa kering ini ana hanya perlu menerapkan stress air yakni tidak disiram selama beberapa hari dengan perhitungan tanaman tidak mati dikarenakan kekurangan air. Apabila telah dilakukan cara tersebut, kemungkinan daun akan rontok sebagian dan mulai keluar kuncup bunga.

Demikian 7 Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) dalam Pot yang cocok anda coba dirumah untuk mempercantik halaman rumah anda. Semoga uraian tersebut dapat dijadikan panduan dan menambah wawasan kita semua.

Baca juga:

5 Cara Merawat Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah

12 Cara Budidaya Udang Hias Bagi Pemula