15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Banyak di Cari

Posted on

15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah

15 jenis ikan hias air tawar – ikan hias air tawar ini bagian dari jenis ikan yang dipelihara didalam akuarium. Ikan ini terkenal menjadi ikan yang mudah dirawat. Selain itu ikan ini mempunyai bentuk serta warna indah dengan nilai jual yang tinggi. Sebenarnya ikan hias asalnya dari laut, akan tetapi banyak masyarakat yang memeliharanya dari air tawar. Berikut ini kami bagikan contoh 15 jenis ikan hias air tawar.

1. Ikan guppy

Ikan ini adalah jenis ikan terpopuler di indonesia. Ikan ini mempunyai bentuk tubuh mirip wanita dengan mengenakan rok. Bentuknya menarik sebab mempunyai ukuran yang kurang dari 2,5 cm bila diukur kepala menuju ekor. Ikan ini asalnya dari AS. Ikan ini mulai dikenal diindonesia sejak tahun 1920an. Ikan ini mempunyai warna cenderung menarik daripada betina dengan sirip agak kusam.

2. Ikan arwana

Jenis arwana ialah jenis ikan hias terpopuler hingga saat ini. Sejumlah ahli ikan sampai berbicara tidak akan pernah sepi peminatnya. Ikan ini mempunyai tubuh besar smapai dapat mencapai kurang lebih 1 meter. Ukuran telurnya kurang lebih sebesar ikan purba. Ikan hias ini dapat dijumpai perairan air tawar papua dan kalimantan.

Baca Juga :   8 Manfaat Memandikan Perkutut Malam Hari

3. Ikan louhan

Ikan louhan ialah ikan jenis hibrida/ ikan hasil persilangan ini jenis cichlid. Ikan ini sempat terpopuler pada kalangan masyarakat indonesia tahun lalu. Dikarenakan tingginya minatt masyaralat pada ikan ini maka tak heran ia mempunyai warna menarik dan indah. Jika diperhatikan dengan bersama kombinasinya ini sangat indah.

4. Ikan maskoki

15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah

Ikan ini asalnya dari cina, waktu awal dulu ia mempunyai tubuh mirip spesies ikan emas. Namun, ikan hias ini merupakan ikan ekslklusif yang tak ingin dipelihara dengan bersama ikan lainnya, sebab mereka memerlukan oksigen banyak guna bisa bertahan hidup. Tak hanya itu, jenis ikan ini mempunyai gerakan tubuh lucu nan bentuknya lemah gemulai akan tetapi tetap seimbang.

5. Ikan koi

Pertama kali ikan koi ini dikenalkan dijepang saat tahun 1920an. Ikan ini masuk dalam persilangan sejumlah jenis ikan yang warnanya putih dengan merah. Lalu hasilnya ini diberikan nama ikan koi. Ikan koi sangat pantas dipelihara di dalam kolam luas sebab ketika masih mudah tak begitu lebar sesudah dewasa menjadi lebar jadi membutuhkan tempat lebih luas.

6. Ikan oskar

Ikan ini banyak disukai pecinta ikan dosmetik atau mancanegara. Ikan tersebut mempunyai bentuk tubuh lebar mirip ikan mas/ nilai yang kerap dipakai menjadi makanan manusia. Namun, terdapat sejumlah hal sebagai pembeda keduanya. Warnanya oskar variatif dan kombinatif dengan warna kulit indah seperti ikan emas.

7. Ikan neon tetra

Ikan ini adalah ikan hias yang warnanya biru cerah pada bagian belakang serta perak putih pada perutnya. Keunikan warna ini membuat ikan neon tetra menarik minat pecinta ikan hias. Ikan ini lebih sering dipelihara dalam kelompok sebab warna tubuhnya lebih terlihat menarik dan cantik.

Baca Juga :   Cara Hidup Burung Manyar dan Ciri Khasnya Terlengkap

8. Ikan komet

Ikan komet mempunyai tubuh ramping warnanya mengkilap putih serta merah cerah. Ekornya panjang dan melambai ketika berenang sehingga membuat pecinta ikan ini berbondong-bondong memlihara ikan tersebut. Namun, seiring bertumbuh ini semakin lebar sehingga nampak anggun ketika dewasa.

9. Ikan manfish

Ikan ini warnanya elegan dan atraktif. Untuk membuat manifish menjadi indukan, maka ikan perlu ditunggu sesudah umur 7 bulan sampai panjang ekornya 7,5 cm.

10. Ikan bala bala

Ikan bala bala dikenal menjadi ikan hiu. Di indoensia bala bala ini di semannjung malaya, sumatera dan kalimantan. Ikan ini bisa tumbuh sampai panjangnya 35 cm. Dalam sejumlah tahun ikan ini populasinya akan menurun.

11. Ikan black ghost

Ikan ini asalnya dari sungai amazon serta suriname. Bentuk tubuhnya ikan ini menggelambir dan membuat lebih cocok dikenal black ghost. Makanan untuk ikan ini diberikan cukup 2 kali dalam seharinya. Umpan pun tak terlalu sulit sebab suka pakan larva nyamuk, cacing kering dan pelet.

12. Ikan silver dollar

Ikan ini miri ikan dengan nilai jual lumayan tinggi. Sesuai namanya, ikan ini mempunyai bentuk mirip koin perak dan berukuran dapat mencapai 15cm. Namun pakan ikan ini lumayan mudah sebab ia tergolong dalam ikan herbivora.

13. Ikan corydoras

Ikan ini dikenal ikan tikus sebab berenangnya memang terlihat mirip tikus berlari. Corydoras sangat senang bila akuarium maupun kolam yang kita pakai untuk merawatnya mirip habitat di suangai amazon.

14. Ikan rainbow

Ikan hias ini tersebar di australia, sulawesi dan papua. Spesies ini merupakan endemik wilayah tersebut dan mempunyai panjang kurang lebih 7-9. Ikan ini sering dijumpai bentuknya dasar maupun pipih dan mempunyai sirip mengkilap.

Baca Juga :   2 Manfaat Mengeluarkan Lidahnya Pada Anjing Serta Karakteristiknya Lengkap

15. Ikan botia

Ikan hias botia ialah jenis ikan hias dicintai pecinta ikan hias di indonesia dan mancanegara. Habitat asli ikan botia merupakan sungai yang mempunyai arus deras. Ikan botiia mempunyai panjang 20-4 cm dan mempunyai lebih memilih cara hidup mengelompok.

Jadi, semua jenis ikan mempunyai adaptasi dengan lingkungannya yang berbeda-beda. Bila kita hanya mencampurkannya dengan ikan lain maka kemungkinan ada yang tidak cocok. Demikianlah penjelassan tentang 15 jenis ikan hias air tawar. Semoga artikel ini menjadi referensimu bila kalian ingin memeliharanya di dalam aquarium saat dirumah.

Baca juga:

Cara Menanam Cabe Di Bawah Jagung

Ciri Ciri Hewan Aves Terlengkap Beserta Penjelasannya