10 Tumbuhan Langka dan Keterangannya Paling Lengkap

Posted on

10 Tumbuhan Langka dan Keterangannya Paling Lengkap

10 Tumbuhan Langka dan Keterangannya Paling Lengkap – Negara mananpun di seluruh dunia ini pasti mengakui bahwa Indonesia kaya akan kekayaan alamnya. Kekayaan alam tersebut adalah kekayaan hayati atau keanekaragaman hayati yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, sesuai dengan variasi dan speciesnya masing –masing. Untuk itulah kita harus mencintai dan merawat semua jenis kekayaan alam yang ada di buka bumi kita tercinta ini ya sobat.

10 Tumbuhan Langka dan Keterangannya Paling Lengkap

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas dan mengulas mengenai 10 tumbuhan langka dan keterangannya paling lengkap yang ada di Indonesia.

1. Bunga Bangkai (Raflesia Arnoldi)

Bunga bangkai (Raflesia Arnoldi) adalah salah satu bunga yang sangat terkenal dan hanya ada di Indonesia. Bunga ini memiliki ukuran sangat besar. Diameter terbesar bunga ini yang pernah tercatat adalah 105 cm dan beratnya mencapai 11 kilogram. Bahkan saat masih menguncup alias belum mekar, ukuran bunga ini pun sangat luar biasa, ukurannya yang pernah tercatat adalah 43 cm.

Yang menjadikan bunga ini unik adalah baunya yang sangat khas seperti bau bangkai. Hal inilah yang menyebabkan bunga ini disebut bunga bangkai. Bunga ini hidup dengan cara mengambil makanan dari pohon inang. Tumbuhan ini gak punya akar sejati, tapi cuma akar semu yang berguna untuk menempel dan menyerap nutrisi dari pohon inang.

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Di Air dan Mudah Perawatannya

2. Bunga Kantong Semar

Bunga Kantong Semar atau dalam bahasa latin Nepenthes merupakan salah satu tumbuhan langka yang terancam punah. Bunga ini tersebar hampir di seluruh dunia. Serangga bukanlah satu-satunya makanan bunga kantong semar. Bunga ini bisa membuat perangkap hingga sedalam kaki, sehingga dapat mencerna mangsa besar, seperti katak dan tikus.

Bunga kantong semar bisa membuka dan menutup jebakan dalam sekejap mata, namun membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa mencerna mangsanya. Tanaman langka ini memanfaatkan kekuatan air hujan untuk menjebak semut yang berlindung di bawah kelopak mereka.

3. Pohon Cendana

Cendana atau dalam bahasa latin yaitu Santalum album atau sering juga disebut cendana wangi merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Cendana banyak tumbuh di wilayah Indonesia, terutama di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Bau harum khas Cendana berasal dari kayunya. Oleh karenanya, kayu cendana sering digunakan orang untuk rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta warangka keris.
Kayu Cendana juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, furniture, kriya atau kerajinan tangan, karya seni, hingga tasbih.

4. Pohon Ulin

Tanaman ini merupakan tanaman khas Kalimantan. Kayu ini disebut dengan nama kayu besi, karena mamang kayu ini sangat tangguh dan kokoh. upaya pelestarian lingkungan hidup merupakan cara yang tepat untuk menjaga pohoh ulin tetap ada dan mencegahnya dari kepunahan.

5. Bunga Anggrek Tebu

Bunga anggrek Tebu adalah jenis anggrek yang memiliki ukuran yang sangat besar dan tinggi. Biasanya bunga aggrek ini bisa mencapai berat hingga 1 ton dengan ukuran 3 meter. Bunga anggrek tebu termasuk dalam kategori bunga paling indah di dunia dikarenakan postur fisiknya yang membuat banyak orang takjub.

Baca Juga :   10 Cara Menghilangkan Karang Gigi "Paling Efektif"

6. Tengkawang

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang khas dari Kalimantan. Pohon Tengkawang mempunyai lebih dari 12 jenis tengkawang yang berbeda satu dengan yang lainnya. Pohon Tengakwang ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak lo sobat, selain itu bis digunakan sebagai bumbu masakan atau obat herbal lainnya.

7. Daun Payung

Daun payung mempunyai daun yang lebar dan hampir menyeruapi seperti payung. Jenis tumbuhan ini banyak kita jumpai di daerah Sumatera. Tekstur pohon ini yang kokoh dan lebar dulu sering digunakan sebagai tempat berlindung dan sebagai atap rumah

8. Tanaman Balam Suntai

Tanaman ini merupakan tanaman yang tergolong sangat langka. Balam Suntai merupakan salah satu tanaman asli dan khas dari Indonesia. Selain memiliki warna dan bentuknya yang indah, Balam Suntai ini juga memiliki batang yang kokoh.

9. Tanaman Bayur

Bayur merupakan salah satu tumbuhan langka penghuni hutan dataran rendah, dan juga hutan-hutan sekunder, di bawah 1.000 m dpl. Tidak jarang pula dijumpai di hutan-hutan tepi sungai dan hutan pantai. Biji-bijinya memencar dengan bantuan angin. Tanaman ini tumbuh dengan sendirinya di kebun wanatani yang berdekatan. Bayur biasanya dibiarkan hidup hingga besar untuk dipanen kayunya yang berharga.
Karena mempunyai batang yang kuat dan kokoh, pohon Bayur ini sangat banyak di cari oleh peminatnya, yang akan dijadikan sebagai rekontruksi bangunan.

10. Sarang Semut

Sarang semut adalah kumpulan tumbuhan epifit (menumpang hidup di pohon lain, seperti anggrek) dari genus Myrmecodia dan Hydnophytum. Terkadang disebut juga sebagai benalu hutan, meskipun sejatinya tumbuhan ini bukanlah benalu yang bersifat parasit.

Dalam bahasa Yunani, tanaman sarang semut disebut dengan ‘hydnon’ yang berarti ‘umbi’ dan ‘phyton’ yang berarti ‘tanaman’. Sedangkan Myrmecodia berasal dari kata ‘myrmekodes’ yang berarti ‘seperti semut’ atau ‘penuh semut’. Di Papua sarang semut sering disebut sebagai ‘Nongon’. Di Jawa dikenal sebagai ‘urek-urek polo’. Serta di Sumatera dikenal sebagai ‘kepala beruk’ dan ‘rumah semut’.

Baca Juga :   10 Cara "Paling Mudah" Memberi Pakan Burung Beo

Tumbuh di wilayah Asia Tenggara hingga kawasan Pasifik seperti Kepulauan Solomon, Indonesia, terutama pulau Papua, menjadi daerah dengan jumlah spesies sarang semut terbanyak.
Semoga artikel yang kami ulas mengenai 10 Tumbuhan Langka dan Keterangannya Paling Lengkap bisa bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Baca juga:

15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah

Cara Menanam Cabe Di Bawah Jagung