4 Cara Menanam Daun Dolar Rambat Paling Mudah

Posted on

4 Cara Menanam Daun Dolar Rambat Paling Mudah

4 Cara Menanam Daun Dolar Rambat Paling Mudah – Terdapat banyak cara untuk mempercantik dinding taman atau rumah anda. Salah satunya dengan cara menanam dolar rambat atau creeping fig (ficus pumila). Tanaman ini mempunyai warna hijau tua dan dapat tumbuh merambat hingga ketinggian menyesuaikan dinding pagar atau rumah. Memanfaatkan tanaman ini sebagai hiasan ekterior rumah (wall covering) dapat dijadikan alternative, agar terkesan sejuk dan alami.

4 Cara Menanam Daun Dolar Rambat Paling Mudah

Daun dolar rambat awalnya berasal dari kawasan Asia Timur seperti daerah dataran Cina, Vietnam, Jepang, dan kemudian menyebar diseluruh wilayah Asia hingga sampai ke Negara bagian Eropa dan Amerika. Dengan wilayah persebaran yang cukup luas, menjadikan daun dolar rambat ini selalu laris di pasaran. Selain dapat digunakan sebagai wall covering ternyata bermanfaat sebagai kanopi untuk menaungi taman maupun kebin yang anda miliki.

Hal ini dapat melindungi dari teriknya sinar matahari serta meningkatkan nilai artistic. Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan tanaman jenis ini untuk mempercantik kebun atau dinding bangun ekterior, berikut 4 Cara Menanam Daun Dolar Rambat Paling Mudah.

1. Bibit Dolar Rambat

Langkah pertama yang perlu anda persiapka tentu saja bibit dari tanaman dolar rambat. Terdapat dua cara untuk bisa mendapatkan bibit dolar rambat, yaitu dengan cara mengambil langsung dari tanamannya atau membelinya di toko bibit tanaman. Apabila anda memilih untuk membeli bibit dolar rambat di toko bibit maka sebaiknya pilihlah bibit yang mempunyai kualitas baik. Bibit dengan kualitas baik memiliki ciri-ciri berwarna hijau, daun tidak layu dan tanaman tidak memiliki cacat sedikitpun. Namun, jika anda memilih untuk mengambil langsung bibit dari tanamannya maka perhatikan langkah berikut ini.

  • Pilihlah indukan dolar rambat yang berkualitas baik
  • Potong batang menggunakan pisau kurang lebih sepanjang 10 -15 cm dan pastikan batang tersebut mempunyai akar rambat yang utuh
  • Selanjutnya sediakan wadah berisi air biasa lalu rendam batang dolar rambat kurang lebih selama 1 hari
  • Langkah berikutnya anda dapat menyiapkan media tanam polybag berukuran kecil dan telah diisi dengan tanah yang dicampur kompos serta pasir dengan perbandingan 3:2:1.
  • Buatlah lubang pada media tanam dan tancapkan batang dolar rambat dengan sebagain besar akar terbenam ke tanah
  • Taruh ditempat dengan penyinaran matahari yang cukup kurang lebih selama 2 bulan
Baca Juga :   Peluang Bisnis, Cara Budidaya Sagu Yang Bernilai Ekonomi

2. Lahan Tanam

4 Cara Menanam Daun Dolar Rambat Paling Mudah selanjutnya yaitu anda dapat menyediakan lahan tanam yang cocok untuk ditanami tanaman dolar rambat. Anda dapat memiliki tempat disekitar tembok ataupun pagar anda. Hal ini dikarenakan tujuan utama penanaman tanaman dolar rambat adalah untuk menghias dinding atau pagar rumah. Berikut langkah mudah pemilihan lahan:

  • Persiapkan titik-titik pinggiran penanaman pada media pagar ataupun tembok
  • Pada setiap titik tanaman berilah jarang sekitar 1 meter kemudian buat lubang galian tanam sedalam 30-40 cm dengan ukuran lebar lubang 5-10 cm.
  • Siapkan tanah yang telah dicampur dengan sedikit pasir, pupuk kandang dan tanah liat dengan perbandingan 2:1:1
  • Gemburkan tanah terlebih dahulu dan atur kelembapan serta pH tanahnya agar pertumbuhan dapat subur.

3. Menanam Dolar Rambat

Langhkah selanjutnya yaitu dengan menanam dolar rambat apabila tanaman tersebut telah berusia kurang lebih 2 bulan setelah masa penanaman bibit. Berikut cara memindahkan bibit pada lahan tanam yang telah anda sediakan.

  • Masukkan terlebih dahulu tanah campuran sebagai dasaran pada lubang tanam setelab 2 hingga 5 cm
  • Sayat dan sobek polybag media semai bibit secara perlahan dan masukkan bibit ke dalam media tanam tanpa menghilangkan tanah yang menempel pada akar tanaman dolar rambat ke dalam lubang tanam
  • Pada setiap lubang tanam, anda dapat menanam 1 -3 bibit dolar rambat sekaligus
  • Kemudian tutup lubang taam memakai tanah campuran hingga penuh dan padatkanagar tanaman dolar rambat dapat berdiri dengan kokoh.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan tekstur dinding yang akan dijadikan sebagai tempat rambatan tanaman tersebut. apabila tekstur dindingnya halus, anda dapat memasangkan paku-paku kecil khusus tanaman atau paku kabel pda dinding dengan jarak masing-masing 50-100 cm.
  • Sama halnya apabila anda merambatkan dolar rambat pada pagar, anda juga perlu mengikat batang tanaman tersebut apabila telah tumbuh pada setiap ketinggian 50 hingga 80 cm.
Baca Juga :   Cara Mengatasi Hama Lalat Buah Tanaman Cabai Serta Gejalanya Lengkap

4. Perawatan Daun Dolar Rambat

Setelah anda menanam dolar rambat jangan lupa untuk selalu merawatnya. Untuk perawatannya yang perlu anda lakukan yaitu anda harus melakukan penyiraman secara teratur, memasang paku secara berkala apabila diperlukan, pemupukan lanjutan serta penyiangan untuk mengatasi hama tanaman yang mengganggu. Hal ini bertujuan untuk melancarkan pertumbuhan tanaman dolar rambat agar dapat tumbuh dengan baik dan berdaun lebat. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan.

  • Penyiraman tanaman dolar rambat sedikit berbeda dengan penyiraman pada tanaman lainnya. Anda perlu menyiram tidak hanya pada media tanam saja, melainkan dengan menyiram juga daun serta akar yang merambat pada dinding. Untuk penyiramaan dapat anda lakukan 2 kali dalam sehari.
  • Perhatikan juga pertumbuhan dari tanaman ini, anda disarankan untuk memasang paku tambahan pada dinding agar pertumbuhan dolar rambat tetap kokoh
  • Lakukan juga pemupukan lanjutan agar tanaman dolar rambat dapat tumbuh subur dan mendapatkan nutrisi yang baik. Pemupukan tambahan dapat anda lakukan setiap 2 hingga 3 bulan sekali.
  • Anda juga disarankan untuk memakai pestisida secukupnya dan jangan berlebihan untuk mengatasi hama yang menyerang.

Nah, itulah uraian mengenai 4 Cara Menanam Daun Dolar Rambat Paling Mudah untuk dapat mempercantik dan menambah nilai artistic rumah anda. Semoga uraian tersebut dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga:

Cara Menanam Lada Hitam Mulai Benih Sampai Panen

10 Tumbuhan Langka dan Keterangannya Paling Lengkap