Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Tanah Kapur

Posted on

Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Tanah Kapur

Jenis tanaman yang cocok untuk tanah kapur – tahukah anda bahwa salah satu hal penting dalam menanam tanaman adalah mempertimbangkan dimana tanaman tersebut dapat ditanam. Sebab lokasi tanam yang tepat akan dapat membuat tanaman dapat tumbuh dengan baik. Sebaliknya jika tanamna tidak ditanam sesuai dengan lokasi idealnya maka pertumbuhan dan perkembangannya tidak akan sebagus jika ditanam pada lokasi yang cocok.

Tanah kapur merupakan salah satu jenis tanah yang miskin unsur hara, padahal pada umumnya tanaman agar dapat tumbuh haruslah ditanam pada lahan yang memiliki unsure hara berlimpah. Banyaknya kandungan unsure hara inilah yang juga menentukan tingkat kesubuhan sebuah tanah. Lalu apakah ada tanaman yang bisa ditanam di tanah kapur ?. Tentu saja ada berikut adalah beberapa Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Tanah Kapur yang harus Anda ketahui.

1. Pohon Jati

Jati merupakan salah satu jenis tanaman yang bermanfaat besar bagi manusia, kayu jati sendiri menjadi salah satu jenis kayu yang paling berkualitas dan memiliki harga yang mahal dipasaran sebagimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Selain itu, jati adalah salah satu jenis tanaman yang cocok ditanam di tanah kapur. Meskipun miskin unsure hara, tanah kapur justru sangat baik bagi pertumbuhan tanaman jati. Pohon jati yang ditanam di tanah kapur akan dapat tumbuh menjulang tinggi yang tentunya merupakan kayu jenis kualitas pertama dan merupakan produk unggulan.

Baca Juga :   Tahapan Teknis Menanam Kemiri (Aleurites moluccana Willd)

Tanaman pohon jati adalah salah satu jenis tanaman yang tidak banyak membutuhkan air dan relative sedikit membutuhkan kandungan unsur hara. Sedangkan karakteristik dari tanah kapur sendiri adalah miskin unsure hara serta tidak mudah menyerap air dan bahkan relative sangat mudah dilalui air.
Tentu saja jika Anda menanam pohon jati di tanah kapur, maka akan bisa dipastikan anda akan memiliki pohon jati dengan kualitas kayu terbaik.

2. Tanaman Palawija

Tanaman palawija adalah sebutan untuk tanaman selain padi. Jenis tanaman palawija yang biasa ditanam petani Indonesia sangat beragam diantaranya adalah jagung, sorgum, ubi, singkong, kentang, kedelai, kacang hijau, dan beberapa jenis tanaman sayuran seperti wortel, oyong dan mentimun.
Tetapi, tidak semua tanaman diatas dapat ditanam pada tanah kapur. Hanya beberapa jenis palawija seperti jagung, dan tanaman ubi ubian yang bisa ditanam di tanah kapur.

Perlu diingat juga, bahwa untuk menanam palawija di tanah kapur harus tetap memberikan pemupukan secara rutin. Sebab, dapat dipastikan bahwa tanaman tersebut sangat memebutuhkan unsur hara untuk tumbuh dan berkembang.

Selain itu juga, tanah kapur yang juga merupakan jenis tanah yang asam disarankan agar Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih jenis tanaman palawija yang cocok untuk ditanam. Sebab, jika salah memilih akan dapat menyebabkan tanaman tidak akan tumbuh.

3. Jambu Mete

Tanaman jambu mete atau jambu monyet adalah salah satu jenis tanaman yang dapat ditanam di tanah kapur. Jambu Mete juga merupakan salah satu jenis buah tahunan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.
Dimana bagian yang paling mahal dari tanaman ini adalah bagian mete yang terletak pada buahnya. Tanaman jambu mete mempunyai struktur pohon yang menjulang tinggi serta juga memiliki kayu yang sangat keras.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Pohon Karet Bernilai Ekonomi

Jambu mete adalah salah satu jenis tanaman yang tidak begitu membutuhkan perawatan seperti pemupukan yang optimal. Sebab tanaman ini relative dapat tumbuh baik meskipun ditanam pada tanah yang memiliki kadar unsure hara yang minim seperti juga tanah kapur.
Maka dari itu, jika Anda menanam jambu mete di tanah kapur, Anda akan dapat memberikan hasil panen yang optimal.

Karakteristik Tanah Kapur

Sebelum Anda memulai untuk bercocok tanam di tanah kapur, ada baiknya terlebih dahulu Anda mengetahui karakteristik tanah kapur. Dengan mengetahui karakteristik tanah kapur, anda tidak akan bingung harus menanam tanaman yang cocok ditanam di tanah kapur. Berikut karakteristik tanah kapur yang harus anda ketahui

1. Berwarna Lebih Terang Hampir Berwarna Putih

Tanah kapur sangat mudah dikenali sebab warnanya tidak seperi tanah pada umumnya yang berwarna gelap. Tanah kapur cenderung berwarna lebih terang dan hampir berwarna putih. Sehingga dengan melihatnya saja kita sudah dapat membedakan antara tanah kapur dan tanah biasa.

2. Tekstur Tanahnya Lebih Keras

Tektur tanah kapur juga lebih keras dibandingkang dengan tanah biasa yang lebih lembut dan gembur.

3. Tanah Kapur Bersifat Asam

Perlu juga diketahui, sebenarnya tanah kapur juga memiliki karakteristik yang unik. Kapur banyak digunakan untuk menetralkan tanah yang mempunyai sifat basa, karena tanah kapur pada dasarnya memiliki sifat asam. Sehingga, apabila dicampurkan dengan tanah yang basa maka hasilnya tanah akan dapat kembali netral.

4. Memiliki Kandungan Klasium dan Magnesium Tinggi

Karakteristik lainnya dari tanah kapur adalah bahwa tanah jenis ini merupakan jenis tanah yang banyak ditemukan di Indonesia, tanah kapur dikenal memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi. Meskipun tidak banyak berkontribusi pada dunia pertanian namun tanah kapur amat sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Baca Juga :   7 Cara Menanam Singkong dengan Stek Batang "Yang Benar"

5. Harus Tetap Melakukan Pemupukan Untuk Menambah Unsur Hara

Meskipun miskin unsur hara, tanah kapur masih dapat ditanami jenis tanaman sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Namun dengan catatan bahwa tetap harus melakukan pemupukan dalam upaya menambahkan unsur hara agar tanaman dapat memperoleh unsur hara yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhannya.
Secara umum juga budidaya tanaman pada tanah kapur relative sama dengan buiddaya tanaman pada tanah biasa.

Demikianlah informasi yang bisa kita sampaikan kepada Anda tentang Jenis Tanaman Yang Cocock Untuk Tanah Kapur. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu Anda untuk memuali bercocok tanam di tanah kapur. Terima kasih.

Baca juga:

 4 Cara Menanam Daun Dolar Rambat Paling Mudah

10 Cara “Paling Mudah” Menanam Lada Hitam Dari Benih Hingga Panen