Burung Pipit – Habitat, Jenis, Manfaat dan Cara Merawatnya Lengkap

Posted on
Burung Pipit – Habitat, Jenis, Manfaat dan Cara Merawatnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Habitat Burung Pipit, Cara Merawat dan Jenis – jenisnya

Burung Pipit – Burung atau unggas merupakan anggota kelompok hewan vertebrata (hewan bertulang belakang) yang mempunyai sayap dan juga bulu. Burung memiliki jenis dan ukuran yang bervariasi mulai dari ukuran yang paling kecil sampai dengan yang paling besar. Salah satu jenis burung yang memiliki ukuran kecil dan banyak tersebar di daerah manapun khusunya wilayah tropis dan Australasia yaitu burung pipit.

Habitat Burung Pipit dan Jenis-jenis

Burung pipit memiliki habitat yang paling dominan di sawah, perkebunan, dan hutan rimba. Banyak orang menyebut burung pipit ini dengan nama Emprit yang biasanya sering disebutkan oleh orang jawa.
Burung pipit memiliki paruh pendek dengan tubuh yang kecil. Menyukai serangga kecil, biji-bijian, dan buah-buahan. Maka dari itu, anda dapat menemukan dengan mudah burung ini di daerah persawahan dan perkebunan. Sebagian orang menganggap burung pipit merupakan hama bagi tanaman mereka terutama tanaman padi dan buah. Hal ini dikarenakan burung pipit sering memakan padi yang akan dipanen dan merusak buah hingga buah mengalami pembusukan.

Habitat Burung Pipit dan Jenis-jenisnya tersebar dibelahan dunia terutama di Negara yang beriklim tropis karena burung jenis ini tidak dapat bertahan pada iklim yang dingin. Akan tetapi, ada juga beberapa jenis burung pipit yang tahan akan cuaca dingin. Sebagian burung pipit tidak sama seperti burung hias yang memiliki suara dan warna bulu yang bagus, juga jarang ada yang mengkonsumsi karena dagingnya yang tidak seberapa. Namun, karena notabenenya burung ini menyukai biji-bijian maka tidak heran apabila mereka dikatakan sebagai hama.

Baca Juga :   6 Cara Menanam Hidroponik dengan Media Air "Paling Mudah"

Habitat Burung Pipit

Burung yang satu ini selain dapat ditemukan di sawah dan perkebunan juga dapat anda jumpai di habitat rawa, daerah pinggir sungai yang terdapat tumbuhan bakau, dan di pinggiran hutan. Terdapat berbagai jenis burung pipit yang sering ditemui dipersawahan. Berikut ini jenis burung pipit yang ber-habitat dipersawahan.

1. Black breasted miniatur

Jenis burung pipit yang satu ini dapat dengan mudah anda temukan di wilayah pegunungan, lading tua, dan lading yang dibudidayakan di dekat pedesaan. Burung pipit jenis ini menyukai biji-bijian, gulma, dan beberapa jenis semak kecil.

2. Bondol arfak

Untuk burung pipit jenis Bondol dapat dijumpai di rawa-rawa, perkebunan, dan tepi lahan dengan menyukai makanan biji-bijian.

3. Buff belied manikin

Buff belied merupakan jenis burung pipit yang memiliki banyak habitat dan daoat ditemukan di perkebunan, persawahan, hutan, rawa, bahkan di landasan terbang.

4. Streak headed manikin

Sedangkan jenis burung pipit yang satu ini sering ditemukan di taman, tepian sungai dan hutan. Sama seperti jenis burung pipit yang lainnya, makanan yang mereka sukai yakni biji-bijian, buah, dan juga serangga.

5. Chesnut breasted manikin

Habitat jenis chesnut dapat ditemukan di daerah perairan seperti sungai, rawa, dan sekitar tumbuhan bakau.

6. Black breasted munia

Untuk jenis burung pipit black breasted memiliki habitat di daerah dataran tinggi seperti pegunungan, lading tua, dan kebun. Makanan kesukaannya yakni biji-bijian, gulma, dan rumput.

Manfaat Burung Pipit

Selain memiliki Habitat Burung Pipit dan Jenis-jenisnya yang beragam sering dijumpai di daerah dataran tinggi dan persewahan. Burung dengan bentuk kecil ini mempunyai manfaat bagi kesehatan apabila dikonsumsi. Meskipun berukuran kecil dan tidak terlalu memiliki daging, akan tetapi manfaat yang dihasilkannya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini merupakan manfaat jika mengkonsumsi daging burung pipit.

Baca Juga :   13 Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Agar Cepat Sembuh

1. Mengatasi mata berair

Mengkonsumsi daging burung pipit ternyata dapat menyembuhkan mata berair. Tidak hanya burung pipit yang memiliki khasiat seperti ini, daun sirih dan juga burung gereja juga mempunyai manfaat dapat menyembuhkan mata berair apabila dikonsumsi.

2. Dapat menghilangkan kutil

Tidak hanya ketika dikonsumsi saja dapat menyembuhkan penyakit. Namun apabila daging burung pipit ini ditumbuk dan digunakan sebagai olesan juga dapat dijadikan ramuan untuk menyembuhkan dan menghilangkan kutil.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain dapat menghilangkan kutil dan menyembuhkan mata berair. Apabila anda mengkonsumsi burung pipit dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Telah kita ketahui bahwa disekitar manusia banyak tersebar bakteri dan sumber virus yang dapat mengancam kesehatan manusia. Sehingga dengan mengkonsumsi daging burung pipit anda tidak mudah terserang bakteri dan juga virus yang ada di sekeliling kita.

Burung pipit banyak tersebar di daerah tropis terutama di Indonesia. Masyarakat banyak yang berbondong-bondong melakukan pembasmian pada burung ini karena dianggap sebagai hama. Namun berbeda halnya apabila di wilayah Amerika, Eropa dan Australia. Terdapat beberapa jenis burung pipit yang memiliki keindahan bulu serta digemari untuk dijadikan piaran atau koleksi oleh masyarakat. Di ketiga daerah tersebut burung pipit atau biasa disebut dengan burung Finch sering disilangkan untuk mendapatkan anakan dengan warna unik dan juga menarik. Selain memiliki warna bulu yang cantik, menawan dan juga tamkak lebih cerah burung pipit banyak digemari karena mudah dalam perawatannya.

Beberapa jenis burung pipit yang diimpor dari luar negeri atau local yang memiliki warna bulu indah, yaitu Gould Amadian, burung pipit zebra timor atau zebra finch, Society finch atau di Indonesia sering disebut dengan emprit jepang, stroberry finch dan juga owl finch.

Baca Juga :   Bambu Hias Untuk Pagar dan Desainnya Terbaru

Demikian pembahasan mengenai Habitat Burung Pipit dan Jenis-jenisnya. Ternyata selain terkenal sebagai hama tanaman, burung pipit juga dapat dijadikan piaraan karena sebagian jenisnya mempunyai corak warna bulu yang indah dan juga cerah. Semoga dapat memberikan informasi dan bermanfaat.

Baca juga: