5 Jenis Tanaman Merambat Yang Tahan Panas Beserta Penjelasannya

Posted on

5 Jenis Tanaman Merambat Yang Tahan Panas

5 Jenis Tanaman Merambat Yang Tahan Panas – Terdapat berbagai jenis tanaman hias yang dapat mempercantik rumah ataupun halaman rumah anda. Salah satunya yaitu tanaman rambat yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mempercantik dinding. Terdapat banyak sekali pilihan jenis tanaman rambat yang bisa anda budidayakan, baik tanaman merambat yang terdapat pada dinding, pagar ataupun tanaman merambat yang dapat menghiasi atap rumah anda. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan untuk mempercantik rumah.

5 Jenis Tanaman Merambat Yang Tahan Panas Beserta Penjelasannya

Tanaman rambat merupakan tanaman yang tumbuh menjalar dikarenakan batang tanaman ini berbeda dengan tanaman-tanaman yang biasanya ditanam di pot dan tumbuh tegak keatas serta membutuhkan media lain untuk mendapatkan posisi yang baik. Tanaman jenis ini dapat anda temukan di dasar hutan sehingga sebagian besar dari tanaman rambat hanya mendapatkan sedikit sinar matahari di habitat aslinya. Disebabkan karena tanaman rambat ini mempunyai batang yang lemah, maka dari itu membutuhkan beberapa organ seperti duri, sulur atau akar yang menggantung agar dapat menumpang pada struktur lain yang lebih kuat dan tinggi.

Selain itu, tanaman ini merambat memanjat pada pohon untuk bisa mendapatkan cahayaa matahari yang cukup agar hidupnya tetap berlangsung. Tanaman ini memiliki sifat alaami untuk mencari sinar matahari, sehingga tanaman ini akan tetap taahan di bawah terik matahari pada iklim apapun. Untuk lebih jelasnya berikut ini 5 Jenis Tanaman Merambat Yang Tahan Panas.

Baca Juga :   Cara Budidaya Tanaman Jati Kualitas Super "Yang Menguntungkan"

1. Tanaman bunga melati (Jasminum laurifolium)

Tanaman pertama yaitu tanaman melati yang merupakan tanaman hias yang dapat hidup bertahun-tahun hingga banyak disenangi oleh masyarakat Indonesia disebabkan memiliki aroma yang wangi dan bunganya indah. Aroma wangi pada bunga melati ini sering dipakai untuk membuat produk parfum, bahan farmasi, serta untuk kosmetik.

Tanaman melati cocok dibudidayakaan pada daerah yang memiliki ketinggian sekitar 10 hingga 1600 meter di atas permukaan laun dengan intensitas cahaya yang cukup. Daun yang dimiliki tanaman ini berbentuk oval dengan tangkai yang pendek. Sedangkan pada ujung daunnya mempunyai bentuk yang runcing serta membulat. Permukaan daun tanaman melati berwarna hijau mengkilap dan letaknya saling berhadapan.

2. Tanaman bunga Clematis (Clematis Sp)

Bunga clematis adalah salah satu jenis tanaman rambat dengan bunga yang sangat terkenal dikalangan orang-orang yang hobi dalm berkebun. Tanaman ini jenis tanaman rambat yang fleksibel serta dapat tumbuh mengikuti struktur dinding, pagar, arches ataupun pergola melalui pohon serta semak-semak. Terdapat beberapa jenis bunga Clematis, yaitu :

• Clematis alpine
• Clematis chrysocoma
• Clematis crispa
• Clematis flamulla
• Clematis Montana
• Clematis recta
• Clematis virona

Tanaman rambat ini bukan merupakan tanaman parasite sehingga jika anda menanamnya dan kemudian merambat pada pohon clematis tidak akan merusak inangnya. Tanaman clematis akan merambat memutar batangnya serta membungkus daunnya disekitar medium rambatan. Memiliki struktur yang fleksibe, sehingga sering digunakann sebagai tanaman hias. Tanaman ini tahan akan panas serta menyukai teriknya matahari, karena dapat mempercepat pertumbuhan.

3. Tanaman Ivy (Hedera helix)

Tanaman ivy merupakan termasuk kedalam 5 Jenis Tanaman Merambat Yang Tahan Panas disebabkan dapat tumbuh optimal bahkan ketika suhu iklim mencapai 35 derajat celcius. Tanaman jenis ini akan mudah tumbuh pada media apapun karena akarnya akan tumbuh mengikuti bentuk dari media rampatnya. Selain itu, tanaman ivy juga akan cepat tumbuh jika terkena sinar matahari secara optimal. Sehingga beberapa orang bahkan akan berpendapat bahwa tanaman ini merupakan tanaman yang agresif dan beberapa orang akan menanam tanaman ini sebagai tanaman obat.

Baca Juga :   Cara Budidaya Padi Gogo Agar Hasil Melimpah

Meskipun tanaman ivy merupakan tanaman yang beracun, ternyata tanaman ini memiliki kandungan anti-inflamasi, antiarthritic, antioksidan, antivirus, antispasmodic, antitumor, dan antimikroba.

4. Tanaman buah anggur (Vitis vinifera)

Ternyata tanaman buah anggur merupakan tanaman jenis merambat yang sering disebut dengan tanaman long day plant dikarenakan tanaman ini lebih cocok dibudidayakan di musim kemarau. Maka dari itu, tanaman anggur dapat dipastikan sebagai tanaman merambat yang tahan akan sinar matahari. Tanaman ini mempunyai jenis akar tunggang yang dapat menembus tanah hingga 30-60 cm.

Tanaman anggur ini memiliki system perakaran yang juga menjalar dipermukaan tanah dengan melebar, system perakarannya berfungsi untuk menyerap air yang ada di dalam tanah yang kering ketika musim kemarau. Tanaman tersebut mempunyai beberapa bagian daun yang diantaranya berupa helaian daun, tangkai daun, dan sepasang daun penumpu.

5. Tanaman bunga bugenvil (bunga kertas – bougenvilia Spectabilis Willd)

Bunga bugenvil atau dapat juga disebut sebagai bunga kertas adalah salah satu jenis tanaman merambat berbunga yang umumnya tumbuh di daerah tropis. Apabila anda ingin menanam bunga ini, bunga ini akan mudah untuk ditanam dengan memakai cara distek dan dengan teknik sambung putus.

Bunga bugenvil dikenal masayarakat Indonesia dengan nama bunga kertas dikarenakaan tanaman ini memiliki daun bunga yang begitu tipis dan mempunyai tekstur seperti kertas. Bunga kertas ini dapat berkembang yang dipengaruhi oleh mekanisme penyiraman yang teratur. Hal ini dikarenakan terdapat masa dalam satu tahun yangmana bunga kertas ini tidak membutuhkan air. Masa tersebut dinamakan masa kemarau, dimasa inilah umumnya tidak perlu dilakukan penyiraman sepanjang beberapa hari. Meskipun begitu bunga ini tetap dapat hidup subur. Pada masa tersebutlah daun bunga kerta akan gugur dan mengeluarkan kuncup bunga.

Baca Juga :   Cara Mencangkok Tanaman Bagi Pemula Yang Baik dan Benar

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 Jenis Tanaman Merambat Yang Tahan Panas dengan berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Maka tidak ada salahnya jika anda tertarik untuk menanam tanaman rambat tersebut untuk mempercantik rumah anda. Semoga uraian tersebut dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Baca juga: