10 Cara Menghilangkan Karang Gigi “Paling Efektif”

Posted on

Cara Menghilangkan Karang Gigi Paling Efektif

Cara menghilangkan karang gigi – salah satu masalah gigi yang kerap disepelekan oleh banyak orang ialah karang gigi. Padahal, karang gigi yang memang dibiarkan terus terusan bisa muncul dengan semakin banyak serta mengiritasi gusi. Untungnya disini penulis akan membagikan beberapa tips Cara menghilangkan karang gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Paling Efektif

Cara Menghilangkan Karang Gigi Menggunakan Scaling

Karang gigi merupakan plak mengeras pada permukaan gigi. Karang gigi kadang dijumpai diatas garis gusi. Saat disentuh memakai lidah, karang gigi dominan kasar. Plak yang masih tipis bisa dihilangkan secara rutin menyikat gigi serta membersihkan gigi menggunakan benang (flossing). Akan tetapi, lain cerita bila plak telah tebal dan mengeras.

Scaling idealnya dijalankan setiap 6 bulan sekali. Menggunakan scaling, maka karang gigi sangat keras dan bisa menghilang. Meski ada orang yang memerlukan bolak balik dengan scaling sebab kerusakan gigi yang dialamninya telah terlanjur parah.

Cara Lain Menghilangkan Karang Gigi Dirumah Sendiri

Scaling ialah cara menghilangkan karang gigi yang sangat cepat dan aman. Walau demikian, ada cara lain agar karang gigi supaya tak semakin barang.

Baca Juga :   12 Cara "Paling Ampuh" Menjinakkan Kakatua Jambul Kuning Terlengkap

1. Sikat gigi dua kali sehari

Menyikat gigi dengan teratur pertama ialah sikat gigi dengan teratur. Kebanyakan orang menyikat gigi dengan cepat, apalagi hanya dalam hitungan detik. Padahal menyikat gigi terlalu cepat tak efektif sebab kotoran dan plak dapat menempel di permukaan gigi.

2. Sikat gigi dengan cara benar

Walau rajin menyikat gigit dalam setiap harinya, namun teknik ini hanya sia-sia. Sikatlah gigi kalian dengan cara gerakan memutar di mulai dari atas kemduian ke bawah. Pastikan menyikat di bagian gigi jadi plak dan sisa makanan menempel akan hilang. Mulai gigi geraham atau sisi sebelah satu sisi mulut. Jangan terlalu keras dan menekan gigi.

3. Bersihkan gigi dengan benang

Gigi putih bersih dan bebas dari noda merupakan dambaan setiap orang. Akan tetapi untuk memperolehnya tak cukup banyak hanya menyikat giginya dalam dua kali sehari. Menyikat gigi dibagian bersihkan permukaan gigi, tak sampai menjangkau di bagian dalam sela-sela gigi.

4. Bersihkan lidah

Campuran air liur serta bakteri bisa membentuk sebuah plak diatas permukaan lidah. Sayang, plak tersebut tak dapat dihilangkan hanya membilasnya dengan air atau mengumurnya menggunakan obat kumur.
Gosoklah lidah kalian dari pangkah lidah terdalam dan menariknya perlahan didepan dalam satu gerakan saja. Jangan menggosok bolak balik dan ulangi cara tersebut dengan beberapa kali hingga lidha menjadi benar-benar bersih serta ksat.

5. Pilih sikat serta pasta gigi tepat

Pilihlah sikat gigi yang berbulu halus serta lembut. Sesuaikan kepala gigi yang lebar mulutnya sama dengan mulut kalian. Sehingga, pastikan jika kepala tak terlalu kebesaran maupun kekecilan.
Penting pula untuk memilih sikat dengan gagangnya nyaman saat digenggam. Dengan cara ini, kalian lebih mudah menyikat gigi menggunakan teknik benar. Untuk pastanya kalian bisa memilih dengan kandungan fluoride. Senyawa tersebut bisa membantu bersihkan plak penyebab dari karang gigi. Tidak hanya itu, maka fluorida pun efektif melindungi serta menjaga permukaan gigi terhadap kerusakan.

Baca Juga :   13 Cara Merawat Bulu Anjing Golden Retriever Agar Tidak Rontok

6. Menggunakan obat kumur

Berkumurlah menggunakan mouthwash alias obat kumur sehingga cara cepat menghilangkan karang gigi ini ampuh. Obat kumur bisa merontokkan kotoran, plak, dans sejumlah kotoran yang menempel pada permukaan gigi.
Berkumurlah menggunakan obat kumur sesudah kalian menyikat gigi. Pakailah obat kumur sesuai dosis yang diberikan berdasarkan petunjuk penggunaan maupun anjuran dokter. Dosisi obat kumur berlebihan bisa mengakibatkan efek samping maupun over dosis.

7. Berhenti merokok

Kandungan bahan kimia dalam rokok bisa memicupembentukan karang gigi dengan semakin banyak. Apalagi karang gigi orang merokok dominan warnanya hitam pekat dibandin yang tak merokok.
Itulah kenapa berhenti merokok dengan tepat bisa membantu menghilangkan karang gigi. Mulai dari perlahan dan jangan lah ragu maupun kerabat kerabat. Dukungan orang orang terkasih bisa membantu membulatkan tekat kalian berhenti merokok.

8. Banyak minum air putih

Air liur fungsinya menjaga kelembaban bagian mulut serta meluruhkan plak sisa makanan dipermukaan gigi. Enzim yang terkadung dalam air bisa membantu melawan bakteri. Bila kalian suka air putih maka kalian bisa menyiasatinya menggunakan cara lain. Pada prinsipnya, kalian minum air setiap kali kalian merasakan haus. Agar tak cepat kembung, dan lebih baik minumlah sedikit namun sering.

9. Bijak dalam memilih makanan

Cermat memilih makanan setiap hari sebagai cara untuk menghilangkan karang gigi. Semakin manis maupun masam makanan, maka semakin banyak juga bakteri berkembang biak dalam mulut. Bakteri, plak serta sisa makanan yang dibiarkan terus menerus menumpuk dalam memicu karang gigi.
Bila dibiarkan terus menumpuk maka plak bisa membuat gusi meradang serta iritasi. Plak pun bisa mengeras terhadap garis gusi serta sela sela gigi lalu mengakibatkan beragam masalah gigi.

Baca Juga :   7 Cara Bercocok Tanam - Jenis dan Manfaat Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Permasalah lain yang bisa timbul akibat dari karang gigi ini ialah bau mulut. Bau mulut bisa muncul sebab plak penyebab karang gigi mencampurkan dengan sisa makanan. Akibatnya, mengalami pembusukan dalam rongga mulut sehingga mengakibatkan aroma napas kalian tak sedap.

Itulah tadi mengenai Cara menghilangkan karang gigi. Cara diatas bisa kalian coba dirumah ya sobat. Kesehatan mulit yang baik bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kalian dengan menyeluruh. Segera konsultasikan dengan dokter bila terjadi sesuatu. Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan terima kasih sudah berkunjung. Sampai jumpa artikel berikutnya.

Baca juga: