9 Tips Memulai Cara Ternak Kambing Bagi Pemula

Posted on

Tips Memulai Ternak Kambing Bagi Pemula

Tips memulai ternak kambing bagi pemula – kambing terkenal menjadi salah satu hewan yang diternakkan dengan masa atau individu para penduduk pedesaan. Melakukan ternak kambing tak semudah menjalankan ternak hewan peliharaan maupun konsumsi lain dengan lebih kecil misalnya ayam. Berikut ini kami bagikan sedikit Tips memulai ternak kambing bagi pemula.

9 Tips Memulai Cara Ternak Kambing Bagi Pemula

Untuk memulai beternak kambing pastinya ada hal yang harus diperhatikan lebih dulu dan yang utama pastinya kesiapan pula dalam beragam macam aspek. Nah, berikut ada sejumlah tips yang bisa membantu kalian dalam memulai beternak kambing yang perlu diperhatikan oleh para peternak yang baru akan mulai menjalankan sebuah proses ternak ini atau kadang dikenal menjadi peternak pemula. Oke sobat langsung saja yuk simak ulasan dibawah ini !!!

Tips Memulai Ternak Kambing Bagi Pemula

Adapun tipsnya tersebut berikut ini :

1. Memulai dengan skala kecil

Tips pertama mulailah dengan skala ternak kecil lebih dulu walaupun telah mempunyai modal yang lumayan banyak. Permulaan skala kecil bisa membantu peternak pemula lebih faham proses ternakda mengurangi risiko kerugian besar. Permulaan dengan skala kecil pun berlaku dalam proses maupun cara mudah ternak kambing gibas.

Baca Juga :   10 Jenis Vitamin Terbaik Agar Kucing Cepat Gemuk

2. Belajar dari orang yang berpengalaman

Ukuran kambing pun lumayan besar serta tingkahnya yang pasti memerlukan perhatian tinggi sehingga para peternak pemula perlu mempnyai ilmu atau pengalaman dalam menjalankan proses ternak pada kambing.
Sebelum dimulai, setiap peternak perlu berupaya mempeoleh pengalaman serta ilmu lebih dulu oleh para peternak yang telah berhasil. Ilmu serta pengalaman ini bisa di dapatkan lewat baca buku maupun langsung menemui salah diantara peternak yang telah berpengalaman serta berhasil.

3. Lokasi ternak

Untuk pemilihan lokasi ternak pastnya membutuhkan perhatian lebih dan sejumlah tips bagaimana memulai ternak kambing ini. Penetapan lokasi ternak pun sangat tergantung pada modal usaha yang ia miliki. Peternakan perlu ada di daerah yang memang dengan lingkungan terbiasa adanya peternakan kambing serta pastinya hendak dipilih yang mempunyai wilayah sekeliling yang mendukung. Selain lokasi, keperluan sarana kandang pun perlu diperhatikan terhadap bentuk kandang, material penyusun, hingga dengan sarana sanitasinya. Pemilihan lokasi ternak pun perlu dipertimbangkan dalam budidaya kambing biri-biri.

4. Fokus pada satu jenis kambing

Sama halnya dengan sejumlah hewan ternak yang lain, kambing pun mempunyai jenis banyak dan beragam kelebihannya. Menjadi peternak pemula, maka hendaknya lakukan fokus di salah satu jenis kambing yang secara umum diternakkan lebih dulu. Jenis kambing yang nantinya akan diternakkan bisa dipilih menurut mayoritas yang diminati maupun yang telah diternak pada daerah sekeliling peternakan yang dipunya.

5. Perhatikan keadaan daerah masing-masing

Peternakan kambing harus mempelajari daerah masing-masing sekeliling lokasi ternak yang telah ditentukan. Kondisi tersebut dipakai guna mengetahui ada atau tidaknya sumber pakan maupun makanan yang dapat didapatkan dari sekeliling lokasi ternak itu. Kebutuhan pakan kambing ini berbeda dari kebutuhan pakan sapi atau unggas yang banyak mengandalkan pakan pabrik.

Baca Juga :   Cara Menetaskan Telur Bebek Yang Baik dan Benar Beserta Tahapannya

6. Perhatikan pangsa pasar

Menjalankan ternak kambing pastinya ini bertujuan untuk bisa menjualkan dan mendapatkan keuntungan. Maka oleh itu, sebelum tips kambing ternak ini dimulai yang utama berhubungan dengan analisis pangsa pasar yang akan diperoleh nantinya.
Para peternak pemula perlu tau sebelum proses ternak ini dijalankan berhubungan dengan kemana hasil ternak kambing ini akan dijual. Untuk itu, para peternak harus mempelajari rantai dari penjualan kambing mulai dari peternak hingga menuju kekonsumen.

7. Jenis hasil panen

Dalam proses ternak kambing yang memang dijalankan ini, selain hasil panen berwujud kambing dewasa bisa dijual ada sejumlah jenis hasil panen yang lain yang dapat terjual kembali. Ada sejumlah jenis hasil panen yang lain yang dapat diolah para peternak pemula guna mendapatkan keuntungan yang lebih dan perputaran uang. Salah satu jenis hasil panen yang dapat dijual dalam proses ternak kambing ialah kotoran terhadap kambig ini yang banyak dipakai menjadi pupuk tanaman.

Kriteria Calon Induk Kambing Yang Ideal

1. Kambing betina

  • Bentuk tubuhnya yang seimbang mempunyai dada yang lebar dan dalam, bentuk garis punggung serta pinggangnya lurus, tulangan maupun tubuhnya besar serta tak gemuk atau sehat tidak obesitas
  • Berkarakter jinak serta tak galak
  • Mempunyai tempat kakinya yang lurus serta tumitnya tinggi
  • Mempunyai jumlah gigi lengkap, memiliki kriteria merumput secara baik serta rahang atas maupun bawah dengan rata
  • Terlahir dari 2 pranakan atau bahkan anak tunggal
  • Bentuk ambingnya simetris serta tidak menggantung maupun mempunyai puting dua buah (bercabang)

2. Kambing jantan

  • Mempunyai ukur tubuh yang besar serta panjang atau tulangnya besar, paling bagus bila mempunyai bagian belakang dengan lebih tinggi serta lebih besar, mempunyai bentuk dada yang lebih besar dan kambing tidak terlalu gemuk, perawakannya gagah, aktif dan pastinya mempunyai nafsu kawin yang tinggi.
  • Bentuk semua kakinya yang lurus dan kuat
  • Di lahirkan dari dua bersaudara maupun tunggal
  • Mempunyai usia diantara 1,5 tahun hingga 3 tahun
Baca Juga :   Cara Ternak Kenari Untuk Pemula, Perawatan Hingga Panen

Sejumlah penjelasan mengenai Tips memulai ternak kambing bagi pemula bisa dipelajari serta diperhatikan secara baik oleh para peternak pemula yang telah merintis untuk bisa melakukan ternak pada salah satu hewan konsumsi itu. Untuk jadi peternak yang handal pastinya yang diperlukan ialah banyak pengalaman dan niat, selain itu ketekunan dan juga kesabaran yang kuat. Semoga bermanfaat.

Baca juga: