6 Cara Menanam Bunga Dahlia dan Perawatannya

Posted on

6 Cara Menanam Bunga Dahlia dan Perawatannya

Cara menanam bunga dahlia – untuk anda yang suka dengan bunga, tentu tak akan melewatkan bunga indah ini. Bunga dahlia termasuk bunga yang memiliki peminat yang banyak pula. Selain itu, keindahan dan juga warnanya yang beragam membuat bunga dahlia ini disukai oleh siapa saja. Bunga dahlia pun mudah sekali menyesuaian diri terhadap lingkungan sekitar. Nah, lalu bagaimana cara mennam bunga dahlia?simak ulasannya dibawah ini.

1. Kenali Dasar Penanaman

Sebelum menanamnya, anda juga harus tahu secara detail tentang bunga dahlia ini. Bunga dahlia juga termasuk bunga yang membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup. Diambah sistem pengairan yang lancar pula.
Anda juga tak akan kesulitan menemukan bibit bunga dahlia karena dimana saja bisa menemukan bunga dahlia ini untuk ditanam. Ada banyak jenis bubit bunga dahlia dari mulai hasil silang ataupun bibit bunga dahlia biasa.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Kemudian anda juga harus menyiapkan media tanam bunga dahlia ini. Persiapkan lahan yang akan ditanam dengan baik. Anda harus membersihkannya lebih dulu. Untuk mensiasati lahan sempit, anda juga bisa menanamnya didalam pot.
Anda bebas meletakkan tanaman bunga dahlia ini yang penting harus memperoleh cahaya matahari yang cukup. Media tanam yang perlu disiapkan ialah tanah humus, pot, polybag, dan pupuk kandang.

3. Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia

Untuk sementara, anda bisa menanam bunga dahlia ini di polibag dan meletakannya di ruangan yang memperoleh cahaya matahari yang cukup. Setelah bibitnya tumbuh dengan subur, anda baru bisa memindahkannya di media yang lebih baik yakni di pot bunga.
Cara menanamnya dengan mengisi polybag berupa campuran tanah humus, lalu pupuk kompos serta pasir halus. Sesuaikan komposisinya terhadap besar kecilnya bibit dahlia yang ditanam. Hindari terlalu padat atau terlalu longgar supaya sirkulasi air dapat mengalir lancar. Persiapkan dulu media tanamnya selama 7 hari sebelum menanam bibit bunga dahlia.

Baca Juga :   Inilah Cara Merawat Bunga Agar Subur & Merekah Setiap Hari

4. Persiapan Bibit Dahlia

Anda dapat membuat bibit bunga ini dari bunga dahlia yang sudah ditanam. Bahkan bisa membelinya langsung dari pedagang bunga. Penanamannya bisa dimulai dari biji, batang maupun umbi bunga dahlia. Dan kemudian akan berkembang jadi bibit baru.
Tapi bila anda tak ingin menanam atau membuat bibit secara manual, silahkan langsung beli bibit bunga dahlia langsung. Anda dapat memilih bunga dahlia mana yang hendak ditanam sebelum beli bibitnya.
Jika anda sudah menemukan jenis bibit dahlia yang tepat, maka langkah berikutnya adalah menyemai bibit dahlia didalam polybag berisi tanah humus.

5. Proses Penanaman Bunga Dahlia

Setelah bibit dahlia tumbuh besar, maka kita bisa memindahkannya di wadah besar. Nah, persiapkan wadah yang lebih besar dan pupuk kimia agar bunga dahlia bisa tumbuh subur. Dibawah ini beberapa cara memeliharanya:

  • Pisahkan bunga dahlia secara hati-hati dari polybag. Caranya dengan melonggarkan media tanam supaya tak ada akar dahlia yang rusak atau putus.
  • Kemudian pangkas daun dahlia supaya tak terfokus seluruh nutrisi di perkembangan daun sehingga kemudian hari banyak bunga dahlia bermekaran. Itu dapat membuat fokus nutrisi cuma dibagian bunga saja.
  • Kemudian gunakan stimulasi pertumbuhan secara cepat. Caranya dengan melakukan pemupukan baik itu pakai pupuk kimia atau pupuk kompos.
  • Jangan lupa untuk menaruh tumbuhan dibawah sinar matahari. Sehingga memperoleh paparan sinar matahari yang cukup dan bisa tumbuh maksimal.

6. Perawatan Bunga Dahlia

Untuk memperoleh bunga dahlia yang tumbuh sehat dan bunganya bermekaran, tentunya perlu melakukan berbagai perawatan dan pemilihan bibit. Nah, untuk perawatannya, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Bila bunga dahlia sudah tumbuh secara baik, maka kurangi intensitas pemupukannya sehingga tidak terlalu sering.
  • Lakukan pemangkasan dengan cara menganti intensitas pemupukannya.
  • Lalu potong bagian daun serta ranting yang tumbuhnya berlebihan. Maupun pada ranting yang busuk pakai pisau tajam atau gunting tanaman.
  • Jagalah bunga dahlia terhadap serangan hama maupun penyakit yang disebabkan oleh ulat.
  • Hindari keseringan menyiram bunga dahlia sebab dapat mengakibatkan pembusukan pada ranting atau bagian tumbuhan dahlia lainnya.
  • Tetapi, bila cuacanya berubah jadi sangat kering atau panas, anda perlu menambah intensitas penyiraman bunga dahlia. Lihat juga kelembaban tanah ataupun media tanam bunga dahlia. Jangan biarkan ada air menggenang atau tanah yang terlalu lembab terlalu lama. Dan sebaliknya, jangan biarkan juga media tanam anda kekeringan. Sehingga control terus media tanamnya supaya tetap stabil.
  • Jangan biarkan tanaman tumbuh terlalu tinggi, sehingga anda bisa memangkasnya secara rutin.
  • Selalu pastikan untuk menaruh bunga dahlia pada daerah yang memperoleh paparan sinar matahari langsung.
  • Buang berbagai gulma atau tanaman pengganggu supaya bunga dahlia bisa tumbuh maksimal
  • Jangan biarkan juga hama menyerang bunga dahlia anda.
  • Kemudian pisahkan tunas baru supaya pertumbuhannya tak terlalu padat bila media tanamnya berupa pot.
  • Beri penyemprotan anti hama bila tanaman dahlia anda terserang hama yang tidak dapat dikendalikan.
Baca Juga :   6 Cara "Paling Mudah" Menanam Bunga Jengger Ayam di Pekarangan

Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara menanam bunga dahlia maupun langkah langkah perawatannya. Agar bunga dahlia yang anda tanam bisa maksimal, anda perlu ikuti langkah langkah di atas. Sementara itu, anda juga harus memilih bibit bunga dahlia yang bagus agar hasilnya nanti tidak mengecewakan dan cepat tumbuhnya. Selamat mencoba.

Baca juga:

6 Cara Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok Untuk Panen Melimpah

Tips Merawat Burung Jalak Putih