Tips Memelihara Burung Jalak Kapas Bagi Pemula

Posted on

Tips Memelihara Burung Jalak Kapas Bagi Pemula

Tips memelihara burung jalak kapas bagi pemula – di negara indonesia ada banyak jenis burung yang dapat kalian kenal, baik yang nilainya mahal hingga dengan paling murah sekalipun. Bahkan sekarang ini dunia kicau menjadi semakin meluas para pecinta burung sebagai hewan ini yang terlindung sebab kemungkinan telah diburu untuk di bunuh kecil sekali, dan dicari pula untuk dipelihara. Salah satu alasan kenapa banyak orang suka dengan burung ialah kemampuannya ketika berkicau. Bagaimana dengan kalian sendiri?

Bila kalian tergolong dalam daftar pecinta burung, maka salah satu jenis yang nantinya penulis sampaikan kali ini ialah burung jalak kapas. Tak kalah populer pula bila dibandingkan dengan sederet burung yang mahal lainnya, jalak kapas semakin gencar di cari karena memiliki bulu yang indah. Inilah beberapa Tips memelihara burung jalak kapas bagi pemula yang bisa kalian jadikan sebagai sumber informasi tambahan. Disini kalian akan mendapatkan panduan lengkap yang bisa kalian pakai untuk merawat secara tepat dan sesuai.

Pada umumnya, merawat burung tak sekedar memberikan mereka makan dan minum saja, namun harus rajin pula memandikannya, memberikan ia vitamin dan suplai penunjang gizi untuk pertumbuhannya. Selain tersebut, menjaga kebersihan termasuk bagian dari perawatan burung juga.

Baca Juga :   10 Tumbuhan Langka dan Keterangannya Paling Lengkap

Tips memelihara burung jalak kapas bagi pemula

1. Memandikan dengan teratur

Bila kalian adalah pemelihara dari burung jalak kapas yang masih pemula, maka jangan lupa untuk rajin dalam memandikannya. Setidaknya dalam 1 hari perlu dimandikan sebanyak dua kali, namun caranya tak diguyur sebagaimana orang mandi secara umumnya yakni hanya dengan menyemprotkan menggunakan air yang terdapat di dalam sangkar tanpa kalian perlu memindahkan maupau khawatir burung akan terbang tinggi serta tak akan kembali lagi. Waktu yang baik ini untuk memandikan burung ialah pagi jam 07.00 dan sorenya di pukul 16.00.

2. Gantang setiap pagi

Lakukan penggantangan untuk burung jalak kapas kalian yaitu di setiap pagi sesudah dimandikan. Gantang ialah menggantungkan sangkar pada sela sela kayu atas, jadi burung dapat merasakan udara sejuk serta segar. Selain itu, tujuan penggantangan burung ini supaya tak mudah membuat stress.

3. Lakukan penjemuran

Tak hanya dengan memandikan burung saja, akan tetapi di dalam artikel ini burung jalak kapas perlu diperhatikan dalam hal pemberian vitamin D terhadap paparan sinar matahari. Maksudnya disini ialah kalian perlu melakukan penjemuran untuk burung jalak kapas yaitu di pagi hari pukul 08.00 selesai dimandikan.
Namun, jangan lama lama kalian membiarkan burung ini terkapar dibawah terik matahari. Penjemuran dengan tetap sediakan pakan serta minum yang ada di sangkar demi untuk menjaga kesehatan daya tahan tubuh burung.

4. Pemberian pakan secara tepat

Berikanlah makanan tepat bagi burung jalak kapas kalian. Khususnya bila kalian ingin burung jalak kapas yang bisa cepat gacor, maka berkanlah makanan paling baik untuknya. Makanan umum burung ini tak berbeda jauh dengan burung yang lainnya yaitu diberikan voer. Namun tentu saja kalian harus memberikan penunjang lain misalnya sayuran maupun buah-buahan. Selain itu pakailah tambahan gizi, maka kalian dapat memberikan pakan berbentuk hewan kecil misalnya serangga.

Baca Juga :   Cara Beternak Burung Parkit agar Cepat Bertelur

5. Menjaga kebersihan lingkungan

Suasana lingkungan yang ada diluar sangkar burung pun perlu bersih, upayakan kalian meletakkan burung di tempat yang nyaman dan juga sejuk. Pastikan burung tak merasa kepanasan sebab di letakkan tanpa adanya atap. Kebersihan jadi nilai penting bagi kesehatan sang burung untuk kedepannya.

6. Menjaga kebersihan dari sangkar

Selain membersihakn sekeliling lingkungan, kalian pun harus rajin dalam membersihkan kandang burung atau sangkarnya. Setidaknya kalian perlu rajin dalam mengganti tempat makan serta tempat minum setiap hari serta membuang kotoran burung setiap harinya. Hal ini tujuannya supaya sang burung dapat terhindar dari serangan penyakit yang datang sebab bakteri akibat kotoran yang sudah menetap.

7. Jauhkan dari kebisingan

Tips memelihara burung ini untuk awalan yakni dengan cara menghindarkan diri burung jalak kalian terhadap kebisingan. Kenapa demikian? Sebab untuk pertama kalinya memelihara burung ini, maka secara otomatis burung harus menjalani adaptasi yang tak dapat langsung akan tetapi secara berkala. Cara baik ini supaya burung tak stress yakni dengan menjauhkan mereka terhadap suara keras motor atau tempatkan ia di pekarangan rumah.

8. Pemberian air gula

Burung suka sekali dengan air gula, sehingga kalian dapat memberikannya minimal 3 kali dalam 1 minggu. Air gula dapat memberikan efek yang nyaman di pencernaan burung serta meningkatkan nafsu makan jadi bisa lebih cepat berkembangnya serta tumbuh besar.

Pakan dan minum burung jalak kapas

Makanan yang diberikan untuk jalak kapas berbentuk voer atau bisa pula bertekstur lembut mirip pisang kepok. Dalam sangkar akan diberikan air minum serta untuk menjaga kebersihannya, air minum minimal akan diganti dengan rutin yakni satu kali dalam sehari.

Baca Juga :   6 Cara Menanam Hidroponik dengan Media Air "Paling Mudah"

Nah, dari poin diatas tadi maka tak lupa pula supaya burung bisa cepat berlatih dengan gacor yakni dengan rutin maupun membiasakan diri si burung untuk mendengarkan mp3 suara burung. Dengan begitulah maka jalak kapas kalian akan merasa terdorong untuk ikut mensiul juga. Sehingga akan makin gacor dan aktif bila diikutkan dalam sebuah perlombaan. Nah itu tadi mengenai Tips memelihara burung jalak kapas bagi pemula yang dapat kalian terapkan dirumah ya sobat. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

6 Cara Menanam Bunga Dahlia dan Perawatannya

6 Cara Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok Untuk Panen Melimpah