8 Manfaat Memandikan Perkutut Malam Hari

Posted on

8 Manfaat Memandikan Perkutut Malam Hari

8 manfaat memandikan perkutut malam hari – memelihara burung memang membuat hal yang lumayan menarik sebab seseorang akan menjadi lebih banyak waktu ketika senggang. Kebanyakan yang memelihara burung ini adalah mereka para pecinta burung, entah dari suka sebab kicauannya maupun keindahan dari bulunya.
Secara umum buurng di pelihara dengan sangat banyak jenisnya, mulai dari cucak rowo, cucak ijo, beo, kenari, pentet, dan masih banyak lagi lainnya termasuk pula perkutut. Nah, bagi sebagian mereka sudah pasti tak asing dengan burung yang satu ini.

Burung tersebut sebagai salah satu jenis burung kicau yang digemari sebagaian banyak orang. Tak terkecuali untuk para pecinta sendiri tentunya, mungkin kalian juga sebagai salah satu orang yang suka dengan burung kicau. Perkutut banyak ditemui di pasaran dengan dijual sebesar harga yang lumayan terjangkau. Oleh karena itu banyak banget yang lebih memilih burung tersebut guna di budidayakan dan selanjutnya di jual maupun menjadi peliharaan saja.

Dalam memelihara burung, kalian harus tau langkah – langkah dari perawatannya secara tepat. Salah satunya adalah memandikan pada malam hari, kemudian apa sih manfaatnya? Oke, jadi kali ini penulis akan menyampaikan 8 manfaat memandikan perkutut malam hari.

Memandikan burung secara umumnya di pagi hari dan sore hari oleh kebanyakan orang pecinta burung. Namun, sebagian besarnya lagi orang yang memlihara burung ini juga ada yang memandikannya di malam hari. Manfaat memandikan perkutut ketika malam hari ini terdapat banyak sekali dan pastinya hal ini akan mengarah dalam kualitas perkutut nantinya.

Baca Juga :   15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Banyak di Cari

Namun, kasus yang kerap terjadi ini sang pemilik burung akan memandikan perkutut peliharaannya di malam hari, kadang disebabkan sang burung ini terjadi over birahi. Adapun over birahinya sendiri ini adalah keadaan yang mana birahinya terlalu berlebihan sehingga tak akan terkendali lagi. Baik kurang birahi atau over birahi, maka kedua permasalah ini sama sama tak baik untuk burung jadi perlu di stabilkan.

Sementara untuk gejalanya burung perkutut yang sudah over birahi ini bisa dikenal berdasarkan perilakunya yang lumayan agresif maupun berkicau dengan berlebihan. Over birahi ini kadang mengalami lantaran sudah mengonsumsi pakan menggunakan kadar nutrisi misalnya protein yang over tinggi, usia yang belum mapan, kondisi tubuh burung kurang fit ataupun pemberian pakan dengan berlebihan. Namun, selain tersebut ada sejumlah manfaat saat kalian memandian perkutut pada malam hari lainnya. Seperti yang bisa kalian simak pada pembahasan berikut ini :

1. Mengatasi over birahi

Salah satu manfaatnya ketika mandi malam bagi perkutut ialah guna mengatasi over birahinya, yang mana sang burung ini dalam keadaan yang ingin di pijahkan. Misalnya seperti yang telah kita tau bahwa gejalanya bisa terlihat berdasarkan tingkah lakunya burung perkutut sendiri yang kerap berkicau. Selain tersebut, ia akan kerap mengepakkan sayapnya.

2. Mengatasi kekurangan birahi

Selain una mengatasi over birahi, maka mandi malam ini juga bermanfaat untuk perkutut dalam mengatasi sang burung kekurangan birahi. Maksudnya ini adalah burung yang kurang birahi maka akan kesulitan guna di pijahkan. Pastinya hal ini akan sebagai masalah besar, khususnya untuk mereka yang beternak kemdian akan dijualkan kembali.

3. Menjinakkan burung perkutut

Bagi brung perkutut yang masih giras ini, memandikannya pada malam hari tujuannya ialah untuk menjinakkan. Sebab burung yang awalan yang sedang ada di dalam masa latihan ini kadang masih giras jadi perlu dijinakkan lebih dulu. Salah satunya cara ini misalnya ada dengan memandikannya di malam hari. Jadi tidak hanya burung awalan saja, namun burung yang telah mapan juga biasanya dapat menjadi giras jadi bisa dimandikan pula di malam haari guna dapat membuat lebih jinak.

Baca Juga :   12 Ciri Hewan Aves Terlengkap Beserta Contohnya Lengkap

4. Membuat burung lebih gacor

Satu manfaat lainnya yang juga tidak kalah penting ialah guna membuat perkutut ini akan lebih gacor jika kalian memandikannya pada malam hari. Cara tersebut banyak di praktekkan oleh sebagian orang untuk membuat burung perkutut ini menjadi lebih aktif gacor.

5. Melatih jantung

Memandikan perkutut pada malam hari sama artinya dengan membuat burung akan lebih sehat. Pasalnya mandi pada malam ini misalnya akan melatih jantung. Jadi lebih sehat dan kebal, pastinya tak mudah kaget kan. Pada waktu malam, pastinya suhu akan lebih dingin daripada di siang hari ketika sang surya telah bersinar. Jadi dingin ini yang berawal membuat burung akan terkejut, namun aman sebab air dapat digunakan untuk terapi jantung.

6. Menghilangkan dari stress

Stress tak berkesudahan untuk perkutut sebagai pertanyaan sebagian pemelihara. Pasalnya burung yang telah berlarut larut stress dapat saja akan menjadikan mati mendadak. Utnuk itu tak ada salahnya bila kalian memandikan pada malam hari sebab manfaatnya dapat menghilangkan maupun menghindarkan burung terhadap stress.

7. Menambah kekebalan

Memandikan burung ini pada malam hari dapat membantu menambah kekebalan tubuhnya. Jadi burung tak akan mengalami stres berlebihan maupun sakit berujung mati.

8. Membuat buurng lebih fresh

Sudah pasti memandikan burung membuat burung menjadi lebih fresh. Burung juga akan nampak segar dan juga ceria, berbeda sekali bila dibandingkan burung perkutut yang tak dimandikan di waktu malam hari.

Demikianlah 8 manfaat memandikan perkutut malam hari. Memandikan burung perkutut memang banyak sekali manfaatnya, salah satunya membuat burung ini menjadi lebih fresh dan tidak tegang. Maka jangan ragu lagi untuk mencoba memandikannya di malam hari ya sobat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :   Cara Hidup Burung Manyar dan Ciri Khasnya Terlengkap

Baca juga:

Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Tanah Kapur

4 Cara Menanam Daun Dolar Rambat Paling Mudah